ANALISIS MESIN PEMUTAR ES KRIM DENGAN SISTEM CONTROL TIMER

Agus Nurjaman, Zenal Abidin

Sari


Es krim merupakan produk yang terbuat dari kombinasi proses pembekuan dan agitasi pada bahan-bahan yang terdiri dari susu produk susu, pemanis, penstabil, pengemulsi, serta penambah cita rasa. Menurut Standar Nasional Indonesia es krim adalah jenis makanan yang semi padat yang dibuat dengan cara pembekuan tepung es krim atau dari campuran susu lemak hewani maupun nabati dan gula. Bahan utama dalam pembuatan es krim tradisional yaitu santan kelapa selain dari santan kelapa ada bahan lainnya seperti tepung, gula, garam dan kuning telur.Pembuatan es krim tradisional pada umumnya dibuat dengan cara diputar menggunakan tangan yang memerlukan waktu 90 menit, untuk cara pembekuan tabung dalam diputar-putar sehingga adonan menjadi butiran kristal es. Analisis kebutuhan daya penggerak, penerus daya, kecepatan v belt bertujuan memenuhi target permintaan kebutuhan es krim sesuai dengan perencanaan rancangan. Dengan menghitung kebutuhan daya penggerak, penerus daya, kecepatan v belt diperoleh hasil yang sesuai dengan perencanaan. Permintaan pembuatan es krim 100 liter/hari dapat terpenuhi dengan metode memutar tabung dalam es krim dengan daya 1,5 HP dan putaran 1400 rpm untuk  kapasitas tabung 10 liter memerlukan waktu 15 menit.

Kata Kunci


Es Krim, Mesin Pemutar Es Krim, Control Timer

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Hartatie, E. S. (2013). Kajian formulasi (bahan baku, bahan pemantap) dan metode pembuatan terhadap kualitas es krim. Jurnal Gamma, 7(1).

Widiyatmoko, W. (2015). PERANCANGAN, PERAKITAN, DAN PENGUJIAN PERFORMA MESIN PEMBUAT ES KRIM MANUAL KAPASITAS 5 LITER. PETRA: Jurnal Teknologi Pendingin dan Tata Udara, 1(1), 55-72.

Suyadi, S., & Mesin, F. N. R. J. T. (2014). Rancang Bangun Mesin Pembuat Es Puter Dengan Pengaduk Dan Penggerak Motor Listrik. Rekayasa Mesin, 9(2).

Firdausy, K. Pengumuman PKM 2011. Pengumuman PKM 2011.

Muslim, M. (2017). REDESAIN MESIN PEMUTAR DAN REVITALISASI MANAJERIAL PENGUSAHA ES KRIM DI MEDAN. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 23(3), 366-371.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324