PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LALOLAE DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NESTED BERBASIS BERPIKIR KRITIS
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada kemampuan menulis teks anekdot di kelas X SMA Negeri 1 LaLolae. Hasil belajar yang diperoleh siswa belum sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah diputuskan oleh sekolah. Maka peneliti dan guru kelas memutuskan untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model nested berbasis berpikir kritis. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Istrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, RPP, dan dokumentasi. Faktor yang diselidiki adalah faktor siswa, faktor guru, dan faktor pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa proses dan hasil keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA 1 Lalolae menggunakan model nested berbasis berpikir kritis meningkat.
Keywords
kemampuan siswa, menulis, dan anekdot
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v3i2.2889
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________
View My Stats
Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.