STRATEGI PEMASARAN PASTA UBI JALAR PADA PT GALIH ESTETIKA INDONESIA DI KECAMATAN CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN JAWA BARAT

Muhammad Faza Pratama, Indah Setiawati

Abstract


PT Galih Estetika Indonesia is the first company in Indonesia engaged in processing sweet potatoes with the main product being pasta. This study aims to describe the STP strategy, marketing mix and marketing constraints of sweet potato paste products at PT Galih Estetika Indonesia. This research was conducted with descriptive method. The research data were obtained through observation and in-depth interviews with the management of PT Galih Estetika Indonesia. Marketing constraint data is processed using fishbone analysis. Based on the results of STP analysis and marketing mix, sweet potato pasta products from PT Galih Estetika Indonesia can compete with competitors and have a broad market such as Korean and Japanese people who adopt a healthy lifestyle and understand the ingredients of sweet potato. However, marketing at PT Galih Estetika Indonesia still has problems at some time in the form of product color specification discrepancies which result in complaints from buyers. These obstacles arise due to the lack of effectiveness of employees at PT Galih Estetika Indonesia

Keywords


Kata kunci: STP, Bauran pemasaran, kendala pemasaran, analisis fishbone

References


Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. 2021. Prduktivitas Ubi Jalar. Badan Pusat Statistik. Jawa Barat: Badan Pusat Statistik.

Bapeda Kabupaten Kuningan. 2018. Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Kuningan Tahun 2018. Bapeda Kabupaten Kuningan. Kuningan.

Claudia, R., Estiasih, T., Ningtyas, D.W., & Widyastuti, E. (2015). Pengembangan Biskuit Dari Tepung Ubi Jalar Oranye (Ipomoea Batatas L.) Dan Tepung Jagung (Zea Mays) Fermentasi: Kajian Pustaka [In Press September 2015]. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 3(4).

Galih food. 2022. Galih Estetika Indonesi. Diakses pada 28 Desember 2022, dari https://www.galihfood.com .

Gunadi. 2004. Aplikasi Theory Of The Constraints Pada Perusahaan Pengiriman (Studi Kasus PT Nusa Cargo). Jurnal Ekonomi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia( STEI) Jakarta,2(13),73-89.

Hayati, M., Nurhayati, N., Marliah, A., & Khalil, M. (2016). Pertumbuhan dan Hasil Beberapa Klon Ubi Jalar (Ipomoea batatas L.) di Dataran Menengah Saree, Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Floratek, 11(1), 44-50.

Heryanto, E. (2020), Analisis STP Pada Produk Mie Instant Merk Dagang Indomie, Pt Indofood Cbp Sukses Makmur Tbk

Kasyfillah, L., & Setiawati, I. (2022). Pascapanen dan Pemasaran Kopi Arabika Di Pt. Sinar Mayang Lestari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Agricore: Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 7(2), 108-122.

Kotler, Philip (2004). Marketing Management, The Millenium Edition. Englewood Cliffs, New Jersey : Prentice Hall.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Limited.

Kristiana, L. R., & Sunarni, T. (2018). Aplikasi Pendekatan Theory of Constraints pada Maksimasi Throughput Produksi. Jurnal Media Teknik Dan Sistem Industri, 2(2), 11-19.

Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15-26.

Musfar, Tengku Firli. 2020. Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia

Nana Herdiana Abdurrahman. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.

Noer, S.W., Mohammad, W., & Kardiman. (2017). Pemanfaatan Tepung Ubi Jalar (Ipomea Btatas L) Berbagai Varietas Sebagai Bahan Baku Pembuatan Kue Bolu Kukus. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Vol. 3

Pomantow, G. V., Mananeke, L., & Jorie, R. J. (2019). Analisis Segmentasi, Targeting, Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Produk Maxx Coffee Di Hotel Aryaduta Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).

Pratiwi, R. A. (2020). Pengolahan Ubi Jalar Menjadi Aneka olahan makanan. Jurnal Triton, 11(2), 42-50.

Pradipta, A. R., & Musadad, A. (2021). Pengaruh disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di PT galih estetika Indonesia. KINERJA, 18(4), 554-562.

Putri, H. P. S. I. (2022). Meningkatkan Daya Saing Dan Meningkatkan Pangsa Pasar Di Pasar Mie Global PT Indofood Cbp Sukses Makmur Tbk. Jurnal Dunia Bisnis, 2(5).

Rizkianto. (2021), Strategi Pemasaran PT Indofood Sukses Makmur Dalam Pasar Global.

SELVI, A. (2022). Pengaruh Physical Evidence, Islamic Branding, Ethical Problem Dan Religiusitas Intrinsik Terhadap Customer Switching Behavior Dari Bank Konvensional Ke Bank Syariah (Studi Pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia KCP Kotabumi) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Suryo, G. (2018). Pemasaran PT. Charoen Pokphand Indonesia Unit Mojokerto, Jurnal Inovasi Penelitian (JIB) 2(2).

Wijaya, Robby & Widiastri, Faradhita, (2016), Laporan kerja praktek PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Bogasari Flour Mills Surabaya

Wulandari, Kartika, Fanani, Ahmad, & Aliyah (2018). Strategi Bauran Pemasaran PT. Charoen Pokphand Indonesia, Jurnal Informasi Penelitian (JIB), 2(2).

Yunita, P. (2017), Analisis Pembauran Pemasaran Produk PT Dua Kelinci.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v9i2.10587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: