PENERAPAN JURNAL PEMBIASAAN LITERASI MEMBACA DI SMP NEGERI 1 MOJOGEDANG

Wahyu Mardaning Hardiyanti

Abstract


Studi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat baca pada siswa. Oleh karena itu, penelitian yang dilakukan memiliki tujuan mendeskripsikan program Jurnal Pembiasaan Literasi Membaca, kelebihan dan kekurangan dari penerapan Jurnal Pembiasaan Literasi Membaca serta memaparkan dampak dari penerapan Jurnal Pembiasaan Literasi terhadap keterampilan membaca buku pelajaran. jenis penelitian memanfaatkan penelitian kualitatif melalui penggunaan metode deskriptif. Penelitian bertempat di SMP Negeri 1 Mojogedang. Objek penelitian ini yaitu pembiasaan literasi. Sedangkan subjek yang digunakan yaitu siswa SMP Negeri 1 Mojogedang. Jenis data yang dipakai yakni data kualitatif dengan sumber data penelitian menggunakan data secara primer. Teknik pengumpulan data untuk penelitian memanfaatkan teknik observasi, kegiatan wawancara dan dokumentasi dengan model analisis teknik analisis data kualitatif. Hasil riset yang dijalankan mengindikasikan adanya peningkatan minat baca pada siswa. Program penerapan Jurnal Pembiasaan Literasi Membaca dilakukan 15 menit sebelum pembelajaran, upaya sekolah memberikan fasilitas perpustakaan, pengadaan pojok baca kelas, dan lomba literasi. Kelebihannya, yaitu dapat melatih keterampilan berbahasa, siswa menjadi aktif dalam literasi, dan dapat meningkatkan pengunjung dan peminjaman buku di perpustakaan sekolah. Kekurangannya, yaitu terdapat siswa yang pasif, bacaan buku monoton, dan guru tidak hadir mendampingi. Dampak terhadap keterampilan membaca buku pelajaran, yaitu  siswa menjadi lebih cepat dan teliti dalam memahami materi buku pelajaran, siswa dapat mengembangkan ide-ide kreatif melalui keterampilan menulis dan meningkatkan nilai akademik siswa.Kata Kunci: Jurnal, Literasi, Membaca

Full Text:

PDF

References


Anjani, S., Dantes, N. and Artawan, G. (2019) ‘Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara’, Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), pp. 74–83. Available at: https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2869.

Dafit, F. and Ramadan, Z.H. (2020) ‘Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 4(4), pp. 1429–1437. doi:10.31004/basicedu.v4i4.585.

Dewi, Z. and Isnarmi, I. (2019) ‘Penanaman Karakter dalam Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP Negeri 18 Padang’, Journal of Civic Education, 1(4), pp. 350–362. doi:10.24036/jce.v1i4.322.

Dwijayati, C.D.C. and Rahmawati, L.E. (2021) ‘Kendala Literasi Baca Tulis Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional Di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun’, Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 2(1), pp. 17–32. doi:10.22515/tabasa.v2i1.2685.

Fernanda, F.F.H. et al. (2020) ‘Penerapan Literasi Digital di SMP Negeri 20 Surakarta’, Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), pp. 141–148. doi:10.23917/blbs.v2i2.12842.

Hermawan, R., Rumaf, N. and Solehun, S. (2020) ‘Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong’, Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), pp. 56–63. doi:10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.411.

Husna, Z. (2020) ‘Pemanfaatan Pojok Baca Kelas dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah’, Jurnal Ekodunamika, 3(2), pp. 1–7. Available at: https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/3374.

Ilmi, N., Wulan, N.S. and Wahyudin, D. (2021) ‘Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), pp. 2866–2873. Available at: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/990.

Juniawan, I.M.E., Marhaeni, A.A.I.N. and Lasmawan, I.. (2020) ‘Pengaruh Pembelajaran Saintifik Berbasis Literasi Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Hasil Belajar Pelajaran Kelompok Sosial Humaniora Siswa Kelas V SD di Gugus 1 Kuta’, Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar …, 4(1), pp. 64–73. Available at: https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3112.

Khotimah, K., Akbar, S. and Sa’dijah, C. (2018) ‘Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11), pp. 1488–1498. Available at: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.

Labudasari, E. and Rochmah, E. (2019) ‘Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Karakter Mandiri Siswa di SDN Kanggraksan Cirebon’, Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(1), p. 57. doi:10.25273/pe.v9i1.4254.

Lawalata, A.K. and Sholeh, M. (2019) ‘Pengaruh Program Literasi Terhadap Minat Baca Dan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung’, Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(3), pp. 1–12. Available at: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/viewFile/28880/26445.

Lestari, F.D. et al. (2021) ‘Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(6), pp. 5087–5099. doi:10.31004/basicedu.v5i6.1436.

Mansyur, U. (2019) ‘Minat Baca Mahasiswa: Potret Pengembangan Budaya Literasi di Universitas Muslim Indonesia’, Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra II FBS UNM, 4(December), pp. 203–2017. Available at: file:///C:/Users/Admin/Downloads/3900-15063-1-PB.pdf.

Maryatin, M. and Yuliani, T. (2019) ‘Membudayakam Literasi pada Masyarakat di Kelurahan Gunung Bahagia Balikpapan Selatan’, Jurnal Terapan Abdimas, 4(1), p. 57. doi:10.25273/JTA.V4I1.3809.

Nurjanah, E., Rusmana, A. and Yanto, A. (2017) ‘Hubungan Literasi Digital dengan Kualitas Penggunaan E-Resources’, Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 3(2), p. 117. doi:10.14710/lenpust.v3i2.16737.

Priasti, S.N. and Suyatno, S. (2021) ‘Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar’, Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), p. 395. doi:10.33394/jk.v7i2.3211.

Putri, N.E. and Rahmah, E. (2018) ‘Penerapan Literasi Informasi di Perpustakaan SMK Negeri 2 Pariaman’, Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Vol., 7(1), pp. 365–369. Available at: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/101017.

Rinawati, A., Mirnawati, L.B. and Setiawan, F. (2020) ‘Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar’, Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), pp. 85–96. doi:10.31537/ej.v4i2.343.

Saadati, B.A. and Sadli, M. (2019) ‘Analisis Pengembangan Budaya Literasi dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar’, Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), pp. 151–164. doi:10.24042/terampil.v6i2.4829.

Subakti, H., Oktaviani, S. and Anggraini, K. (2021) ‘Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(4), pp. 2489–2495. Available at: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1209.

Supriyanto, H. and Haryanto, S. (2017) ‘Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa di SMP Negeri 2 Pleret Kabupaten Bantul’, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, V(2), pp. 68–82. Available at: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23216.

Sutisna, I.P.G. (2020) ‘Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19’, Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 8(2), pp. 268–283. doi:10.5281/zenodo.3884420.

Sutriyanti, N.K. and Dharmawan, I.M. (2021) ‘Mengidentifikasi Kendala Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Pengembangan Mutu Budaya Literasi Di SMA Negeri Bali Mandara’, Jurnal Penjaminan Mutu, 7(1), p. 80. doi:10.25078/jpm.v7i1.1984.

Suyono, Titik, H. and Wulandari, I.S. (2017) ‘Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar’, Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(2), pp. 116–123. Available at: http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3050.

Tarmidzi, T. and Astuti, W. (2020) ‘Pengaruh Kegiatan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar’, Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), p. 40. doi:10.33603/cjiipd.v3i1.3361.

Widodo, A. (2020) ‘Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP)’, Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), pp. 11–21. doi:10.32939/tarbawi.v16i01.496.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.