PENGARUH ATRIBUT PREFERENSI DAN FAKTOR SOSIAL EKONOMI KONSUMEN TERHADAP KONSUMSI ROTI BULAT PRODUKSI EDUFOOD AGROINDUSTRI SMKN 1 PACET CIANJUR

Mohamad Fadholi, Euis Dasipah, Karyana KS

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap produksi roti Edufood Agroindustri di SMKN 1 Pacet Cianjur dan untuk mengetahui pengaruh preferensi konsumen dan factor sosial ekonomi terhadap konsumsi roti bulat. Responden ditentukan dengan keacakan sederhana yang diperoleh sebanyak 70 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis CSI (Customer’s Satisfaction Index), dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa kinerja prefensi konsumen terhadap roti bundar produksi Edufood Agroindustri di SMKN 1 Pacet Kabupaten Cianjur, yang terdiri dari: Tekstur; Membentuk; Rasa; Kemasan; Aroma; dan Warna mencapai 78,27% kriteria baik. Kinerja Faktor Sosial Ekonomi Konsumen Roti Bulat Produksi Edufood Agroindustri SMKN 1 Pacet yang terdiri dari, harga roti, penghasilan, usia, dan kemudahan memperolehnya diperoleh pencapaian 76,25% kriteria baik. Kinerja konsumsi roti bundar yang dihasilkan oleh Edufood Agroindustri di SMKN 1 Pacet, diperoleh capaian sebesar 58,57% dengan kriteria cukup. Kepuasan konsumen roti bundar produksi Edufood Agroindustri SMKN 1 Pacet ditunjukkan oleh CSI (Costumer’s Satisfaction Index) angka 78,05, dengan tingkat/kriteria: Puas. Atribut Preferensi Konsumen dan Faktor Sosial Ekonomi Konsumen berpengaruh terhadap konsumsi roti bundar produksi Edufood Agroindustri di SMKN 1 Pacet. Atribut preferensi yang mempengaruhi adalah kemasan dan rasa. Untuk atribut lainnya Tekstur, membentuk, aroma, dan warna menunjukkan efek yang tidak nyata. Selanjutnya, factor sosial ekonomi konsumen untuk: pendapatan, usia, dan kemudahan memperolehnya menunjukkan pengaruh positif yang signifikan sedangkan harga roti tidak berpengaruh dengan arah negatif.

Keywords


Preferensi, Sosial Ekonomi, Konsumsi, Roti

References


Elvina. 2018. Pengaruh Pendapatan dan Komsumsi terhadap Perilaku Konsumen di Kabupaten Labuhanbatu. J. Ecobisma. 5(2):120–129.

Indrawijaya S. 2012. Pengaruh Kualitas Produk Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Roti Manis Pada Industri Kecil Di Kabupaten Sarolangun. J. Manaj. Terap. dan Keuang. 1(3):193–208.

Maligan JM, Amana M, Dwi W, Putri R. 2018. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Karakteristik Organoleptik Produk Roti Manis Di Kota Malang. J. Pangan dan Agroindustri. 6(2):86–93.

Maligan JM, Salsabella F, Wulan SN. 2018. PRODUK ROTI GANDUM UTUH DI KOTA MALANG JAWA TIMUR Consumer Preference Test on Organoleptic Characteristics of Whole Wheat Bread Products in Malang City East Java. 6(4):70–76.

Mulyani. 2020. Analisis Preferensi Konsumen terhadap Kopi Lokal Di Kota Jambi. J. Agri Sains. 4(2):118–122.

Nugraha A, Sumarwan U, Simanjuntak M. 2017. Faktor Determinan Preferensi dan Perilaku Konsumsi Teh Hitam dan Hijau. J. Manaj. dan Agribisnis. 14(3):198–208.doi:10.17358/jma.14.3.198.

Rizka SK, Purnamadewi YL, Hasanah N. 2018. Produk Roti dalam Pola Konsumsi Pangan dan Keberadaan Label Halal dalam Keputusan Konsumsi Masyarakat (Kasus: Kota Bogor). Al-Muzara’ah. 6(1):15–27.doi:10.29244/jam.6.1.15-27.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v9i2.10857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mohamad Fadholi, Euis Dasipah, Karyana KS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: