PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN STRATEGI PENGUATAN LITERASI INFORMASI PARA SISWA

Yunus Winoto, Heni Hendrayani, Falih Ijlal Septian

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai pentingnya literasi informasi kaitannya dengan perpustakaan serta strategi yang dilakukan perpustakaan sekolah dalam penguatan literasi. Metode yang dipergunakan dalam penelitian menggutakan studi pustaka atau studi literatur yakni  merupakan studi yang mempelajari berbagai buku referensi serta hasil penelitian sebelumnya yang sejenis dan berguna untuk mendapatkan landasan teori mengenai masalah yang akan diteliti. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa literasi informasi merupakan bagian yang penting dan merupakan prasyarat mutlak yang harus dimiliki masyarakat milenial agar mampu bersaing dengan masyarakat dunia lainnya. Perpustakaan termasuk perpustakaan sekolah merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kegiatan literasi informasi. Ada berbagai upaya yang bisa dilakukan perpustakaan sekolah dalam penguatan literasi informasi para siswa diantaranya melalui pembentukan kelompok kegiatan membaca, pengayaan kurikulum, melakjukan kolaborasi dengan perpustakaan lainnya, serta melibatkan siswa dalam pengelolaan perpustakaan. Melalui strategi ini dapat menjadi upaya penguatan literasi informasi bagi para siswa sekolah dasar.Kata Kunci:  literasi informasi, perpustakaan sekolah, strategi penguatan literasi, siswa. ABSTRACTThis research aims to understand the importance of information literacy in relation to libraries and the strategies implemented by school libraries in strengthening literacy. The method used in this study is a literature review, which involves examining various reference books and previous research studies that are relevant and useful for establishing a theoretical foundation for the issue under investigation. The findings indicate that information literacy is a crucial component and an absolute prerequisite that the millennial generation must possess to compete with other global communities. Libraries, including school libraries, are an integral part of information literacy activities. There are various efforts that school libraries can undertake to strengthen the information literacy of students, including forming reading groups, enriching the curriculum, collaborating with other libraries, and involving students in library management. Through these strategies, efforts can be made to enhance the information literacy of elementary school students.Keywords : information literacy, school libraries, literacy strengthening strategies, students.

Keywords


information literacy, school libraries, literacy strengthening strategies, students.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Prada, F. A. P. (2020). Pengaruh Budaya Literasi serkolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 81–85.

Alpian, A., & Ruwaida, H. (2022). Pengoptimalan Peran Perpustakaan Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1610–1617. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2363

Batubara, A. K. (2015). Literasi Informasi Di Perpustakaan. JURNAL IQRO, 09(01), 43–56.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Fatmawati, E. (2021). DUKUNGAN PERPUSTAKAAN DALAM IMPLEMENTASI “KAMPUS MERDEKA DAN MERDEKA BELAJAR.” Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(2), 1076. https://doi.org/10.20961/jpi.v6i2.46682

Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi

Penelitian Pendidikan. Kuningan:

Hidayatul Quran Kuningan

Lestari, I. A., & Harisuna, N. R. (2019). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran Siswa Terhadap Minat Baca Siswa. In N. R. Harisuna (Ed.), Diskusi Panel nasional Pendidikan Matematika (pp. 195–200). Universitas Indraprasta.

Mansyur, H. M. (2015). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Pustakaloka, 7(1), 43–51. http://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf

Mestika, Zed. 2014. Metode Penelitian Pustaka. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Yatun, S. (2015). MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA MELALUI PERPUSTAKAAN. JURNAL FIHRIS, X(2), 171–177.

Purwaningtyas, F. (2018). Literasi Informasi dan Literasi Media. In Jurnal Iqra’ (Vol. 12, Issue 02).

Purwanti, K. Y., Putra, L. V., Hawa, A. M., Kartika, (, & Purwanti, Y. (2018). LOGO Jurnal Literasi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Pencarian Informasi Ilmiah Siswa SMA A R T I C L E I N F O. International Journal of Community Service Learning, 2(4), 237–241. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL

Rimba Kurniawan, A., Hayati, S., Riskayanti, J., Sefti Wasena, I., & Triadi, Y. (2019). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48–57. http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd48.

Riyanto, Wahyu Hidayat, Mohyi, Achmad. 2020. Metodologi Penelitian Ekonomi. Malang: UMM Presss

Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA.

(1), 41–53.

Sarjono, D. (2019). PENGUATAN LITERASI BAGI TRANSFORMASI BANGSA YANG INKLUSIF DALAM KEHIDUPAN ABAD XXI. In D. Sarjono (Ed.), Seminar Nasional Perpustakaan Universitas Negeri Malang (pp. 1–40). UMN.

Siti Munawarah. (2020). Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Journal of Basic Education Research, 1(2), 58–61. https://doi.org/10.37251/jber.v1i2.84

Sukaesih, D., & Yunus Winoto, Ms. H. (2020). BELAJAR SEPANJANG HAYAT (Yunus Winoto, Ed.; 1st ed.). Intishar Publishing.

Sukaesih, & Winoto, Y. (n.d.). DASAR-DASAR PELAYANAN PERPUSTAKAAN (Y. Winoto, Ed.; Edisi-1). Intishar Publishing.

Utami, P., & Nst, B. (2012). PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SDIT IQRA’ KOTA SOLOK. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 270–278.

Winoto, Y. (2020). PENGUATAN LITERASI DALAM KEHIDUPAN ABAD 21 (D. Sinaga, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Kun Fayakun.

Winoto, Y., Damayani, N. A., Husodo, T., Lies, U., Khadijah, S., Shuhidan, S. M., & Septian, I. (2023). Migration Letters Environmental Literacy and Local Wisdom of Sindangkerta Beach Communities West Java Indonesia. Migration Letters, 20(8), 111–126. www.migrationletters.com




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v8i1.13143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.