UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI TEKS EKSEMPLUM MELALUI METODE JIGSAW

Otih Otih

Abstract


Makin banyak jenis teks yang dikuasai siswa, makin banyak pula struktur berpikir yang dapat digunakannya dalam kehidupan sosial dan akademiknya nanti. Hanya dengan cara itu, siswa kemudian dapat mengkonstruksi ilmu pengetahuannya melalui kemampuan mengobservasi, mempertanyakan, mengasosiasikan, menganalisis, dan menyajikan hasil analisis secara memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran melalui metode jigsaw untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IX G SMP Negeri 1 Sidamulih tahun pelajaran 2019/2020 dalam memahami teks eksemplum dan untuk mengetahui efektifitas metode jigsaw untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IX G SMP Negeri 1 Sidamulih tahun pelajaran 2019/2020 dalam memahami teks eksemplum. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas IX G SMP Negeri 1 Sidamulih tahun pelajaran 2019/2020 dalam memahami teks eksemplum, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode jigsaw. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IX G SMP Negeri 1 Sidamulih tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kualitatif yang terdiri dari tiga tahap pokok, yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. penelitian ini telah menghasilkan kesimpulan bahwa metode jigsaw dapat meningkatkan kemampuan memahami teks eksemplum siswa kelas IX G SMP Negeri 1 Sidamulih tahun pelajaran 2019/2020. Dari data yang dikumpulkan dari pra tindakan, siklus 1, dan siklus 2, peneliti melihat adanya peningkatan dalam jumlah persentase siswa yang mendapat nilai di atas batas minimal yang telah ditentukan sebesar 87.0%. Sedangkan total peningkatan yang terjadi pada nilai rata-rata kelas adalah sebesar 16.9%. Selain itu, penelitian ini membuktikan bahwa metode jigsaw dapat meningkatkan perilaku siswa kelas IX G sehingga mereka lebih bertanggung jawab, memiliki ketergantungan positif, memiliki sikap kepemimpinan (leadership), mampu membuat keputusan, komunikatif, tenggang rasa, sopan, kritis, tidak dominan, mandiri, dan aktif.

Keywords


Metode Jigsaw; Teks Eksemplum

Full Text:

PDF

References


Anita Lie. 2005. Cooperative Learning; Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Agus Suprijono. 2010. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basirudin Usman. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Bimo Walgito. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sibermen, Mel. 2004. 101 Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning). Bandung: Nusa Media.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruksvitis, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zuhairini, Dkk. 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v4i2.3800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.