STRATEGI PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK SOFA INUL DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) PADA IKM NONI MEUBEL DI BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS

Ipan Septiana

Sari


Pengendalian kualitas adalah salah satu teknik yang digunakan dalam proses yang dilakukan sebelum berjalannya proses produksi pada, saat proses produksi hingga berakhirnya proses produksi dengan menghasilkan produk akhir. Saat ini kualitas merupakan salah satu strategi yang digunakan untuk memenangkan persaingan diantara banyak produk lainnya yang beredar dipasaran. Permasalahan yang dihadapi oleh IKM NONI MEUBEL adalah perusahaan masih sering menemukan produk cacat setiap proses produksinya. Dengan menerapkan metode Statistical Process Control (SPC). Metode Statistical Process Control (SPC) mengunaan diagram pareto adalah untuk menentukan kecacatan yang paling dominan, peta kendali C adalah untuk mencari tahu apa faktor terbesar yang menyebabkan kecacatan dan untuk mengetahui jenis kecacatan terbesar dari produk. Dari perhitungan dapat diketahui jenis kecacatan yang terjadi adalah cacat C kayu retak dengan frekuensi 21, cacat bagian D jahitan tidak rapih dengan frekuensi 15, cacat bagian A kain sobek dengan frekuensi 9 dan cacat bagian B pemotongan kain tidak sesuai dengan frekuensi 8. Setelah mengurutkan cacat berdasarkan jumlah cacat yaitu C, D, A, B, lalu dihitung persentase jumlah cacat dan dikumulatifkan, hasil jumlah kumulatif tersebut dari keempat jenis yang cacat terdapat 47%.

Kata Kunci


IKM NONI MEUBEL, Sofa Inul, Statistical Process Control (SPC)

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Eugene L. Grant. Richard S. Leavenworth (1995). PENGENDALIAN MUTU STATISTIS. Edisi Keenam Jilid 2. Dicetak oleh P.T Gelora Aksara Pratama.

DOUGLAS C. MONTGOMERY (1990). PENGANTAR PENGENDALIAN KUALITAS STATISTIK. Gajah Mada University Press.

Hana Catur Wahyuni, S.T., M.T. Wiwik Sulistiyowati, S.T., M.T. Muhammad Khamim, S.T (2015). PENGENDALIAN KUALITAS. GRAHA ILMU.

HENDY TANNADY (2015). PENGENDALIAN KUALITAS. GRAHA ILMU.

IRWAN – DIDI HARYONO (2015). Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Teoritis dan Aplikatif).

Aristriyana, E. (2009). STRATEGI PENGENDALIAN KUALITAS PADA PRODUK KURSI PINGUIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) PADA IKM ALDO MEBEL DI PAMARICAN KABUPATEN CIAMIS.

Jurnal Hilmawan, Aldik, Pengendalian Kualitas Statistical Process Control Produk Gendeng di UKM Super Soka Jepara. Semarang : Universitas Dian Nuswanto.

Jurnal Dyah Lintang Trenggonowati, Nur’aini Minati Arafiany. Pengendalian Kualitas Produk Baja Tulangan Sirip 25 Dengan Menggunakan Metode SPC di PT. Krakatau Wajatama Tbk. Banten : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Jurnal Robertus Sidartawan, Analisa Pengendalian Proses Produksi Snack Menggunakan Metode Statistical Process Control (SPC). Jember : Universitas Jember.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324