PENGUKURAN HUMAN CAPITAL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE RETURN ON INVESTMENT DI PT. SURYA MUSTIKA NUSANTARA CIAMIS

Maria Nurhayaty

Sari


Berdasarkan hasil pengamatan pada PT. Telkom Banjar kinerja perusahaan masih berada pada level kurang, meskipun kepuasan karyawannya telah terpenuhi, hal ini diduga aspek pendukung kinerja lainnya dirasa masih menghadapi kendala.Penelitian menggunakan metode balanced scorecard dan pengumpulan data kepuasan karyawan melalui kuesioner, uji reliabilitas menggunakan koefisien alpha cronbach dan uji validitas menggunakan koefisien korelasi pearson.Berdasarkan hasil penelitian mengindikasikan bahwa pengukuran kinerja pada PT. Telkom secara keseluruhan masih tergolong kurang dengan nilai keseluruhan 47,92%. pada perspektif  finanasial PT.Telkom dikelola secara terpusat.  Dalam perspektif pelanggan diketahui perolehan pelanggan pada tahun 2012 sebesar 20,12% dan tahun 2013 sebesar 14,23% dengan nilai rata-rata sebesar 17,18%. Sedangkan tingkat retensi pelanggan pada tahun 2012 sebesar 83,88% dan pada tahun 2013 sebesar 88,84% dengan nilai rata-rata sebesar 86,18%. Pada perspektif bisnis internal PT. Telkom mengembangkan inovasi teknologi baru yaitu produk Indihome. Dalam perspektif pertumbuhan dan pembelajaran tingkat retensi pegawai   pada tahun 2012 sampai tahun 2013 tidak mengalami perubahan dan pada tahun 2013 tingkat retensi pegawai menunjukan angka 12%. Tingkat kepuasan karyawan menunjukan angka sebesar 76,32% dengan rating scale 0. Artinya kepuasan karyawan PT.Telkom telah berada pada kategori puas.

Kata Kunci


Balanced Scorecard, Kinerja

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Anwar Prabu Mangkunegara. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Armstrong, Michael dan Angela Baron. 1998. Performance Management. London: Institute Of Personel And Development.

Armstrong, Michael. 2004. Performance Management (alih bahasa: Toni Setiawan). Yogyakarta: Tugu.

Dadang Herdiana. 2012. Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli Definisi Karyawan, Pegawai, Teori, Pengukuran, Penilaian. Tersedia:

http://www.sarjanaku.com/2012/06/pengertian-kinerja-definisi-teori.html

DR. A.A Anwar Prabu Mangkunegara, Msi. 2005. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT. Refika Aditama.

Drs. Danang Sunyoto, SH., SE., MM. Toeri, Kuesioner, dan Analisis Data Sumber Daya Manusia (Praktik Penelitian). CAPS. 2012

Johnson, C., 2006. “Introduction to the Balanced Scorecard and Performance Measurement Systems”. Balanced Scorecard for State-Owned Enterprises.

Kaplan, R.S and Norton, D.P., 1996. “Translating Strategic into Action -The Balanced Scorecard“, Harvard Business School Press, Boston, Massachussets.

Sri Wahyuni. 2011. Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Pada PT. Semen Bosowa Maros. Skripsi.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja – Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324