Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek Menggunakan Metode Peta Pikiran dengan Teknik Rangsang Gambar pada Siswa Kelas IX SMP

Ahmad Shofya Edi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks cerita pendek menggunakan metode peta pikiran dengan teknik rangsang gambar pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kaliwungu Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2019/2020 yang dilaksanakan pada tanggal 12 Februari sampai dengan 5 Maret 2019. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IX A sejumlah 30 orang. Data penelitian bersumber dari data primer dan data sekunder dengan teknik pengambilan data melalui teknik pengamatan, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan masing-masing 2 kali pertemuan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan menulis teks cerita pendek menggunakan metode peta pikiran dengan teknik rangsang gambar pada peserta didik kelas IX A SMP Negeri 2 Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2019/2020 yaitu melampaui KKM 70 pada siklus I terdapat 26 peserta didik atau 77% dan siklus II sudah tercapai semua 30 peserta didik atau 100%. Demikian juga dengan peningkatan nilai rata-rata juga mengalami kenaikan dari pembelajaran 1 ke pembelajaran 2 pada tiap siklus, pada siklus I terdapat peningkatan sebesar 76,55 menjadi 81 atau kenaikan 4,45 (5,9%) dan pada siklus II sebesar 82,7 menjadi 86,2 atau kenaikan 3,5 (4,3%).

Keywords


keterampilan menulis cerpen, peta pikiran, teknik rangsang gambar

Full Text:

PDF

References


Andayani. 2015. Problema dan Aksioma dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aunurrahman. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Buzan, Tony dan Susanna Abbott. 2007. Buku Pintar Mind Map untuk Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Edward, C. 2009. Mind Mapping untuk Anak Sehat dan Cerdas. Yogyakarta: Sakti.

Enre, Fahrudin. 1998. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mubarok, M.H. 2016. Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kreativitas pada Siswa Kelas VIII SMP N 10 Malang. Skripsi. Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhadi. 1995. Tata Bahasa Pendidikan: Landasan Menyusun Buku Pelajaran Bahasa. Semarang: IKIP Semarang Press.

Priyatni, Endah Tri. 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, dkk. 2020. Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Parole). Vol 3 (2), 159-169.

Suryadi, Riza dan Nuryatin, Agus. 2017. Nilai Pendidikan dalam Antologi Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Seloka). Vol 6(3), 314-322.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.