RANCANG BANGUN PENGGERAK PINTU PAGAR GESER MENGGUNAKAN 12 VOLT DIRECT CURRENT (DC) POWER WINDOW MOTOR GEAR

Hendra Firdaus

Sari


Untuk menggerakkan pintu  pagar geser besi pada umumnya digerakkan oleh suatu motor listrik berkapasitas besar, memerlukan biaya pemasangan dan perbaikan yang mahal. Hingga saat ini orang masih beranggapan bahwa biaya untuk pemasangan dan perawatan pintu  pagar otomatis sangat mahal. Alat yang penulis buat merupakan solusinya.Power Window Motor Gear dengan tegangan 12 Volt DC adalah salah satu komponen yang mudah didapat dipasaran, selain daya listrik yang digunakan rendah, maintenance mudah dilakukan, alat tersebut tidak bisa langsung dipasang tetapi harus dimodifikasi terlebih dahulu sehingga perlu dianalisis penggunaan serta komponen-komponen yang menyertainya.Penggunaan Power Window Motor Gear sebagai penggerak pintu pagar geser dapat menghasilkan suatu alat untuk buka tutup pintu  pagar secara efektif, alat yang dibuat dapat membantu meringankan pekerjaan manusia. Metode yang dilakukan berdasarkan perhitungan dan uji coba rangkaian yang dirancang bangun. Hasil pengukuran serta Equipment direncanakan dalam analisis penggunaan Power Window Motor Gear sebagai penggerak pintu pagar geser. Elemen-elemen yang diperhitungkan adalah momen gaya dan kecepatan putar poros.Dari Hasil perhitungan dapat diketahui bahwa besarnya Torsi adalah 3,5 Nm, pulley untuk menghasilkan putaran 9 rpm pada pagar geser dan kecepatan putar 90 rpm dari Power Window Motor Gear, diperlukan pulley dengan ukuran 20cm dan 3,8 cm.

Kata Kunci


pintu pagar geser, motor power window, Torsi

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Anwar, Soedjarwanto, Repelianto, 2015. Prototype Penggerak Pintu Pagar Otomatis Berbasis Arduino Uno ATMEGA 328P dengan Sensor Sidik Jari. (Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, Volume 9, No. 1, 2015, Universitas Lampung. Lampung.

B. Fernanda, 2015. Rancang bangun mekanisme penggerak pintu pagar lipat dengan menggunakan tali kawat baja (wire rope stell). (Proyek Akhir), Politeknik Sriwijaya, Palembang.

Fahmizaleeits. Rumus Kecepatan Putar Motor DC. https://fahmizaleets.wordpress.com/tag/rumus- kecepatan-putar-motor-dc/ diakses tanggal 5 April 2019.

Lukman. Membuat Sendiri Buka Tutup Pintu. https://lukmannet blogspot.com/2015/11//membuat-sendiri-mesin-buka-tutup-pintu.html. diakses tanggal 15 Mei 2019.

Marapung Muslimin, 1993. Teori dan Soal-Penyelesaian Teknik Tenaga Listrik. Armico, Bandung.

Riani Lubis, 2008. Diktat Kuliah Fisika Dasar I. Unikom, Bandung.

Rokhmad, 2015. Pintu Otomatis Geser dengan PLC. http://www.rokhmad.com

/2015/05/pintu-otomatis-geser-dengan-plc.html. diakses tanggal 10 April 2019.

Sonawan Hery, 2014. Perancangan Elemen Mesin, Alfabeta, Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324