APLIKASI TIKTOK SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KETERAMPILAN BERBICARA UNTUK SISWA SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, W. N., & Budiyono, S. 2018. The Teaching Strategy of Bahasa Indonesia in Curriculum 2013. International Journal of Active Learning, 3(2), 58–64.
Aji, Wisnu Nugroho. 2018. Aplikasi Tik Tok sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional: Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI). 431-440.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta, Rajawali Press.
Ketut Prabawardani, A. A. Gede Agung, Desak Putu Parmiti. 2018. Pengaruh Metode Storytelling Berbantuan Komik terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha; Vol 6, No 2 (2018); 147-158
Loren, F. T. A. 2017. The Use of Learning Media on Listening Skill in Teaching Indonesian to Speakers of Other Language (TISOL). Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 11(1), 1.
Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.
Maldini, Feby Christiara. Susanti, Elvi. 2021. Penggunaan Youtube Bukatalks sebagai Media Keterampilan Berbicara Siswa SMAN 1 Kalibunder Sukabumi. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia. 6(2). 125-132
Mana, Lira H. A. 2021. Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Pandemi. Rangkiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 3(2). 179-185.
Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Ms, Izqy Y. A. 2019. Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video untuk Siswa Jurusan IPS Tingkat SMA Se-Banten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. 2(2). 263-275
Nurkholis., Anisyah Wulandari. 2018. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Paired Storytelling Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD IT Muhammadiyah Kota Cirebon. 4(1).
Santoso, Lenny T. U. 2021. Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Trosobo II. Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar. 9(9). 3188-3197
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahrin, Alfi. Amru bin As. 2020. Pengaruh Penggunaan Audiovisual dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris di SMA Negeri 3 Taengon. Kande: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(1). 21-31
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Wahyuni Oktavia, S., & Kunci, K. 2015. Inovasi Model Partisipasi Solusi (Partisol) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 2477–2636.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7801
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________
View My Stats
Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.