PENGGUNAAN BAHASA GAUL PADA REMAJA MILENIAL DI MEDIA SOSIAL

Rahmawati Wulandari, Fahmi Nur Fawaid, Ho Ngoc Hieu, Daroe Iswatiningsih

Abstract


Remaja identik dengan penggunaan bahasa gaul. Dalam pemakaiannya, sangat beragam dan menyesuaikan dengan komunitas serta maksud komunikasi. Saat ini penggunaan bahasa gaul oleh remaja berkembang pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penggunaan bahasa gaul yang bersifat pemendekan, baik yang bersifat akronim dan singkatan di kalangan remaja milenial di media sosial. Jenis penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Data berupa kata dan kumpulan kata yang menggambarkan karakteristik sebagai bahasa remaja milenial. Teknik penumpulan data dengan mendokumentasikan penggunaan bahasa gaul di media sosial. Teknik analisis data menggunakan analisis konten. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat 101 kata akronim dan singkatan dalam kosakata bahasa gaul pada remaja milenial di media sosial dengan rincian 71 akronim dan 30 singkatan.

Keywords


Bahasa Gaul,akronim, singkatan, remaja milenial, media sosial

Full Text:

PDF

References


A. Muri Yusuf. 2017. Metode Penelitian: Kualitatif, Kuantutatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Ardila, Regina Rendi, Ansellyta Agustine, and Rosi Rosi. 2018. “Analisis Tingkat Interferensi Bahasa Indonesia Pada Anak Usia 12 Tahun Berdasarkan Perbedaan Latar Belakang Bahasa Orang Tua.” Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia). 1 (4): 651-658

A.Widyamartaya. 1990. Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta:Penerbit Kanisius

Badan Bahasa Kemendibud. 2016. KBBI V Daring. Jakarta: Badan Pengembangan Bahasa dan Pembukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Beldi, L. 2016. Pembentukan Singkatan dan Akronim dalam Forum Kaskus. Skripsi. Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Chaer. A. 2007. Linguistik Umum cetakan ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer. A. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer. A. 2015. Morfologi Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta : Rineka Cipta.

Enre, Fachrudin. 1988. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Kanisius

Firmansyah, Dida. 2018. “Analysis Of Language Skills In Primary School Children (Study Development Of Child Psychology Of Language).” PrimaryEdu - Journal of Primary Education. 2 (1): 35-40

Keraf, Gorys. 1996. Tata Bahasa Indonesia. Cetakan kesepuluh. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kuaalitatif. Jakarta: UI-Press.

Meoliono, M Anton. 1993. Tata Bahasa Bauku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Mulyana, Deddy. 2008. Bahasa Untuk Perguruan Tinggi. Rembang: Yayasan Adhigama.

Ramlan, M. 1987. Morfologi Satuan Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV. Karyono

Sasrwono, Sarlito Wirawan. 2004. Psikologi Remaja. Jakarta: CV Rajawali.

Sugono, D. 2009. Pengindonesian Kata dan Ungkapan Asing. Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.

Tarigan, Henry Guntur .2008. Membaca Sebagai Suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i1.4969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.