PENENTUAN PRIORITAS PELAYANAN BAGIAN PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN CIVIL MECHANICAL ELECTRICAl (CME) TOWER JARINGAN TELEKOMUNIKASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCCES (AHP) PADA PT. TRIYASA GEOKOMUNINDO CABANG GARUT

Yusup Kurnia

Sari


PT. Triayasa Geokomunindo bergerak di bidang jasa pemeliharaan tower jaringan telekomunikasi. Ada beberapa lokasi tower memerlukan pelayanan lebih, sehingga memerlukan prioritaskan dalam pelayanan pemeliharaan dan perbaikan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prioritas pelayanan. Hasil penelitian ini memberikan informasi dan bahan pertimbangan kepada perusahaan dalam menentukan prioritas pelayanan pemeliharaan dan perbaikan CME Tower yang tepat.Penentuan prioritas pelayanan pemeliharaan dan perbaikan CME Tower terhadap kriteria-kriteria yang ada dilakukan dengan model penilaian yang bersifat kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Analytical Hierarchy Process (AHP). Populasi adalah team pelayanan pemeliharaan dan perbaikan CME Tower pada PT. Triyasa Geokomunido Cabang Garut yang berjumlah 3 orang, yang seluruhnya dijadikan sampel dalam penelitian atau n = 3, dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner.Hasil penelitian menunjukan bahwa Tower A site Leles merupakan prioritas utama, dengan bobot prioritas sebesar 0.41463059, kemudian Tower B site Tenjowaringin bobot prioritas 0.296738854, selanjutnya Tower C site Gentong bobot 0.191715646, keempat ditempati oleh Tower site Darularqom bobot 0.09691491. Kriteria yang memiliki bobot terbesar adalah Tower A site Leles. Keseluruhan prioritas berdasarkan tingkat kepentingan, biaya, jarak, dan akses telah konsisten karena kurang dari 0.1 (CR < 0.1).

Kata Kunci


-

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Agus Ahyari, 2002, Manajemen Produksi; Pengendalian Produksi, edisi empat, buku dua, Yogyakarta : BPFE.

Assauri Sofyan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Fakultas Ekonomi UI.

Corder, Anthony, K. Hadi. 1992, Teknik Manajemen Pemeliharaan, Jakarta : Erlangga.

David. R, Fred. 2004. Manajemen Strategis. Jakarta : PT. Indeks.

Kotler, Philip, 2001, Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Perhalindo

Lovelock, Christopher H. 2001. “Service Marketing : People, Technology, Strategy” (Fourth ed.) Upper Saddle River USA : Prentice Hall.

Manahan Tampubolon, P. 2004, Manajemen Operasional, edisi pertama, Ghalia Indonesia

Mangunsubroto Kuntoro dan Listiarini, 2009. Analisis Keputusan. Bandung : Ganesha Exact

Muhammad Suwarsono, 2000, Manajemen Stratejik, Yogyakarta : UPP AMPYK PN

Mobley, R. Keith, 2002. An introduction to predictive maintenance, 2nd ed, USA : butterworth-heinemann,

M.S. Sehrawat, and J.S Narang, 2001, Production Management, Nai sarak, Dhanpahat RAI Co.

Saaty, 2005, The Analitical Hierarchy Process. Pitsburgh : RWS Publication


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324