PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI PRODUK SOFA PADA IKM NONI MEUBEL DI BANJARSARI DENGAN METODE LINEAR PROGRAMMING

Husam Abdul Qodir

Sari


IKM Noni Meubel merupakan salah satu  IKM yang bergerak dibidang manufaktur  yang berlokasi di daerah Banjarsari Kabupaten Ciamis yang memproduksi berbagai macam sofa, telah berdiri sejak tahun 2006 dan diprakarsai oleh Ibu Noni pada saat ini IKM Noni Meubel memiliki 4 orang karyawan yang berkerja dengan sistem borongan. Pada saat ini IKM Noni Meubel masih belum bisa menghitung dan memperkirakan jumlah bahan baku dengan optimum dalam penentuan dan pembuatan produk sofa selama satu bulan. Oleh karena itu mengkibatkan sering terjadinya kekurangan bahan baku dan kelebihan bahan baku yang diperlukan untuk produksi sofa. Keadaan yang demikian dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Sehingga keuntungan optimal sulit didapat oleh perusahaan. Untuk mendapatkan solusi optimal akan diterapkan nya metode linear programming. Linear Programming merupakan model umum yang bisa dipakai dalam pengalokasian sumber-sumber yang terbatas secara optimal (maksimasi dan minimasi). Masalah itu muncul jika seseorang harus menentukan atau memilih level masing-masing kegiatan yang akan dilakukan, dimana setiap kegiatan memerlukan sumber yang sama sedangkan jumlah sumbernya terbatas. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana menentukan jumlah produk sofa yang harus di produksi pada IKM Noni Meubel dengan metode linear programming dan Bagaimana keuntungan optimalisasi dari jumlah produksi sofa pada IKM Noni Meubel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah produksi produk sofa optimal pada IKM Noni Meubel dan keuntungan optimal yang akan didapatkan Noni Meubel.

Kata Kunci


Noni Meubel, Linear Programming

Teks Lengkap:

PDF Tidak berjudul PDF

Referensi


Ginting, Rosani. Sistem Produksi. Edisi pertama, Cetakan pertama. 2007, Penertbit Graha Ilmu

Hilman, M. (2019). Optimasi Jumlah Produksi Produk Furniture Pada PD. Surya Mebel di Kecamatan Cipaku DenganMetode Linear Programing.

Hilman, M. (2019). Optimasi Proses Produksi Produk Makanan Pada UKM Makanan di Kabupaten Ciamis dengan Metode Integral Linear Programming.

Inayati, Khoirul. (2013). Penentuan Jumlah Produksi Optimal Untuk Memaksimalkan Laba Dengan Metode Linear Programming Studi Kasus di PT. Salavy Dwi Sejahtera Magelang. Program Studi Teknik Industri Fakultas SAINS dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nasution, A.H dan Yudha Prasetyawan. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. 2008 ,Penerbit Graha Ilmu

Ristono, Agus. Manajemen Persediaan Edisi Pertama, Cetakan Kedua 2017, Penerbit Graha Ilmu

Tjuju Tarliah Dimyati – Akhmad Dimyati, Operation Research, Penerbit Sinar Baru Algensindo, 2015


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324