PENGENALAN LOKALITAS BUDAYA INDONESIA KE MANCANEGARA MELALUI WEBTOON

Arien Cahyani Putri, Eka Silvia, Safira Azzahra, Ahmad Bahtiar

Abstract


Sastra siber merupakan salah satu tanda perkembangan sastra pada era sekarang. Kecanggihan teknologi membawa pengaruh dalam media publikasi. Masyarakat dapat dengan mudah mengakses situs online sastra, salah satunya adalah platform Webtoon. Web komik asal Korea Selatan ini tak hanya mempublikasikan karya-karya dari negerinya saja, namun juga merambah di beberapa negara Asia, Eropa, dan Amerika. Para penulis Indonesia memanfaatkan Webtoon dengan memasukkan unsur budaya lokal Nusantara dalam karyanya sebagai bentuk kecintaan terhadap bangsa Indonesia. Adanya fitur Bahasa dalam platform tersebut, memberikan kemudahan pembaca internasional untuk bisa memilih bahasa dan memahami isi bacaan karya sastra gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengenalan lokalitas budaya Indonesia melalui Webtoon ke mancanegara. Kajian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan mengambil data bersumber dari Webtoon dan menyajikan hasil analisis secara deskriptif. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa kepopuleran Webtoon di seluruh negara bisa menjadi strategi pengenalan lokalitas budaya Indonesia dengan memasukkan unsur kebudayaan dalam teks cerita dan visualisasi gambar. Fitur Bahasa pada Webtoon dan Fan Translation membantu meluaskan penyebaran karya sastra ke mancanegara.

Keywords


sastra siber; Webtoon; pengenalan budaya; Indonesia; terjemahan

Full Text:

PDF

References


Erowati, R. dan Bahtiar, A. 2011. Sejarah Sastra Indonesia. Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ciputat.

Rokhmansyah, A. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Yusanta, F. B. dan Wati, R. 2020. Eksistensi Sastra Cyber: Webtoon Dan Wattpad Menjadi Sastra Populer Dan Lahan Publikasi Bagi Pengarang. Jurnal LITERASI. 4(1): 1-7.

Wicaksono, A. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Edisi Revisi. Garudhawaca. Yogyakarta.

Bonneff, M. 1998. Komik Indonesia. Kepustakaan Populer Gramedia. Jakarta.

Teeuw, A. 1989. Sastra Indonesia modern: II. Dunia Pustaka Jaya. Jakarta.

Dewojati, C. 2021. Sastra Populer Indonesia. UGM PRESS. Yogyakarta.

Trismanto. 2018. Sastra Populer dan Masalah Kehidupan Bangsa. Seminar Nasional Bulan Bahasa 1. 7 November 2018, Semarang, Indonesia. Hal. 233-234.

Wuryantoro, A. 2018. Pengantar Penerjemahan. Deepublish. Sleman.

Faizin. 2018. Literasi Budaya Lokal Untuk Meminimalisir Gegar Budaya Pemelajar Bipa. Prosiding SENASBASA. Hal. 116-124.

Kuswantoro, T. D. dan Pertiwi, A. L. 2019. Pengenalan Budaya Visual Nusantara Melalui Web Komik, Seminar Nasional Seni dan Desain. 19 September 2019, Surabaya, Indonesia.

Ghazali, D. N. M. 2020. Perancangan Informasi Budaya Mantra Rahasia Jawa Kuno Melalui Buku Ilustrasi. PhD Thesis. Fakultas Desain Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Yusuf, S. 2016. Mythical Creatures of Asia: Mitologi Monster Benua Asia. Mizan Fantasi. Bandung.

Aditya, N. R. 2019. Roti Gambang Berasal dari Mana? Ini Asal Usulnya. https://travel.kompas.com/read/2019/10/19/093115327/roti-gambang-berasal-dari-mana-ini-asal-usulnya. Diakses tanggal 01 Mei 2021.

Marogi, A. 2019. Ketahui Kriteria Contoh Logo Sekolah Dasar Sebelum Membeli Seragam. https://ahmadmarogi.com/contoh-logo-sekolah-dasar/. Diakses tanggal 01 Mei 2021.

Arisan (n.d). Dalam Kamuslengkap. https://kamuslengkap.com/kamus/indonesia-inggris/arti-kata/arisan. Diakses tanggal 01 Mei 2021.

Arisan (n.d). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/ Arisan. Diakses tanggal 01 Mei 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i2.5343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.