AMANAT DALAM KUMPULAN CERITA RAKYAT NUSANTARA KARYA TIRA IKRANEGARA DAN IMPLIKASI PADA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

Nurulanningsih Nurulanningsih

Abstract


Sebuah karya sastra biasanya akan menyisipkan sebuah pesan atau amanat yang ingin disampaikan kepada pembacanya.  Amanat tersebut secara umum dibagi menjadi dua yaitu amanat tersirat dan tersurat dari karya yang dihasilkannya tersebut.  Cerita rakyat dapat memberikan pemahaman tentang nilai-nilai dalam membentuk karakter siswa untuk itu dalam penelitian ini mendeskripsikan  amanat dalam buku Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Karya Tira Ikranegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis konten. Berdasarkan analisis data, ditemukan dua jenis amanat yakni amanat tersirat dan amanat tersurat.  Buku Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Karya Tira Ikranegara memiliki 7 judul cerita rakyat, dari 7 judul tersebut ditemukan amanat tersirat dengan 16 kutipan dan amanat tersurat dengan 3 kutipan. Amanat yang ingin disampaikan dalam buku Kumpulan Carita Rakyat Nusantara Karya Tira Ikranegara diharapkan dapat berimplikasi pada pembentukan karakter siswa khususnya siswa kelas rendah, selain itu dengan menggunakan media buku cerita rakyat guru juga berpartisipasi menumbuhkan kecintaan terhadap kebudayaan di Indonesia .Kata Kunci: Amanat, pembentukan karakter, cerita rakyat.

Keywords


Amanat, pembentukan karakter, cerita rakyat.

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2018). Berbagai Metodologi Dalam Penelitian Pendidikan Dan Manajemen. Samata-Gowa: CV. Gunadarma Ilmu.

Amanat, T. (2019). Cerita Rakyat Paser Dan Berbau Dalam Tinjauan. Kandai, 15(2), 146-147.

Amral, S. (2020). Aksara. Amanat Pada Kumpulan Cerita Rakyat Kerinci Sakunung-Sakunung Ninau Di Desa Pulau Tengah Kabupaten Kerinci, 4(2), 214-215.

Ardhyantama, V. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Cerita Rakyat Pada Siswa Sekolah Dasar. Dpe, 1(2), 97-98.

Bachtiar. (2010). Meyakinkan Validasi Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10(1), 54-55.

Erfinawati. (2019). Tema Dan Amanat Cerita Rakyat Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya. Serambi Konstruktivis, 1(3), 12-14.

Fatmah, N. (2018). Pembentukan Karakter Dalam Pendidikan. Institut Agama Islam Tribakti, 29(2), 372-373.

Haryoko, S. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Makassar: Unb.

Idham, A. H. (2021). Amanat Dan Peneladanan Cerita Si Kancil Dalam Buku Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Karya Yudhistara Ikranegara Sebagai Muatan Pembelajaran Teks Fabel Untuk Peserta Didik Smp Kelas VII. Praniti, 1(2), 54-56.

Ikranegara, T. (2016). Cerita Rakyat Nusantara Nyi Roro Kidul. Jakarta: Sandro Jaya.

Indiarti, W. (2017). Nilai-Nilai Pembentukan Karakter Dalam Cerita Rakyat Asal Usul Watu Dodol. View Metadata, 6(1), 27-28.

Karim, A. A. (2023). Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Cerita Rakyat Karawang Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Di Smp Al Muhajirin Tegalwiru. Jurnal Wahana Pendidikan , 10(1), 49-50.

Lizawati. (2018). Cerita Rakyat Sebagai Sarana Pendidikan Karakter. Sebasa, 1(1), 20.

Maria, R. (2018). Analisis High Order Thinking Skills (Hots) Taksonomi Bloom Dalam Buku Teks Sejarah Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia.

Marsono. (2019). Akulturasi Islam Dalam Budaya Jawa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nursuciati, L. (2020). Cerita Rakyat Sebagai Penunjang Pembelajaran. Universitas PGRI Madiun, 2(1). 352-353.

Nurulanningsih. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Pada Buku Tematik 8 (Daerah Tempat Tinggalku Untuk Sd/Mi Kelas IV Karya Ari Subakti. Jurnal Logat, 5(1), 13-15.

Parmini, N. P. (2015). Eksitensi Cerita Rakyat Dalam Pendidikan Karakter Siswa Sd Di Ubud. Kajian Bali, 5(2), 448.

Prayogo, W. B. (2012). Kajian Tema Dan Amanat Legenda-Legenda Dari Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ridwan, R. W. (2020). Nilai-Nilai Budaya Dalam Antologi Cerita Rakyat 33 Provinsi Karya Yustitia Angelia. Sastra Nesia, 20(10), 4-5.

Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah Yang Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Ivej, 2(1), 37-38.

Tyas, D. K. (2020). Pendidikan Bahasan Dan Sastra Indonesia. Kansasi, 5(1), 24-25.

Waryanti, E. (2015). Pembelajaran Sastra Berbagai Karakter. Jurnal Buana Bastra, 2(2), 161.

Wulandari. (2015). Sastra Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Edukasi Eltura, 2(2), 63-64.

Yusuf, W. (2020). Nilai Moral Cerita Rakyat Wandiyudhiyu Di Kecamatan Wang-Wangi Kabupaten Wakatobi Kajian Sosiologi Sastra. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v8i1.13697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.