PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF KELAS IX B SMP NEGERI 2 CIAMIS TAHUN AJARAN 2024/2025

Sonia Nurul Fadila, Atik Srihartatik, Anisa Adelia, Taufik Hidayat, Aida Fathiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran teks pidato persuasif melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) di kelas IX B SMP Negeri 2 Ciamis tahun ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks pidato persuasif, yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti model pembelajaran yang kurang interaktif dan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian adalah 32 siswa kelas IX B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa meliputi pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam kegiatan pendahuluan guru mengawali pembelajaran menggunakan ice breaking untuk membangkitkan motivasi dan merangsang konsentrasi siswa. Kegiatan inti siswa melakukan permainan dengan berkelompok dalam pembelajaran teks pidato persuasif. Kegiatan penutup melibatkan siswa melakukan evaluasi dari hasil proses belajarnya dan refleksi bersama. 2) model pembelajaran kooperatif tipe TGT berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pidato persuasif. Hal ini terlihat dari peningkatan motivasi, antusias, dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran serta hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan pada pembelajaran teks pidato persuasif setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.Kata kunci: motivasi dan hasil belajar siswa, teks pidato persuasif, model pembelajaran kooperatif tipe TGT

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamzah, Yolan K. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa SMA Negeri 2 Gorontalo. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1171-1177.

Heryadi, Dedi. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Pusbil.

Kagan, S. (1994). Cooperative Learning. Resources for Teachers. Kagan Publishing.

Parwanti. (2020). Pembelajaran Kooperatif Model Permainan dalam Pembelajaran IPS SMP. Indramayu: CV Adanu Abimata.

Rosihin. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Team Games Tournament pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Paedagogie. Vol. 16, No. 1.

Sugiarti, Tuti. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pembelajaran Materi Sistem Koordinasi. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah. Vol. 2, No. 2.

Sulistyo. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pelajaran PKN. Jurnal Studi Sosial/Journal of Social Studies. Vo. 4, No.1.

Trianto, Agus, Titik Harsiati, dan E. Kosasih. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas IX Untuk SMP/MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v8i2.16335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.