PENGARUH BARISTA TERHADAP SUASANA COFFEE SHOP MELALUI VARIABEL PRODUK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adnan. (2020). Pengaruh Atmosfer Café, Kualitas Produk dan Gaya Hidup terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Dokter Kupi Café di Kota Lhokseumawe). Journal Visoner & Strategis, 9(1), 15–25.
Afriyanti, S., & Rasmikayati, E. (2018). Studi Strategi Pemasaran Terbaik Berdasarkan Perilaku Konsumen Dalam Menghadapi Persaingan Antar Kedai Kopi Di Jatinangor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 3(1), 856–872.
Allegra World Coffee Portal. (2018). US branded coffee shop market exceed 40,800 outlets by 2023, says report. https://www.comunicaffe.com/us-branded-coffee-shop-market-exceed-40800-outlets-by-2023/
Alvarizy, A., & Deliana, Y. (2021a). Kompetensi Barista Dalam Menyampaikan Experiential Marketing Di Coffee Shop Di Kota Bandung. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(2), 1338. https://doi.org/10.25157/ma.v7i2.5338
Alvarizy, A., & Deliana, Y. (2021b). Kompetensi Barista Dalam Menyampaikan Experiential Marketing Di Coffee Shop Di Kota Bandung. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(2), 1338. https://doi.org/10.25157/ma.v7i2.5338
Ang, P. (2010). Philippine Coffee Situation and Outlook. GAIN Report, 7.
Aprilia, C., & Suryani, A. I. (2020). Coffee shop atmospheric effect on customer satisfaction and behavioural intention. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 13(1), 1. https://doi.org/10.26740/bisma.v13n1.p1-13
Ari Medikana, I. N., Ustriyana, I. N. G., & Oka Suryawardani, I. G. A. (2018). Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Kepuasan Dan Keputusan Pembelian Ulang Pada Kopi Made. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), 6(2), 31. https://doi.org/10.24843/jma.2018.v06.i02.p05
Arismunandar, T. M., Hartoyo, H., & Krisnatuti, D. (2019). The Influence of Experiential Marketing on Customer Satisfaction and Loyalty of Corner Coffee Shop in Langsa. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 16(1), 77–85. https://doi.org/10.17358/jma.16.1.77
Artha, C. D. (2019). Peran Pengurus Organisasi Asrama Dalam Melaksanakan Solidaritas Organik Antatr Mahasiswa Di Asrama. Jurnal Keperawatan, 99, 479–486.
Ayuningtyas, S., Maduwinarti, A., Mulyati, D. J., Studi, P., & Bisnis, A. (2022). Pengaruh Store Atmosphere , Cita Rasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan. 216–220.
Binagusto Mochammad, Mukhamad Najib, M. M. A. (2020). Factor Affecting Business Sustainability of Small and Medium Coffee Shop. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 30(3), 308–318. https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2020.30.3.308
Casadesus-masanell, R., & Ricart, J. E. (2009). From Strategy To Business Models And To Tactics. Business, 1–25.
Clinton Mongkol. (2016). Analyzing factors that drive consumer preferences on franchised coffee shops in Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(2), 382–393. https://doi.org/10.35794/emba.v4i2.13049
Cyenny Liong. (2020). 21 Café dan restoran unik dan Instagramable di Bangkok yang menarik dan wajib dikunjungi. Thailand.Tripcanvas.Co. https://thailand.tripcanvas.co/id/bangkok/cafe-restoran-hits/
Dani Hamdan, A. S. (2018). Coffee : Karena selera tidak dapat diperdebatkan (2nd ed.). AgroMedia Pustaka.
Deliana, Y., Hapsari, H., Andriani, R., & Trimo, L. (2018). Factors that affect consumers ’ decision in purchasing coffee. Research Journal of Recent Sciences, 7(1), 1–6.
Dewi Aminatuz Zuhriyah. (2019, August 8). Strategi Starbucks Hadapi Panasnya Kompetisi Bisnis Kopi di Indonesia. Ekonomi.Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20190808/12/1134170/strategi-starbucks-hadapi-panasnya-kompetisi-bisnis-kopi-di-indonesia
Dwi, P., & Utomo, S. (2023). Analisa Pelayanan Barista Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Coffe Shop Starbucks. Administrasi Bisnis, 11(1), 60–67.
Edy Panggabean. (2012). The Secret of Barista (1st ed.). PT WahyuMedia. https://bit.ly/3uNmmaX
Elly Rasmikayati, Pandi Pardian, Hepi Hapsari, Risyad M. Ikhsan, B. R. S. (2017). Kajian sikap dan perilaku konsumen dalam pembelian kopi serta pendapatnya terhadap varian produk dan potensi kedainya. Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 3(2), 117–133. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/mimbaragribisnis/article/view/563
Euromonitor International’s Team. (2022). Coffee. https://www.euromonitor.com/coffee
Eva Rosdiana dan Wachdijono. (2021). Media Sosial , Suasana , Bangunan dan Pengembangan Usaha Coffee Shop pada Era SDGS di Kota Cirebon. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS; Universitas Muhammadiyah Semarang.
Fadhil, R., Nurba, D., Rizal, K., Mahdi, S., Fadhil, R., Nurba, D., Rizal, K., & Mahdi, S. (2022). Strategi pengembangan visualisasi desain kemasan kopi arabika gayo untuk meningkatkan preferensi minat konsumen visualization development strategy of gayo arabica coffee packaging design to increase consumer interest preferences. Teknologi Industri Pertanian, 32(158), 229–238.
Farasa, N., & Kusuma, H. E. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebetahan di Kafe: Perbedaan Preferensi Gender dan Motivasi. Temu Ilmiah IPLBI, 1, 29–34.
Ferreira, J. (2018). Fostering sustainable behaviour in retail: Looking beyond the coffee cup. Social Business, 8(1), 21–28.
Fitria, S. S. (2023, March 18). Sedang Trend! Banyak Coffee Shop Terbaru di Sekitar Daerahmu, Ternyata Ini Alasannya. Radarcirebon.Id. https://bit.ly/coffee_shop_cirebon_2023
Ghozali, I. (2011). Aplikasi multivariate dengan program IBM SPSS 19 (5th ed.). BP Universitas Diponegoro. https://bit.ly/33Po9Rk
Haristianti, V., Raja, M. T. M., & Putri, C. T. (2021). Analisis Faktor Kebetahan Pengunjung Coffee Shop Melalui Penilaian Kinerja Elemen Interior. Jurnal Arsitektur Zonasi, 4(2), 196–209.
Hariyanto. (2019). Riset TOFFIN: Bisnis kedai kopi makin menggeliat di 2019. Industry.Coid, 1. https://bit.ly/39WRxZ5
Hariyanto, A. T., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2022). Pengaruh Cita Rasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Warung Makan Bank One 2 Di Jalan Mastrip Jember). 16(1), 33–39. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.22938
Herda Tri Arnawa, I. K., Oka Saputra, I. G., & Manggala RS, A. (2022). Kualitas Produk dan Pelayanan Barista bagi Kepuasan Konsumen kedai Hermess Kopi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 36(1), 25–34. https://doi.org/10.52318/jisip.2022.v36.1.3
Hudoyo, A., & Aprilyano, T. T. (2022). Analisis Tingkat Kepentingan dan Kinerja Pelayanan Kedai Kopi Ketje dan Lokal Coffee di Kota Metro. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(1), 101–117.
Ilyas, M., & Sari, D. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menjadi Preferensi Konsumen dalam Memilih Coffee Shop di Kota Bandung. EProceedings of Management, 8(4).
Indasari, I., & Bachri, S. (2021). Pengaruh Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mr. Dav Coffee Shop Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako …. https://jimutuntad.com/index.php/jimut/article/view/215
InterActive crew. (2018, December 16). Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda. Interactive.Co.Id. https://bit.ly/strategi_pemasaran_cafe
Joseph A. Michelli. (2006). The Starbucks Experience: 5 Principles for Turning Ordinary Into Extraordinary. Erlangga. https://bit.ly/3sUTkpU
Joseph F. Hair Jr; William C. Black; Barry J. Babin; Rolph E. Anderson. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Prentice Hall International.
Julianti; Nanang Djunaedi. (2019). Strategi Manajemen Pasokan Dan Biaya Produksi Di Kedai Kopi. Manajemen, Ekonomi & Akuntansi, 3(2), 191–205. https://doi.org/10.31955/mea.vol3.iss2.pp19
Junaidi. (2021). Aplikasi AMOS dan Structural Equation Modeling (SEM). In Harmita Sari (Ed.), UPT Unhas Press Keanggotaan: UPT Unhas Press.
Krisnamurthi, B. (2020). Seni Memahami Agribisnis: Pengertian Agribisnis. In Koeh (Ed.), Puspa Swara (1st ed.). Puspa. https://bit.ly/pengertian_agribisnis_bayu_2020
Lala. (2023). Dataran Rendah – Ciri Ciri, Manfaat, Contoh Beserta Gambar. Ekosistem.Co.Id. https://ekosistem.co.id/dataran-rendah/
Lubis, R. M. S. (2020). Studi kelayakan usaha coffee shop komit. Sumatera Utara.
M Arif Dhifan, A. Y. (2022). Penerapan Komunikasi Antarpribadi Barista Contou Coffee Bandung dengan Konsumen dalam Membangun Brand Value. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.3434
MacDonnell, K. (2023). 15 Coffee Consumption Statistics & Facts in Thailand in 2023: Fascinating! Coffeeaffection.Com. https://coffeeaffection.com/coffee-consumption-statistics-in-thailand/
Marliani, G. (2017). Analisis Pengaruh Pembangunan Objek Wisata Sungai Terhadap Pendapatan Masyarakat Lokal Dan Pedagang Tradisional.(Studi Pada Objek Wisata Manara Pandang Piere Tendean Banjarmasin). Scientific, 1(1), 32–41.
Miftah Rizki Putri Pambayun, & Dewi K Soedarsono. (2019). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Barista Terhadap Kepuasan Konsumen. 6(2), 5135–5141. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/10558
Mulyadi, A. I., & Zuhri, S. (2020). Analisis Strategi Brand Image Kedai Kopi “MOENG KOPI” Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 109–124.
Mush’ab Ihsan Mu’tashim, A. S. S. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (studi kasus pada coffee shop di Kota Bogor). Manajemen Dan Organisasi, 10(2), 118–132. https://doi.org/https://doi.org/10.29244/jmo.v10i2.30131
Novan Yurindera. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan Barista dan Promosi di Media Sosial Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Himpunan Kopi Indonesia. Manajemen Bisnis, 24(1), 44–55.
Novia Widya Utami. (2022). Strategi Pemasaran Bisnis Kafe yang Paling Efektif untuk Anda Lakukan. In jurnal.id.
Öztopcu. (2017). Evaluation of Competitive Strategies of Coffee Retailing in Aspect of Market Economy. Business & Management Studies: An International Journal, 5(2), 246–267. https://doi.org/10.15295/bmij.v5i2.89
Patterson, P. G., Scott, J., & Uncles, M. D. (2010). How the local competition defeated a global brand: The case of Starbucks. Australasian Marketing Journal, 18(1), 41–47. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2009.10.001
Popular Articles. (2021, April 8). Strategi Pemasaran Coffee Shop disekitar Area Kampus. Binus.Ac.Id. https://sis.binus.ac.id/2021/04/08/strategi-pemasaran-coffee-shop-disekitar-area-kampus/
Pramatatya, V., Najib, M., & Nurrochmat, D. R. (2015). Pengaruh Atmosfer Kedai Kopi Terhadap Emosi Dan Keputusan Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 12(2), 126–136. https://doi.org/10.17358/jma.12.2.126
Pramita, I. A. P. M., & Parma, I. P. G. (2020). Strategi Peningkatan Kualitas Barista dan Bartender di Hotel Four Points By Sheraton Bali Seminyak. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 3(2), 69–77. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/29078
Pratiwi, V. A., Sulaiman, E., Budiastuti, E., & Ajie, A. (2022). Store Atmosphere and Service Quality on Cafe Consumer Satisfaction. Enrichment: Journal of Management, 12(4), 2893–2900. https://www.enrichment.iocspublisher.org/index.php/enrichment/article/view/740/581
Purnomo, A. K. (2017). Pengaruh Cafe Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Gen Y pada Old Bens Cafe. Jurnal Manajemen Maranatha, 16(2), 133. https://doi.org/10.28932/jmm.v16i2.384
Putri, D. N., & Deliana, Y. (2020). Perbedaan Preferensi Konsumen Generasi Z antara Coffee Shop Besar dan Coffee Shop Kecil di Kecamatan Coblong Kota Bandung. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 77–89.
Putri, N. N. M., & Mukti, G. W. (2020). Kajian Model Inovasi Agribisnis Komoditas Kopi (Studi Kasus di ‘Kopi Sebagai’). Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 339–350.
Rahman, L., & Hari Putri, E. D. (2019). Upaya Meningkatkan Kinerja Barista Untuk Mengurangi Keluhan Tamu Di Rock Gilis Coffee Lombok. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 10(1). https://doi.org/10.31294/khi.v10i1.5620
Rahmawati, D., Pardian, P., Setiawan, I., & Sadeli, A. H. (2021). Komunikasi Pemasaran Coffee Shop dalam Situasi Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Work Coffee Indonesia di Bandung). Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(1), 824–834.
Rasmikayati, E., Deaniera, A. N., Supyandi, D., Sukayat, Y., & Saefudin, B. R. (2020). Analisis Perilaku Konsumen: Pola Pembelian Kopi Serta Preferensi, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Kedai Kopi Consumer Behavior: Purchase Pattern Of Coffee, Preferences, Satisfaction And Loyalty Of Coffee Shop Consumer. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. Juli, 6(2), 969–984.
Rony. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Suasana Café (Store Atmosphere) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Alila Cafe Pontianak). Jurnal Untan, 51(1), 51. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/downloadSuppFile/21867/1521
Schmitt. (2010). Experiential Marketing Bernd Schmite ExperientialNiarketing. January 2013, 37–41.
Soedirlan, N. D., Kurniawan, A., & Tristiyono, B. (2022). Studi Kebutuhan Desain Set Alat Manual Brew Coffee Untuk Coffee Shop Self-Service Dining Experience Dari Bahan Keramik Dan Kayu. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 21(2), 76–82.
Sri Yanti Nainggolan. (2016, September 17). Sikap yang Harus Dimiliki Barista. Medcom.Id. https://www.medcom.id/rona/wisata-kuliner/0k88Wx9k-sikap-yang-harus-dimiliki-barista
statista.com. (2023). Number of coffee shops in the United States from 2018 to 2022. https://www.statista.com/markets/
Sukardi. (2009). The Novelty Issues In The Agroindustrial Research. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 19(2), 115–121.
Sumanto. (2022). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif: untuk Penelitian Sosial, Ekonomi Bisnis, Psikologi, Pendidikan, dan Keperawatan (Edi S. Mulyanta (ed.); 2nd ed.). Andi.
Susanty Aries, & Kenny Eirene. (2015). The Relationship between Brand Equity, Customer Satisfaction, and Brand Loyalty on Coffee Shop: Study of Excelso and Starbucks. Asean Marketing Journal, VII(1), 14–27.
T. Gilarso. (2007). Pengantar ilmu ekonomi mikro (Revisi). Kanisius.
Tran, Q. (2019). Vietnam Coffee Annual 2019. https://bit.ly/3KzGNjG
Umbara, D. S., & Hikmatyar, M. (2020). Pengembangan Pemasaran Kopi Galunggung Menggunakan Sistem E-Commerce. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 178–189.
Wachdijono; Berlyana Febriyanti;, Wibowo, S. N., & Wahyuni, I. T. (2022). The relationship between consumer loyalty and time of innovation through coffee shop product innovation variables The relationship between consumer loyalty and time of innovation through coffee shop product innovation variables. Management and Technology, 1(1), 14–24.
Wachdijono, W., Trisnaningsih, U., & Wahyuni, S. (2019). Analisis Preferensi Konsumen Kopi di Lingkungan Akademik Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon Pada Era Revolusi Industri 4.0. Agriekonomika, 8(2), 181–193. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v8i2.5427
Wachdijono, W., & Yahya, A. C. (2021). Persepsi Konsumen Terhadap Keberadaan Coffee Shop Dan Barista Pada Era Pemasaran Kopi Ke Tiga. Paradigma Agribisnis, 4(1), 11. https://doi.org/10.33603/jpa.v4i2.5886
Waluyowati, N. P., & Bustomi, M. I. G. (2022). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Coffee Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 01(1), 13–18.
Wardhani, F. K., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Pada Pelanggan Coffee Shop Rustic Market Surabaya. Jurnal Sains Sosio …. https://online-journal.unja.ac.id/JSSH/article/view/14169
Wijaya. (2019). Statistika: Teori dan Penerapan dalam Penelitian (Aplikasi MS Excel dan SPSS). Angsara Satu.
Willy Sidewalk. (2019). Barista #No cingcong shut up & brew (1st ed.). AgroMedia Pustaka. https://agromedia.net/katalog/barista-nocingcong/
Wim J Winowatan, I Putu Suarta, M. S. (2021). Customer Satisfaction on Barista Service Wim. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 33–38. https://bit.ly/kepuasan_barista
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v9i2.10749
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Wachdijono Wachdijono Wachdijono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
Fakultas Pertanian Universitas Galuh
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-7602739
Email: mimbaragribisnis@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: