MENENTUKAN JUMLAH PERSEDIAN BAHAN BAKU ALUMUNIUM PADA IKM BUNGA MATAHARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE EQONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ)

Wildan Agung Darmawan

Sari


IKM Bunga Matahari bergerak dalam produksi alat-alat dapur seperti wajan dll. IKM Bunga Matahari memiliki masalah mengenai pasokan bahan baku, masalah yang sering terjadi adalah bahwa ada hambatan dalam perjalanan sehingga barang tidak sampai di waktu yang diinginkan dan sering menghambat proses produksi karena kurangnya bahan baku.Masalah yang dipecahkan dalam penelitian ini adalah bagaimana merencanakan pasokan bahan baku aluminium menggunakan metode Eqonomic Order Quantity (EOQ) pada IKM Bunga Matahari di Cikoneng, Kabupaten CiamisBerdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa total persediaan didasarkan pada kebijakan perusahaan. Hasil perhitungan dengan Metode EOQ berjumlah 144,6 ton dengan frekuensi pembelian sebanyak 18 kali. Stok pengaman berdasarkan metode EOQ dapat diterapkan pada 0,488 ton. Pemesanan ulang berdasarkan metode EOQ mengharuskan perusahaan untuk memesan ulang setiap 15 hari, dengan persediaan maksimum yang harus dipelihara perusahaan adalah 8,576 ton. Total biaya persediaan menggunakan metode EOQ bahan baku adalah Rp. 13.800.868.068 dan total biaya persediaan yang dihemat oleh perusahaan adalah Rp. 667.131.032. Dengan demikian membuktikan bahwa TIC sebelum EOQ lebih optimal daripada TIC setelah EOQ sehingga dengan menggunakan metode perhitungan EOQ dapat melakukan efisiensi pada biaya persediaan dibandingkan dengan kebijakan perusahaan dan dapat digunakan sebagai kontrol persediaan bahan baku karena menggunakan metode perhitungan EOQ dapat menghasilkan minimal biaya.

Kata Kunci


IKM Bunga Matahari, Menghitung Jumlah Bahan Baku, Economic Order Quantity (EOQ).

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Agus Ristono, Manajemen Persediaan Edisi Kedua, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta, 2017.

Aristriyana, E. (2019). Perencanaan Persediaan Bahan Baku Pada Perusahaan Sri Jaya Di Cikoneng Dengan Metode EOQ (Economic Order Quantity).

Darmawan, G. A., Cipta, W., Yulianthini, N. N., & S.E, M. (2015). Penerapan Economic Order Quantity (EOQ) Dalam Pengelolaan Persediaan Bahan Baku Tepung Pada Usaha Pia Ariawan Di Desa Banyuning Tahun 2013. Jurnal Jurusan Manajemen.

Freddy Rangkuti, Manajemen Persediaan, Edisi Kedua, Penerbit Pt Rajagrafindo Persada,

Indrayati, R. (2007). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Metode EOQ (Economic Order Quantity) Pada PT. Tipota Furnishings Jepara (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Pramesti, Wahyu. Analisis Perhitungan Economic Order Quantity (EOQ) Sebagai Pengendalian Persediaan Bahan Baku (Study Pada PT. Iskandar Indah Printing Textile). Iain Surakarta, 2018

Rosnani Ginting, Sistem Produksi, Edisi Pertama, Penerbit Graha Ilmu, 2017.

Simbar, M., Katiandagho, T. M., Lolowang, T. F., & Baroleh, J. (2014). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kayu Cempaka Pada Industri Mebel Dengan Menggunakan Metode EOQ (Studi Kasus Pada UD. Batu Zaman).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324