Analisis Faktor-faktor Yang Memengaruhi Permintaan Ayam Broiler Dan Ayam Kampung Di Pasar Tradisional Kota Cilegon

Laurent Dhita, Agus Setiadi, Siswanto Imam Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan ayam broiler dan ayam kampung serta perbedaan permintaan ayam broiler dan ayam kampung di Pasar Tradisional Kota Cilegon. Lokasi penelitian yaitu di Pasar Tradisional Kota Cilegon. Metode penelitian yaitu survey. Pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling kepada 150 responden ayam broiler dan 152 responden ayam kampung yang telah melakukan pembelian ayam broiler dan ayam kampung di Pasar Tradisional Kota Cilegon. Metode analisis yaitu uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji F, uji T, dan independent sample t-test. Hasil penelitian untuk ayam broiler diperoleh variabel barang, pendapatan, dan selera secara parsial berpengaruh terhadap permintaan ayam broiler di Pasar Tradisional Kota Cilegon, sedangkan variabel harga barang pengganti dan jumlah tanggungan secara parsial tidak berpengaruh terhadap permintaan ayam broiler di Pasar Tradisional Kota Cilegon. Hasil penelitian untuk ayam kampung diperoleh variabel pendapatan parsial berpengaruh terhadap permintaan ayam kampung di Pasar Tradisional Kota Cilegon, sedangkan variabel harga barang, harga barang pengganti, selera dan jumlah tanggungan secara parsial tidak berpengaruh terhadap permintaan ayam kampung di Pasar Tradisional Kota Cilegon. Hasil independent sample t-test yaitu terdapat perbedaan signifikan antara permintaan ayam broiler dan ayam kampung di Pasar Tradisional Kota Cilegon.

Keywords


Ayam Broiler, Ayam Kampung, Permintaan

References


Amelia, D. P., S. H. Pusrnomo, dan Sudiyono. 2018. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan daging ayam kampung di Pasar Tradisional Kota Surakarta. J. Sains Peternakan. 6 (1): 23 – 29.

Astuti, D. S. dan M. Lutfi. 2019. Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen. 9 (2): 132 – 144.

Hasriani, Arifin, dan A. A. Pata. 2019. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan ayam kampung di Kabupaten Maros. J. Agribis. 1 (1): 53 – 64.

Maulana, A., Fahriansah, dan N. Safarida. 2021. Analisis tingkat elastisitas permintaan dan penawaran ayam potong di pasar kota Langsa. J. Ilmiah mahasiswa. 3 (2): 173 – 196.

Murti, A. T., K. S. Suroto, dan H. Karamina. 2020. Analisis keuntungan usaha peternakan ayam broiler pola mandiri di Kabupaten Malang. J. Sosial Ekonomi Pertanian. 14 (1): 40 – 54.

Oktovan, 2020. Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah pembelian telur ayam ras oleh konsumen di Pasar Terong Kota Makassar. Skripsi. Fakultas Peternakan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Pahlavi, B. A., dan Y. Afiza. 2020. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi konsumen dalam pembelian telur ayam buras di Kelurahan Tembilahan Kota. J. Agribisnis UNISI. 9 (1): 36 – 46.

Prastyo, D., dan I N. Kartika. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi ayam broiler di Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. J. Kependudukan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia. 13 (2): 77 – 86.

Rahmat, W. 2017. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan daging ayam broiler pada rumah tangga di Kota Padang Panjang. Skripsi. Fakultas Peternakan. Universitas Andalas. Padang.

Ritonga, D. A. 2018. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan ayam kampung (Gallus Domesticus) di Kecamatan Medan Area (Studi kasus: Pasar Sukaramao, Kecamatan Medan Area, Medan Kota). Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan.

Sahril, 2021. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen membeli ayam broiler di UD. 79 Basmallah Bumo Tamalanrea Permai (BTP). Skripsi. Fakultas Peternakan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Salam, S., A. Fatahilah, D. Sunarti, dan Sunarti. 2013. Berat karkas dan lemak abdominal ayam broiler yang diberi tepung jintan hitam (Nigella sativa) dalam ransum selama musim panas. J. Penelitian Ilmu Peternakan. 11 (2): 84 – 90.

Sarina, 2020. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan daging ayam broiler (Gallus domesticus) di Kota Tarakan. Fakultas Pertanian. Universitas Borneo Tarakan. Tarakan.

Sitorus, S. A., H. Hasyim, dan M Jufri. 2016. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran telur ayam ras (studi kasus: Pasar Petisah Kecamatan Medan Petisah). Journal Of Agriculture and agribusiness socioeconomics. 4 (10): 1 – 15.

Sjahrudin, H., A. Qarinah, N. Razak, dan P. N. S. Pascawati. 2022. Pengaruh promosi online dan perilaku konsumen terhadap pengambilan keputusan pembeliaan ayam pedaging. J. Ilmu Manajemen. 10 (4): 1037 – 1047.

Sugiardi. 2021. Pengaruh karakteristik konsumen rumah tangga terhadap konsumsi telur ayam ras di Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Skripsi. Fakultas Peternakan. Universitas Jambi. Jambi.

Utiah, M. P., J. K. J. Kalangi, dan F. N. S, Oroh. 2021. Analisis perbedaan perilaku konsumen pembelian daging ayam ras pada pasar tradisional dan modern di Kota Manado.

Wardandy, I. S., Mukson, W. D. Prastiwi. 2022. Faktor-faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian Daging Ayam Broiler. J. Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK. 18 (1): 1 - 16.

Zulhazmi, M. F. 2021. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan daging ayam broiler oleh rumah tangga di Kelurahan Semolowaru. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v10i1.12003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Laurent Dhita, Agus Setiadi, Siswanto Imam Santoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: