Analisis Penggunaan Bahasa Slang dalam Berita Utama pada Situs Catchmeup.id Edisi Desember 2022

Juli Patricia Turnip, Odien Rosidin, Erwin Salpa Riansi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna slang dalam berita utama pada situs Catch Me Up! edisi Desember 2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data secara akurat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan triangulasi data dengan menggunakan teknik penyidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bahasa slang yang ditemukan dalam berita utama pada situs Catch Me Up! edisi Desember 2022 pada penelitian ini sebanyak 34 buah data dan dapat diklasifikasikan sebagai berikut: (1) bentuk kata singkatan sebanyak 13 data; (2) bentuk kata kontraksi sebanyak 5 data; (3) bentuk kata akronim sebanyak 9 data; dan (4) bentuk kata penggalan sebanyak 7 data.

Keywords


bahasa slang, berita utama, Catch Me Up!

Full Text:

PDF

References


Defina, D. 2022. Bahasa Informal dalam WhatsApp Grup sebagai Sarana Pemerolehan Bahasa Bagi Pemelajar BIPA di Indonesia. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa. 11 (2): 521-533.

Djajasudarma, F. 2010. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Edisi Ketiga. Refika Aditama. Bandung

Kridalaksana, H. 1992. PEMBENTUKAN KATA DALAM BAHASA INDONESIA. Edisi Kedua. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Edisi Kedua. Rajagrafindo Persada. Depok.

Nugroho, M. 2018. ANALISIS PENERJEMAHAN KATA-KATA SLANG DALAM HASIL PENERJEMAHAN FILM “AUSTION POWER; THE SPY WHO SHAGGED ME”. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 12 (1): 27-38.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Edisi Pertama. Sanata Dharma University Press. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v8i1.13860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.