APLIKASI TIKTOK SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KETERAMPILAN BERBICARA UNTUK SISWA SMA

Mamluatul Hikmah, Haryadi Haryadi

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial TikTok dalam pembelajaran bahasa Indonesia keterampilan berbicara. Aplikasi tersebut dapat menjadi inovasi pendidik dalam memilih media pembelajaran yang meanarik, interaktif dan efektif. Beragam fitur yang tersedia dalam aplikasi tersebut membantu guru untuk menyampaikan materi pembelajaran, serta dapat melatih siswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Media berbasis audiovisual ini dapat digunakan pada smartphone. Pengguna dapat mengunggah, mengedit, dan juga membagikan klip video berdurasi 15 detik – 3 menit. Dengan durasi tersebut, diharapkan siswa mampu mengembangkan keterampilan berbicaranya dengan efektif. Terdapat beberapa kompetensi dasar yang ada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X yang menuntut siswa untuk dapat mengungkapkan ide, gagasa, dan pikirannya secara lisan. Untuk itu, guru juga harus memilih media pembelajaran yang mendukung agar tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada lah metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif dipilih karena penelitian ini bersifat deskriptif. Data-data yang diperoleh perlu dideskripsikan secara apa adanya untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia pada keterampilan berbicara.

Keywords


media pembelajaran, aplikasi TikTok, keterampilan berbicara

Full Text:

PDF

References


Aji, W. N., & Budiyono, S. 2018. The Teaching Strategy of Bahasa Indonesia in Curriculum 2013. International Journal of Active Learning, 3(2), 58–64.

Aji, Wisnu Nugroho. 2018. Aplikasi Tik Tok sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional: Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI). 431-440.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta, Rajawali Press.

Ketut Prabawardani, A. A. Gede Agung, Desak Putu Parmiti. 2018. Pengaruh Metode Storytelling Berbantuan Komik terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha; Vol 6, No 2 (2018); 147-158

Loren, F. T. A. 2017. The Use of Learning Media on Listening Skill in Teaching Indonesian to Speakers of Other Language (TISOL). Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 11(1), 1.

Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.

Maldini, Feby Christiara. Susanti, Elvi. 2021. Penggunaan Youtube Bukatalks sebagai Media Keterampilan Berbicara Siswa SMAN 1 Kalibunder Sukabumi. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia. 6(2). 125-132

Mana, Lira H. A. 2021. Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Pandemi. Rangkiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 3(2). 179-185.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Ms, Izqy Y. A. 2019. Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video untuk Siswa Jurusan IPS Tingkat SMA Se-Banten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. 2(2). 263-275

Nurkholis., Anisyah Wulandari. 2018. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Paired Storytelling Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD IT Muhammadiyah Kota Cirebon. 4(1).

Santoso, Lenny T. U. 2021. Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Trosobo II. Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar. 9(9). 3188-3197

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahrin, Alfi. Amru bin As. 2020. Pengaruh Penggunaan Audiovisual dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris di SMA Negeri 3 Taengon. Kande: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(1). 21-31

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Wahyuni Oktavia, S., & Kunci, K. 2015. Inovasi Model Partisipasi Solusi (Partisol) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 2477–2636.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.