PENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI TAMAN KANAK – KANAK DARUL FALAH

ridho sandra putra, Tressyalina Tressyalina

Abstract


Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Media Audio Visual. Kemampuan bahasa adalah kesanggupan, kecakapan, kekayaan ucapan pikiran dan perasaan manusia melalui bunyi yang arbiter, digunakan untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri dalam percakapan yang baik.Media audio visual menjadi salah satu media yang bisa mengembangkan proses berbahasa pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media audio visual terhadap kemampuan berbahasa anak usia dini terkhusus di taman kanak-kanak Darul Falah Kota Padang Panjang. Subjek Penelitian ini adalah anak – anak di Taman TK.Darul Falah,Sementara objek penelitian adalah proses pemahaman berbahasa anak- anak di Tk darul Falah melalui audio visual. Jenis penelitian ini adalah deskritif kualitatif.Teknik dalam pengumpulan data yaitu dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian adalah, adanya pengaruh terhadap kemampuan berbahasa anak usia dini di Tk Darul Falah Kota Padang Panjang setelah menerapkan metode pembelajaran audio visual

Full Text:

PDF

References


Abdul Chaer, Psikolinguistik Kajian Teoretik, ( Jakarta:Renika Cipta,2002)

Abdul Chaer, Sintaktis Bahasa Indonesia (Jakarta: Rineka Cipta, 2008)

Agoes Soejanto, Psikologi Perkembangan ( Jakarta, PT Renika Cipta, 2005 Cet ke 8)

Ardi Wiyaya, Definisi Bahasa Menurut Para Ahli (Bloggiztic.net, 2015)

Basrowi, dan Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008)

Cambridge English College, Catatan Materi Elementary (Makassar, 2012)

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke-3 (Jakarta: Balai Pustaka, 2005

Djawad Dahlan, Psikologi Perkembangan Anak & Remaja, Remaja Rosdakarya, (Bandung, 2009)

Elizabet G. Hainstock, Montessory untuk Sekolah Dasar, (Jakarta: Delapratasa Publishing, 2002)

Endang Fatimah, Psikologi Perkembangan, Remaja Rosdakarya,( Bandung, 2006)

Hamid Pattilima, Metode Penelitian Kualitati, (Bandung: Alfabeta, 2005)

Henrry Guntur Tarigan, Membaca Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa, Bandung, Angkasa, 2008

Hibana S, Rahman, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, PGTKI Press, (Yogyakarta, 2005)

Isjoni, Model Pembelajaran Anak Usia Dini, ( Bandung: Alfabeta, 2011, Cet. ke 3)

Jhon W Santrock, Perkembangan Anak Edisi Kesebelas (jakarta: Erlangga,2007)

John W. Santrock, Perkembangan Anak ( Jakarta: Erlangga, 2007)

Kemendiknas, UU Nomor 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 Ayat 14, Jakarta: Depdiknas

Nurbiana Dhieni,dkk. Metode pengembangan bahasa. (Universitas terbuka : Jakarta, 2011)

M. Solehuddin dan Ipah Syaripah, “Paradigma Baru Pendidikan Taman Kanak-Kanak”, dalam M. Solehuddin dkk., Pembahruan Pendidikan TK, Penerbit Universitas Terbuka, (Jakarta, cet. Ke-15, 2013)

Martinis Yamin dan Jamilah Sabri Sanan, Panduan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Galung Persada Press, Jakarta, 2010

Martinis Yamin dan Jamilah Sabri Sanan, Panduan PAUD , ( Jambi: Gaung Persada Pers Grup, 2013)

Miles, M. B. & Huberman, A. M, Qualitative Data Analisis: A Sourcebook of New

Methods. (California: Sage Publications, 1984)

Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, PT. Remaja Rosda Karya, (Bandung, 2002)

Soenjono Dardjowidjojo, Psiko Linguistik, Rineka Cipta, (Jakarta, 2010)

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Di Kelompok B Paud Terpadu Tri Dharma Santi Lebagu Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong. No. Stambuk: A 411 09 002 (hal 125), (Somenadi, Ketut, 2013)

Purwasih. Peranan Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Di Kelompok B Paud Terpadu Tri Dharma Santi Lebagu Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong. (No. Stambuk: A 411 09 002, 2013)

Rinanto, Media Pembelajaran (Bandung: PT Refika Aditama, 1982)

Sugiyono, Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,

(Bandung: Alfabeta, 2010)

Sukiman. Pengembangan Media Pembelajaran (Cetakan Pertama. Yogyakarta:

Pedagogia, PT Pustaka Insan Madani, Anggota IKAPI, 2012)

Sutrisno Hadi, Metodologi Riset, (Yogyakarta: Andi offset, 1990)

Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar ( Jakarta: Renika Cipta, 2011)

Syamsu Yusuf LN. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, PT. Remaja Rosdakarya, (Bandung, 2009)

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: CV. Medya Duta Jakarta)

Wahyudin, H.Uyu dan Mubiar Agustin. Penilaian Perkembangan anak usia dini (Bandung: PT Refika Aditama, 2012)

Yudhi Munadi, Media Pembelajaran (Jakarta Gaung Persada Press,2008)

Zulkifli, Psikologi Perkembangan, Remaja Rosdakarya, (Bandung, 2005)




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v4i2.3469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.