Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi dan Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Buhun Kabupaten Sumedang

Undang Sonjaya, Dety Sukmawati, Euis Dasipah

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui preferensi konsumen dalam menentukan preferensi dan keputusan pembelian konsumen kopi Buhun. Konsumen Kopi Buhun Nagarawangi didominasi oleh pria  pada rentang usia 26-45 tahun. Sebagian besar konsumen yang merupakan wiraswasta yang berdomisili di Kabupaten Sumedang. Pendidikan terakhir konsumen adalah  sarjana dan memiliki pendapatan per bulan Rp. 4.000.000,- Rp. 6.000.000,-. Pada hasil uji F seluruh variable menunjukkan nilai signifikansi di atas 0,05 yaitu 0,36 yang menyatakan bahwa setiap variable tidak berpengaruh nyata secara simultan. Hal tersebut menandakan bahwa secara umum konsumen memiliki persepsi dan keputusan yang hamper sama. Hasil  Uji T ditujukan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variable secara parsial. Nilai signifikansi Uji T adalah 0,017  yang menyatakan bahwa variaebl tersebut berpengaruh nyata secara partial pada variable aroma. Variabel citarasa menunjukkan nilai 0,096, meskipun secara matematis tidak berpengaruh nyata, akan tetapi nilai Tingkat pencapaiannya sebesar 81,11%. Kopi Buhun memiliki kekuatan produk dari segi citarasa dan aroma kopi. Citarasa dan Aroma kopi yang khas menjadi sebuah keunggulan. Kopi buhun nagarawangi memiliki kekuatan product yang baik.

Keywords


Preferensi, Keputusan Pembelian, Karakteristik

References


ICO. (2020). ICO. International Coffee Organization. Www.Ico.Org.

Kozier, B., Glenora, E., Audrey, B., & Snyder, J. S. (2010). Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik. EGC.

Liunima, M. G. M., Sutriningsih, A., & A.F, S. M. (2017). Hubungan Antara Konsumsi Kopi Dengan Tingkat Stres Pada Dewasa Muda Ikatan Keluarga Besar (IKB) Nekmese Di Kota Malang. Nursing News, 2(3), 8.

Luis, F., & Moncayo, G. (2017). Peluang Usaha IKM Kopi. Kementrian Perindustrian Republik Indonesia.

Maharani, Y., Soedarsono, W. K., & Hanson, E. K. (2011). Place Attachment di Pusat Perbelanjaan di Bandung Studi Kasus: Bandung Indang Plaza (BIP), Bandung Supermal (BSM), Cihampelas Walk (Ciwalk), dan Paris Van Java (PVJ). Seminar Nasional Life Style and Architecture, 331–338.

Nurikhsan, F., Indirianie, W. S., & Safitri, D. (2019). Fenomena coffee shop di kalangan konsumen remaja. Widya Komunika, 9, 137–144.

Rahardjo, C. R. (2016). Faktor yang menjadi preferensi konsumen dalam membeli produk frozen food. Jurnal Manajemendan Start-Up Bisnis, 1(1), 32–43.

Setiati, G., Santosa, I., & Syarief, A. (2015). Gender dan Place Attachment Pada Coffee Shop Di Bandung. Jurnal Sosioteknologi, 14(2).

Simamora, B. (2005). Analisis Multivariat Pemasaran. Gramedia Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v9i2.10859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Undang Sonjaya, Dety Sukmawati, Euis Dasipah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: