MAKNA KONTEKSTUAL DIKSI IKLAN DI TIKTOK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MEMAKNAI INFORMASI TEKS IKLAN SMP

Sherly Alifiana Faturrohmah, Sintowati Rini Utami, Siti Ansoriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna kontekstual diksi iklan produk kecantikan di TikTok dan implikasinya terhadap memaknai informasi teks iklan kelas VIII SMP secara deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi, yaitu menganalisis dokumen berupa data diksi iklan khususnya produk kecantikan di TikTok berdasarkan makna kontekstual dan pemakaian diksi. Hasil penelitian menyatakan bahwa data yang ditemukan dalam diksi iklan produk kecantikan di TikTok tahun 2023-2024, yaitu sebanyak 96 data makna kontekstual dengan 96 data wujud konteks dan 192 data pemakaian diksi. Pada 96 data wujud konteks, terbagi menjadi, 4 data konteks orangan (4%), 7 data konteks situasi (7%), 6 data konteks tujuan (6%), 24 data konteks formal/tidaknya pembicaraan (25%), 6 data konteks suasana hati pembicara/pendengar (6%), 4 data konteks waktu (4%), 3 data konteks tempat (4%), 26 data konteks objek atau bidang pemakaian (27%), 4 data konteks kelengkapan alat bicara/dengar pada pembicara/pendengar (4%), 4 data konteks kebahasaan (4%), 2 data konteks bahasa (2%), 4 data konteks kalimat (4%), dan 2 data konteks wacana (2%). Selanjutnya, pada 192 data pemakaian diksi, terbagi menjadi, 8 data kata umum (4%), 88 data kata khusus (46%), 23 data kata konkret (12%), dan 73 data kata abstrak (38%). Hasil penelitian ini selanjutnya dapat diimplikasikan menjadi alternatif dari materi teks iklan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII fase D pada elemen menyimak dengan pembelajaran memaknai informasi teks iklan.

Keywords


diksi iklan; makna kontekstual; wujud konteks; pemakaian diksi

Full Text:

PDF

References


Andriani dam Husni. 2021. Makna kontekstual Bahasa Iklan Rokok di Televisi. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 1(2): 205–214.

Axzioma, A. 2023. 5 Kategori Produk Paling Laris di E-Commerce 2023. https://infografis.okezone.com/detail/782040/5-kategori-produk-paling-laris-di-e-commerce-2023. Diakses tanggal 11 Maret 2024.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2023. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi VI (Daring). https://kbbi.kemdikbud.go.id/. Diakses tanggal 31 Mei 2024.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia. https://tesaurus.kemdikbud.go.id/tematis/. Diakses tanggal 31 Mei 2024.

Chaer, A. 2006. Bahasa Indonesia dalam Masyarakat: Telaah Semantik. Rineka Cipta. Jakarta.

Efendi, E. et al. 2023. Komunikasi yang Terjadi Dalam Konteks Ruang dan Waktu. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting. 3(4): 1173–1178.

Hutchinson, A. 2023. TikTok Leads the App Download Charts in Q1 2023. https://www.socialmediatoday.com/news/tiktok-leads-the-app-download-charts-in-q1-2023/646096/. Diakses tanggal 11 Maret 2024.

Keraf, G. 2007. Diksi dan Gaya Bahasa. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kurniawati, W. 2009. Diksi dalam Bahasa Indonesia Ragam Tulis: Brosur Seminar. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Parera, J.D. 2004. Teori Semantik. Erlangga. Jakarta.

Pateda, M. 2010. Semantik Leksikal. Rineka Cipta. Jakarta.

Putrayasa, I.B. 2010. Kalimat Efektif (Revisi). PT Refika Aditama. Bandung.

Rahardi, R.K. 2022. Memerikan Fungsi Konteks Situasi dalam Perspektif Pragmatik Siber. Linguistik Indonesia. 40(2): 197–211.

Rahmadiani, R. 2017. Hiperbola dalam iklan produk kecantikan lotion di televisi. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. 6(7): 927–937.

Robinsar, D.M. et al. 2023. Implikasi Pemanfaatan Teknologi terhadap Proses Evolusi Bahasa dalam Konteks Komunikasi Manusia. Artikulasi Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3(1): 50–62.

Setu, N., Ntelu, A., dan Salam. 2020. Penggunaan Diksi pada Berita Kriminal Koran Harian Gorontalo Post. Jurnal Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya. 6(4): 381–396.

Setyawan, M.Y. 2022. Urgensi Makna Kontekstual (Dalālah Siyāqiyyah) dan Teori Kontekstual (Naẓariyyah al-Siyāq) dalam Penelitian Semantik. Insyirah: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Studi Islam. 5(1): 26–38.

Siminto. 2013. Pengantar Linguistik. Penerbit Cipta Prima Nusantara Semarang. Semarang.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta. Bandung.

Tarigan, H.G. 2009. Pengajaran Semantik. Angkasa. Bandung.

Tenesia, T. dan Tamsin, A.C. 2019. Diksi dalam Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Padang. JPBSI: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 8(1): 202–213.

Ullmann, S. dan Sumarsono. 2007. Pengantar Semantik adaptasi ‘Semantics, An Introduction to the Science of Meaning’. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Uyun, A. 2021. Analisis Makna Iklan Wardah di Youtube. TEKS: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia. 1(1): 1–14.

Waljinah, S. dan Prayitno, H.J. 2018. Kajian Pendayagunaan Konteks Berpendekatan Struktur Konversasi Dalam Pembelajaran Wacana. PROSIDING SEMNAS KBSP V. 25 April 2018, Surakarta, Indonesia. Hal. 264–270.

Zahid, I. dan Abdul Jalil, J. 2019. Kata Kerja, Hubungan Leksikal Dan Komponen Makna Dalam Bahasa Iklan Kecantikan. International Journal of Language Education and Applied Linguistics. 09(2): 27–42.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v8i2.15492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.