PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DI KELAS X IPA 3 SMAN 1 PAMARICAN KABUPATEN CIAMIS

Maya Nurmayanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan kemampuan menulis teks negosiasi di kelas X IPA 3  yang terdapat di SMA Negeri 1 Pamarican Kabupaten Ciamis. Berdasarkan hasil studi lapangan ditemukan permasalahan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis teks negosiasi yaitu masih banyak siswa yang sulit menuangkan ide kedalam tulisan, kesulitan dalam mengembangkan ide pokok atau gagasan utama ke dalam tulisan, siswa juga kurang mampu dalam menggunakan huruf kapital dan tanda baca dengan baik serta tepat, maka dari itu penelitian menggunakan strategi pembelajaran Think Pair and Share sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis teks negosiasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana langkah-langkah penggunakan strategi pembelajaran Think Pair and Share dalam meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi di kelas X IPA 3 dan bagaimana meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi setelah digunakan strategi pembelajaran Think Pair and Share di kelas X IPA 3. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi setelah di gunakan strategi pembelajaran Think Pair and Share di kelas X IPA 3. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yang di gunakan yaitu siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 1 Pamarican yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua tindakan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes siswa, lembar observasi, dan format penilaian. Temuan-temuan yang terdapat pada saat penelitian diantaranya pada proses pembelajaran siswa masih kesulitan dalam mengembangkan ide yang sesuai dengan ilustrasi, pada kemampuan menulis teks negosiasi masih belum mampu menggunakan hurup kapital dan tanda baca dengan tepat. Analisis data yang dilakukan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Pair and Share mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi dapat dilihat dari nilai rata-rata setiap siklusnya. Nilai rata-rata siswa dalam menulis teks negosiasi pada prasiklus adalah 62,83, pada siklus 1 meningkat nilai rata-rata menjadi 67,67, dan pada siklus kedua meningkat lagi menjadi 86,67. Strategi pembelajaran Think Pair and Share mampu mempermudah dan membantu siswa dalam menulis teks negosiasi.Kata Kunci : Menulis teks negosiasi, strategi pembelajaran Think Pair and Share, kelas X IPA 3, kemampuan menulis.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

KBBI.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas

Kusmana, Suherli. 2014. Kreativitas Menulis. Yogyakarta: Ombak

Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Sistem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis SebagaiSuatuKeterampilanBerbahasa. Bandung: Angkasa.

Yustinah. 2016. Produktif Berbahasa Indonesia. Untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v2i2.2213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.