PROBLEMATIKA BUDAYA LITERASI MEMBACA DI SEKOLAH: SEBUAH PERBANDINGAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, L., Arffianto, A., Khalishah, S. H., Indarwati, L., Putri, D. R., El-Majid, S. E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., Agung, W., & Sholihah, I. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771
Ahmadi, A., & Yulianto, B. (2017). Descriptive-analytical studies of literacy movement in Indonesia, 2003-2017. International Journal of Humanities and Cultural Studies, 4(3), 16–24.
Arusliadi, A. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Taman Baca di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan …, 2(2), 148–154.
Damaianti, V. S. (2021). Strategi Regulasi Diri dalam Peningkatan Motivasi Membaca. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 52. https://doi.org/10.33603/dj.v8i1.4613
Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala Literasi Baca Tulis Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional Di Sma Negeri 1 Pangkalan Bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685
Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 94. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937
Hasanudin, C., & Puspita, E. L. (2017). Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Melalui Media Aplikasi Bamboomedia BMGames Apps. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.618
Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan Dan Pengembangan Literasi Di Sd Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 29–34. https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.34
Huriyah, L. (2016). Peran Perpustakaan Keluarga dalam Meningkatkan Minat dan Keterampilan Membaca Anak. JOIES: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 63–86.
Husna, Z. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Joko, B. S. (2020). Memperkuat Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sma Di Balikpapan. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 12(2), 123–141. https://doi.org/10.24832/jpkp.v12i2.281
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Khoeriyah, Y. S., Indah, R. N., & Achmad Syam, R. Z. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah Melalui Reading Challenge Di SMA Plus Al-Ghifari Bandung. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi, 2(2), 115–126. https://doi.org/10.24036/ib.v2i2.115
Kurniawati, D., Nur Asmah, S., & Nizarrahmadi. (2022). Gerakan Riang Literasi Budaya dengan Inovasi Video Animasi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 60–67.
Kusumaningrum, D. E., Gunawan, I., Sumarsono, R. B., & Triwiyanto, T. (2019). Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 164. https://doi.org/10.17977/um050v2i3p164-169
Mardiani, N., & Wahyuni, S. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis di SMA Negeri 3 Batusangkar. JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam, 1(1), 8. https://doi.org/10.31958/jipis.v1i1.5946
Mutia, P., Atmazaki, & Nursaid. (2018). Implementasi Aktivitas Literasi di SMA Negeri Batusangkar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 257–266.
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Numerical Literacy in Thematic Learning for Upper Grade Elementary School Students. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.
Pramesti, U. D., Sastromiharjo, A., Anshori, D. S., & Mulyati, Y. (2022). Survei Pembelajaran Menulis Teks Berita Sebagai Refleksi Literasi Membaca Siswa. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1).
Purwandari, G., Winata, W., & Suradika, A. (2021). Pemberdayaan pendidikan melalui kegiatan pojok membaca di Rawakalong. Prosiding Seminar Nasional …, 1–7.
Putra, D., Musthafa, B., & Wirza, Y. (2019). Program Membaca Ekstensif: Meningkatkan Motivasi Membaca Siswa (Dondian Putra) Program Membaca Ekstensif: Meningkatkan Motivasi Membaca Siswa Extensive Reading Program: Increase the Students’ Reading Motivation. Jurnal Penelitain Pendidikan , 19(3), 322–333.
Ramdhani, M., Rofi’uddin, A., & Santoso, A. (2021). Perbandingan Implementasi Budaya Literasi Membaca antara Sekolah Rujukan dan Nonrujukan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3), 445–452.
Suryaman, M. (2015). Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Literasi Membaca Melalui Studi Internasional (Pirls) 2011. Litera, 14(1), 170–186. https://doi.org/10.21831/ltr.v14i1.4416
Wirawan, N. H., Trianto, A., & Gumono. (2018). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 300–309.
Wulandari, C., Suhardi, & Syamsi, K. (2023). Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 8(2), 137–148. https://doi.org/10.33369/diksa.v8i2.26229
Wulandari, T., & Haryadi. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Keterampilan Membaca Siswa SMAN 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 92–97.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v8i2.15003
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________
View My Stats
Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.