KEMAMPUAN BERBICARA SISWA SMK NEGERI 1 KEDAWUNG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL FASILITATOR DAN PENJELAS
Abstract
Komunikasi merupakan salah satu karakter yang harus kita miliki di abad ke-21. Dalam mengomunikasikan pemikiran, diperlukan keterampilan berbicara yang baik sehingga orang lain dapat menangkap pesan yang kita maksud. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan, banyak kendala yang ditemui terkait dengan keterampilan berbicara siswa.Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti dalam mengkaji penggunaaan model pembelajaran yang dapat memupuk kemampuan berbicara siswa. Tujuan rancangan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berbicara siswa pada pengukuran akhir (posttest) menggunakan model pembelajaran fasilitator dan penjelas. Lokasi penelitian adalah SMK Negeri 1 Kedawung dengan sumber data penelitian adalah kelas XII SMK Negeri 1 Kedawung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif, yaitu teknik statistik sederhana yang hanya menghitung frekuensi nilai dan rata-rata. Setelah nilai diperoleh selanjutnya diklasifikasikan berdasarkan tingkat kemampuannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa menggunakan model fasilitator dan penjelas masuk ke dalam kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata hasil kemampuan berbicara siswa sebesar 78.39 dengan nilai tertinggi sebesar 87 dan nilai terendah sebesar 63. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model fasilitator dan penjelas sesuai digunakan dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
Keywords
model pembelajaran, fasilitator dan penjelas, kemampuan berbicara
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i1.6203
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________
View My Stats
Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.