ANALISIS PERBANDINGAN BAURAN PEMASARAN DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK KERIPIK SINGKONG OLAHAN (Suatu Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran)

Meiva Anindya, Iwan Setiawan

Abstract


Adanya fluktuasi penjualan produk keripik singkong diduga karena konsumen yang tidak loyal cenderung mencari produk yang lebih baik dari produk pesaing. Dengan berorientasi pada penerapan kualitas bauran pemasaran dan loyalitas konsumen diharapkan penjualan produk keripik singkong dapat stabil atau meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen, mengetahui perbandingan dan ada atau tidaknya perbedaan bauran pemasaran dan loyalitas konsumen antara merek keripik singkong Qtela, Kusuka, Chuba, dan Maicih. Penelitian ini dirancang secara kuantitatif dengan membandingkan keempat merek keripik singkong. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis nonparametrik Uji Kruskal Wallis. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran dengan jumlah sampel sebanyak 87 orang yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling dan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas konsumen keripik singkong merupakan perempuan dengannusia 21 tahun, rata-rata pengeluaran per bulan sebesar Rp1.000.001 – Rp2.500.000, merek keripik singkong yang paling sering dikonsumsi yaitu Qtela dengan frekuensi mengonsumsi 2-3 kali sebulan, dan alasan konsumen mengonsumsi keripik singkong karena memiliki rasa yang sesuai dengan preferensi mereka. Hasil Uji Kruskal Wallis pada variabel bauran pemasaran dan loyalitas konsumen keripik singkong menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara keripik singkong merek Qtela, Kusuka, Chuba, dan Maicih.

Keywords


Bauran pemasaran, loyalitas konsumen, dan keripik singkong.

References


Afriyanti, S., & Rasmikayati, E. (2018). Studi Strategi Pemasaran Terbaik Berdasarkan Perilaku Konsumen dalam Menghadapi Persaingan Antar Kedai Kopi di Jatinangor. Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 4, 856–872.

Aini, S. N., Syafi, I., & Kuntadi, E. B. (2014). Consumer Behavior for Purchasing Salty Cassava Chips in Bondowoso. Berkala Ilmiah Pertanian, 1(1), 1–8.

Creswell, J. W. (2014). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications, Inc.

Devinasari, Y. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Terhadap Coffee Shop 404 Eatery & Coffee Di Jakarta Timur. Universitas Padjadjaran. Skripsi.

Diana, D., & Hayati, M. (2021). Sikap Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Keripik Singkong Turbo Sakti Di Kabupaten Sumenep. Agriscience, 2(1), 165–183. https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i1.11298

Djuwardi, A. (2009). Cassava Solusi Pemberagaman Kemandirian Pangan. PT Grasindo. https://books.google.co.id/books?id=krSRNyxvsgUC&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Nuryanti, B. L., & Rahman, A. Y. (2008). Pengaruh Variasi dan Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Teh Kotak Ultrajaya (Survei pada Mahasiswa FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia). Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 8(2), 31. https://doi.org/10.17509/strategic.v8i2.1022

Raharjo, R. M., & Mulyanto, H. (2018). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Minat Beli Konsumen Keripik Singkong. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 15(1), 109. https://doi.org/10.33370/jmk.v15i1.198

Rasmikayati, E., Fauziah, Y. D., Trimo, L., Andriani, R., Kusumo, B., & Saefudin, B. R. (2021). Analisis Karakteristik Konsumen Produk Olahan Mangga Ditinjau Dari Aspek Demografis, Geografis, Psikografis Serta Perilaku Konsumen Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(2), 1618–1638.

Riawati, N., & D.K, N. (2019). Peningkatan Produktivitas Usaha Keripik Singkong Melalui Pelatihan dan Pendampingan Teknologi Tepat Guna di Desa Sumber Anyar Kabupaten Bondowoso. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 5(1). https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v5i1.5156

Riszinin, Y. M., & Nugroho, T. R. D. . (2022). Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Keripik Singkong di UD. Sumber Mutiara Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang. Agriscience, 3(1), 58–71. https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i1.15209

Rohaya, R., & Wahid, N. A. (2014). Pengaruh Stabilitas Uang Kertas Terhadap Inflasi Ditinjau Menurut Fiqh Muamalah. Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 3(1), 56–79. https://doi.org/10.22373/share.v3i1.1055

Sugiono, M. (2017). Pengaruh Loyalitas Konsumen. Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang Keripik Singkong di Sumenep (Studi Kasus pada Keripik Singkong Muris dan Bintang 9). http://eprints.perbanas.ac.id/5925/1/ARTIKEL.pdf

Sujarweni, V. W. (2021). Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Press.

Tama, R. T. (2014). Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Univeritas Negeri Yogyakarta. Skripsi.

Top Brand Award. (2022). Top Brand Index Fase 2 2022. Diakses pada 2 Oktober 2022, dari https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/

Triyasari, S. R., Tamami, N. D., & Pangestu, L. (2022). FoMO: Loyalitas Konsumen Berdasarkan Brand Experience Produk Olahan Singkong Asli Madura. Agrikultura, 33(1), 106. https://doi.org/10.24198/agrikultura.v33i1.37154




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v9i2.10763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Meiva Anindya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: