PENINGKATAN PENERAPAN SNI GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING INDONESIA MENGHADAPI AEC (ASEAN ECONOMIC COMMUNITY) 2015

Gilang Hamzah Akbar

Sari


Pada tahun 2015, Indonesia akan menghadapi AEC (ASEAN Economy Community), yang memberlakukan free flow dan penghapusan tarif pada berbagai sektor produksi dan perdagangan antar negara ASEAN. Penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara optimal merupakan langkah awal Indonesia untuk menjawab tantangan tersebut. Dimana produk-produk yang berkualitas SNI tentunya memiliki daya saing yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan regulasi teknis melalui pemberlakuan wajib SNI, hambatan penerapannya dan mengoptimalkan penerapan SNI dalam mempersiapkan Indonesia menghadapi AEC 2015. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa belum optimalnya penerapan SNI di Indonesia yang dibuktikan dengan hasil pengolahan data BSN. Keterbatasan yang dihadapi para produsen di Indonesia yakni minimnya sumber daya manusia yang memadai dalam menerapakan sistem manajemen mutu serta biaya pengujian/sertifikasi yang masih cenderung mahal. Dengan demikian, berbagai pelatihan, seminar dan workshop harus semakin digalakkan untuk meningkatkan potensi SDM dalam menerapkan SNI secara lebih optimal.

Kata Kunci


AEC, SNI, Daya Saing.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BSN 2013a, Badan Standarisasi Nasional Indonesia, diakses pada 7 Desember 2013,

.

BSN 2013b, Badan Standarisasi Nasional Indonesia, diakses pada 7 Desember 2013, .

Bustami, G 2010, Menuju ASEAN Economic Community 2015, Departemen Perdagangan Republik Indonesia, Diakses pada 7 Desember 2013,

Djani, T 2007, ASEAN Selayang Pandang, Dir. Jen. Kerjasama ASEAN Departemen Luar Negeri Republik Indonesia, Jakarta.

Gunawan, YH 2009. “Manfaat Penerapan Peraturan melalui Standardisas”, dalam Standardisasi dan Regulasi Teknis di Bidang Industri (eds), Jakarta.

Habibie, BJ, 2010, Jejak Pemikiran Habibie, Mizan, Jakarta Selatan.

Herjanto, E, 2011, “Pemberlakuan SNI Secara Wajib di Sektor Industri: Efektivitas dan Berbagai Aspek dalam Penerapannya”, Jurnal Riset Industri, vol. V, no.2, p. 121.

Setiadi, B, 2010, “Nasionalisme di Era Globalisasi Dengan Standar Nasional Indonesia (SNI)”, Jurnal Sekretariat Negara RI, no.17.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324