KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA (KEM) SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS DI TASIKMALAYA

Agi Ahmad Ginanjar, Aveny Septi Astriani

Abstract


Kecepatan Efektif Membaca (KEM) merupakan kemampuan membaca  yang memadukan antara kecepatan membaca seseorang dengan pemahaman terhadap isi bacaan. Kecepatan Efektif Membaca ini sangat perlu dilatih dan dimiliki apalagi oleh seorang pelajar sebagai akademisi yang setiap harinya diharuskan membaca berbagai informasi baru dibidang yang sedang ditekuninya. Apalagi di era abad 21 ini pelajar diarahkan untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, kretaif, kolaborasi, dan kemampuan komunikasi yang baik itu didasari salah satunya oleh kemampuan membaca. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kecepatan efektif membaca siswa SMA sederajat atau siswa tingkat sekolah menengah atas di Tasikmalaya, baik wilayah kota maupuan kabupaten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data tersebut diolah dengan menggunakan statistik deskriptif kemudian disimpulkan. Sumber data penelitian ini adalah 700 siswa yang tersebar di seluruh wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya yang terdiri atas tiga kelompok siswa yaitu kelompok SMA, Kelompok SMK, dan Kelompok MA yang diambil dari berbagai wilayah di Kota dan Kab Tasikmalaya. Dari hasil olah data diketahui bahwa kemampuan efektif membaca siswa di Tasikmalaya 1% berada pada level Tinggi Sekali, 3% berada pada level Tinggi, 23% berada pada level Sedang, 65% berada pada level Rendah, dan 8% berada pada level Sangat Rendah.

Keywords


KEM, Membaca

Full Text:

PDF

References


Damaianti, V.S. 2005. “Strategi Volisional melalui Dramatisasi dalam Meningkatkan Motivasi Membaca” Makalah FPBS UPI: tidak diterbitkan

Harras, Kholid, A. dan Lilis Sulistianingsih. 1997. Membaca I. Jakarata: Depdikbud.

Harjasujana, A. Slamet.. 1996. Membaca. Jakarta : Karunika UT.

Harjasujana, A. Slamet, dan Yeti Mulyati. 1997. Membaca 2. Jakarta : Depdikbud.

Heryadi, Dedi. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa, Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Mulyati, Yeti. 2003. Kecepatan Efektif Membaca: Apa, Mengapa, dan Bagaimana? Makalah. Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Pusat Pengembangan Pentaran Guru Bahasa. Jakarta.

Saleh, Abdul Rahman dan Muhbib Abdul Wahab, (2004) Psikologi suatu pengantar dalam perspektif islam. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Witdarmono. 2007. Membaca dan Agresivitas. www.kompas.com/kompas-cetak/0609/08/opini/ 2937720.htm – 42k

Yohana, Yopi. 2013. Menularkan Semangat Endles Reading. Pikiran Rakyat, Pendidikan, 14 Oktober 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i2.8698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.