PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF KELAS IX B SMP NEGERI 2 CIAMIS TAHUN AJARAN 2024/2025
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamzah, Yolan K. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa SMA Negeri 2 Gorontalo. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1171-1177.
Heryadi, Dedi. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Pusbil.
Kagan, S. (1994). Cooperative Learning. Resources for Teachers. Kagan Publishing.
Parwanti. (2020). Pembelajaran Kooperatif Model Permainan dalam Pembelajaran IPS SMP. Indramayu: CV Adanu Abimata.
Rosihin. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Team Games Tournament pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Paedagogie. Vol. 16, No. 1.
Sugiarti, Tuti. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pembelajaran Materi Sistem Koordinasi. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah. Vol. 2, No. 2.
Sulistyo. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pelajaran PKN. Jurnal Studi Sosial/Journal of Social Studies. Vo. 4, No.1.
Trianto, Agus, Titik Harsiati, dan E. Kosasih. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas IX Untuk SMP/MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v8i2.16335
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________
View My Stats
Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.