AMANAT DALAM KUMPULAN CERITA RAKYAT NUSANTARA KARYA TIRA IKRANEGARA DAN IMPLIKASI PADA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah. (2018). Berbagai Metodologi Dalam Penelitian Pendidikan Dan Manajemen. Samata-Gowa: CV. Gunadarma Ilmu.
Amanat, T. (2019). Cerita Rakyat Paser Dan Berbau Dalam Tinjauan. Kandai, 15(2), 146-147.
Amral, S. (2020). Aksara. Amanat Pada Kumpulan Cerita Rakyat Kerinci Sakunung-Sakunung Ninau Di Desa Pulau Tengah Kabupaten Kerinci, 4(2), 214-215.
Ardhyantama, V. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Cerita Rakyat Pada Siswa Sekolah Dasar. Dpe, 1(2), 97-98.
Bachtiar. (2010). Meyakinkan Validasi Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10(1), 54-55.
Erfinawati. (2019). Tema Dan Amanat Cerita Rakyat Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya. Serambi Konstruktivis, 1(3), 12-14.
Fatmah, N. (2018). Pembentukan Karakter Dalam Pendidikan. Institut Agama Islam Tribakti, 29(2), 372-373.
Haryoko, S. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Makassar: Unb.
Idham, A. H. (2021). Amanat Dan Peneladanan Cerita Si Kancil Dalam Buku Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Karya Yudhistara Ikranegara Sebagai Muatan Pembelajaran Teks Fabel Untuk Peserta Didik Smp Kelas VII. Praniti, 1(2), 54-56.
Ikranegara, T. (2016). Cerita Rakyat Nusantara Nyi Roro Kidul. Jakarta: Sandro Jaya.
Indiarti, W. (2017). Nilai-Nilai Pembentukan Karakter Dalam Cerita Rakyat Asal Usul Watu Dodol. View Metadata, 6(1), 27-28.
Karim, A. A. (2023). Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Cerita Rakyat Karawang Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Di Smp Al Muhajirin Tegalwiru. Jurnal Wahana Pendidikan , 10(1), 49-50.
Lizawati. (2018). Cerita Rakyat Sebagai Sarana Pendidikan Karakter. Sebasa, 1(1), 20.
Maria, R. (2018). Analisis High Order Thinking Skills (Hots) Taksonomi Bloom Dalam Buku Teks Sejarah Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia.
Marsono. (2019). Akulturasi Islam Dalam Budaya Jawa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nursuciati, L. (2020). Cerita Rakyat Sebagai Penunjang Pembelajaran. Universitas PGRI Madiun, 2(1). 352-353.
Nurulanningsih. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Pada Buku Tematik 8 (Daerah Tempat Tinggalku Untuk Sd/Mi Kelas IV Karya Ari Subakti. Jurnal Logat, 5(1), 13-15.
Parmini, N. P. (2015). Eksitensi Cerita Rakyat Dalam Pendidikan Karakter Siswa Sd Di Ubud. Kajian Bali, 5(2), 448.
Prayogo, W. B. (2012). Kajian Tema Dan Amanat Legenda-Legenda Dari Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Ridwan, R. W. (2020). Nilai-Nilai Budaya Dalam Antologi Cerita Rakyat 33 Provinsi Karya Yustitia Angelia. Sastra Nesia, 20(10), 4-5.
Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah Yang Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Ivej, 2(1), 37-38.
Tyas, D. K. (2020). Pendidikan Bahasan Dan Sastra Indonesia. Kansasi, 5(1), 24-25.
Waryanti, E. (2015). Pembelajaran Sastra Berbagai Karakter. Jurnal Buana Bastra, 2(2), 161.
Wulandari. (2015). Sastra Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Edukasi Eltura, 2(2), 63-64.
Yusuf, W. (2020). Nilai Moral Cerita Rakyat Wandiyudhiyu Di Kecamatan Wang-Wangi Kabupaten Wakatobi Kajian Sosiologi Sastra. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v8i1.13697
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________
View My Stats
Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.