PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK PAKAIAN WANITA PADA IKM RAHMAT DI JAKARTA

Alfi Fathurohman

Sari


IKM Rahmat yang bergerak di bidang pakaian wanita di jakarta. Untuk dapat memenuhi permintaan pasar yang berangsur-angsur meningkat IKM Rahmat harus mengoptimasikan produksinya, IKM Rahmat juga ingin mengembangkan pemasaran di online, selama ini pemasarannya hanya menitipkan barangnya di store-store  di jakarta. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian mengenai penentuan jumlah produksi dan strategi pemasaran, agar dapat mengoptimasi jumlah produksinya dan dapat memasarka produknya di internet. Berdasarkan hasil penelitian didapat Jumlah yang dirpoduksi oleh IKM Rahmat dengan dibantu program lindo yaitu sebanyak 284 dengan rincian gamis leher bulat tidak diproduksi, blus tangan ¾ sebanyak 200 pcs dan gamis tanpa lengan sebanyak 84 pcs. Dan strategi pemasaran online dalam mempfomosikan produk tersebut menurut perhitungan SWOT berada di kuadran I adalah situasi yang sangat menguntungkan. IKM Rahmat memiliki kekuatan dan peluang sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy), dalam hal ini IKM Rahmat harus agresif dalam mempromosikan produknya agar produk tersebut dapat dilihat dan dapat laku di kancah penjualan online nya, IKM Rahmat dapat memanfaatkan kekuatan yang dimilikinya untuk dapat mempromosikan  produknya di pasar online, dengan adanya penjualan di online dapat menambah pendapatan dari IKM Rahmat itu sendiri.

Kata Kunci


IKM Ramat, Strategi Pemasaran, Linier Programming, SWOT

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Tjuju Tarliah Dimyati – Akhmad Dimyati, Operation Research, Penerbit Sinar Baru Algensindo, 2015

Philip Kotler – Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, edisi 13 jilid 1, Penerbit Erlangga,2009

Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit ANDI Yogyakarta,2019

Rangkuti Fredddy, Analisis Swot, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2008

Sutiarkoro Arwiyandra. Analisa Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Katalog Rainbow Creative Semarang Dengan Menggunakan Metode SWOT, Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponogoro, Semarang 50239

Hilman, M. (2019). Optimasi Jumlah Produksi Produk Furniture Pada PD. Surya Mebel di Kecamatan Cipaku DenganMetode Linear Programing.

Hilman, M. (2019). Optimasi Proses Produksi Produk Makanan Pada UKM Makanan di Kabupaten Ciamis dengan Metode Integral Linear Programming.

Reca Elyarni, Hermanto. (2016). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Expres Pada PT. SAP. Program Studi Teknik Industri FTMIPA Universitas Indraprasta PGRI.

Inayati, Khoirul. (2013). Penentuan Jumlah Produksi Optimal Untuk Memaksimalkan Laba Dengan Metode Linear Programming Studi Kasus di PT. Salavy Dwi Sejahtera Magelang. Program Studi Teknik Industri Fakultas SAINS dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pridasari, Khalida. (2012). Analisis Strategi Pemasaran UKM Penghasil Produk Kerajinan Kreatif Keramik Pada CV. Munti Bali Bogor. Program Sarjana Alih Jenis Manajemen Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324