UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MENGANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN DALAM TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (LHO) DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Salah satu kompetensi dasar pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) kelas X yang wajib dipahami oleh peserta didik antara lain ialah kompetensi menganalisis struktur serta kaidah kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. Walaupun demikian pada kenyataanya di kelas X Teknik Otomotif 4 SMKN 2 Ciamis tahun ajaran 2024/ 2025 masih ada peserta didik yang belum mampu menggapai KKTP. Untuk menangani kasus tersebut, penulis melakukan suatu penelitian.Penelitian yang dicoba bertujuan guna mengetahui dapat ataupun tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media pembelajaran Teka- teki Silang serta Ice Breaking Clep Boom Pen sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar dalam kemampuan menganalisis struktur serta kaidah kebahasaan dalam bacaan laporan hasil observasi di kelas X Teknik Otomotif 4 SMKN 2 Ciamis tahuan ajaran 2024/ 2025. Prosedur penelitian penulis gunakan merupakan penelitian tindakan kelas( PTK) dengan memakai teknik pengumpulan data berbentuk wawancara, metode observasi, serta metode tes.Saat sebelum pelaksanaan tindakan peserta didik yang belum menggapai KKTP sebanyak 24 orang alias 67% sebaliknya partisipan didik yang telah menggapai KKTP sebanyak 12 orang alias 33%. Sementara itu setelah terdapat tindakan pada siklus kesatu Peserta didik yang belum menggapai KKTP sebanyak 8 orang alias 22% sementara itu yang peserta didik yang telah menggapai KKTP sebanyak 28 orang alias 78%.Pada siklus kedua seluruh peserta didik 100% telah menggapai KKTP yang sudah diresmikan ialah 75.Berlandaskan uji wilcoxon dikenal jika nilai Wilcoxon hitung lebih kecil dari pada Wilcoxon tabel ialah nilai Whitung pada jumlah positif yaitu 3, 5 lebih kecil dari pada Wtabel( 116, 9) dalam taraf siginifikansi 5%( 0, 05). Sehingga bisa ditafsirkan jika data pada siklus kesatu serta kedua membuktikan terdapatnya perbedaan sehingga bisa disimpulkan terdapatnya peningkatan yang signifikan dari siklus pertama ke siklus kedua. Berlandaskan uji statistik yang sudah dicoba tersebut menguatkan hasil jika model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media pembelajaran Teka- teki Silang serta Ice Breaking Clep Boom Pen guna meningkatkan motivasi belajar dalam kemampuan menganalisis struktur serta kaidah kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X Teknik Otomotif 4 SMKN 2 Ciamis tahun ajaran 2024/ 2025 berhasil serta bisa diterima.
Keywords
Problem Based Learning, Siklus, Model, Media Pembelajaran