Persepsi Konsumen Usaha Bakeri Terhadap Kemasan Plastik dan Green Packaging Berbahan Dasar Kertas
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Badan Pusat Statistik. (2023). Kabupaten Indramayu dalam Angka 2023. https://indramayukab.bps.go.id/
Burano, R. sepriyanti, & Siska, T. Y. (2019). Pengaruh Karakteristik Petani Dengan Pendapatan Petani Padi Sawah. Menara Ilmu, XIII(10), 68–74.
Deliana, Y., Fatimah, S., & Trimo, L. (2020). Consumer Preference of Plastic Packaging as Green Packaging Prediction with Hebbian Neural Network Analysis. 11(1), 735–753.
Djohan, A. I. (2017). Perancangan Green Manufacturing pada Virgin Cake and Bakery Semarang. Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.
Eightiani Devi, A. (2021). Pengaruh Penambahan Tepung Sukun dan Proses Pemanggangan Terhadap Karakteristik Fisik dan Sensori pada Brownies Panggang. Thesis for Faculty of Agricultural Technology UNIKA Soegijapranata.
Endang, W. (2010). Pengaruh Kepercayaan Dan Umur Terhadap Kinerja Individual Dalam Penggunaan Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis.
Haya, A. F. (2022). Peran Home Industry Roti Della Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Bachelor Thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Hermawan, H. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia.
Irwandi, Eka Putri, Y., & Mikharatunnisa. (2020). Kemasan Sekunder Three In One Terhadap Minat Beli Konsumen pada Madu Sumbawa. Jurnal TAMBORA. https://doi.org/10.36761/jt.v4i2a.781
Isa, S. M., & Yao, P. X. (2013). Investigating the preference for green packaging in consumer product choices: A choice-based conjoint approach. Business Management Dynamics, 3(2), 84–96. https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=bth&AN=110238159&site=ehost-live
James, W. (2018). The principles of psychology. Personality.Culture.Society. https://doi.org/10.30936/1606-951x-2018-20-3/4-27-64
Julina. (2016). Analisis Pengetahuan Lingkungan dan Perilaku Ramah Lingkungan Berdasarkan Gender dan Tingkat Pendidikan di Kota Pekanbaru. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender. https://doi.org/10.24014/marwah.v15i2.2650
Kenesei, Z., & Todd, S. (2003). The Use of Price in The Purchase Decision. Journal of Empirical Generalisations in Marketing Science.
Kholis, M. (2010). Peran Home Industry Sabun Jelly “Ls” Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Tambi Lor Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu.
Koenig-Lewis, N., Grazzini, L., & Palmer, A. (2022). Cakes in plastic: A study of implicit associations of compostable bio-based versus plastic food packaging. Resources, Conservation and Recycling. https://doi.org/10.1016/j.resconrec.2021.105977
Laelasari, E., Anwar, A., & Puspita, T. (2021). Perbandingan Risiko Kesehatan Penggunaan Aditif Ftalat Dan Non Ftalat Pada Bahan Plastik Kemasan Makanan. Jurnal Ekologi Kesehatan, 20(1), 21–35. https://doi.org/10.22435/jek.v20i1.3683
Lestari, D. D. (2021). Produksi Bersih Industri Roti di Kota Pontianak. Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, 9(1), 042. https://doi.org/10.26418/jtllb.v9i1.44205
Mandang, M., Sondakh, M. F. L., & Laoh, O. E. H. (2020). Karakteristik Petani Berlahan Sempit Di Desa Tolok Kecamatan Tompaso. Agri-Sosioekonomi, 16(1), 105. https://doi.org/10.35791/agrsosek.16.1.2020.27131
Marleen, S. (2008). Teknologi Pengemasan Pangan. Widya Padjadjaran.
McCarty, J. A., Shrum, L. J., & Lowrey, T. M. (2010). Environmental Consumer Behavior. In Wiley International Encyclopedia of Marketing. https://doi.org/10.1002/9781444316568.wiem03022
Munandar, J. M., Udin, F., & Amelia, M. (2013). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan Di Bogor. J. Teknologi Industri Pertanian.
Nawangpalupi, C. B., & Pratama, F. K. (2011). Identifikasi dan Segmentasi Kesadaran Lingkungan Konsumen dan Produsen Terhadap Produk Berkemasan. Research Report - Engineering Science UNPAR, Vol. 1.
Nugraheni, M. (2018). Kemasan Pangan. In Plantaxia.
Nurrochmad Ismail, R., Lailatul Qadariyah, U., Aris Setiawan, D., Iman Rachmadi, M., Nugraha Ibnu Abdillah, T., Luh Putu Hariastuti, N., & Teknologi Adhitama Surabaya, I. (2023). Strategi Bisnis Untuk Mengembangkan Produk Kemasan Kertas Carton Box Dan Single Face Sebagai Produk Unggulan Pt. Xyz Menggunakan Bmc, Analisis Swot Dan Qspm. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan III (SENASTITAN III), Senastitan Iii.
Nursyaeerah, S. (2016). The Factors of Practising Green Pakaging Adoption Among Food Industry Around Melaka. University of Teknikal Malaysia Melaka, June.
Okunola A, A., Kehinde I, O., Oluwaseun, A., & Olufiropo E, A. (2019). Public and Environmental Health Effects of Plastic Wastes Disposal: A Review. Journal of Toxicology and Risk Assessment, 5(2). https://doi.org/10.23937/2572-4061.1510021
Orvala, V., Yusiana, S., & Ningrum, L. (2019). Analisa Konsep Usaha Roti Dalam Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia. Ikra-Ith Humaniora ….
Perdana, W. W. (2019). Perencanaan Industri Roti Kaffah Di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Agroscience (Agsci), 9(1), 41. https://doi.org/10.35194/agsci.v9i1.634
Pramudiastuti, L., Relawati, R., & Sudibyo, R. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Ramah Lingkungan dalam Pembelian Minuman Kemasan di Universitas Muhammadiyah Malang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.02.23
Pratiwi, Y. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Memilih Produk Roti Di UKM Roti Aisyah Pejogol. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31941/delta.v9i1.1277
Priambudi, A. N., & Deliana, Y. (2021). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Penggunaan Green Packaging Di Masyarakat Dki Jakarta. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(1), 49. https://doi.org/10.25157/ma.v7i1.3865
Rahayu, S. (2017). Strategi Kapabilitas Pemasaran Hijau Sebagai Upaya Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Buletin Ekonomi, 15(2), 155–303.
Rahma, K., & Airlangga, E. (2020). Pengaruh Cita Rasa, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadao Minat Beli Konsumen dI Reza Bakery Padangsidimpuan. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 149–155.
Rahmawati, R., Kurnianto, M. A., & Munarko, H. (2022). Teknologi Bakery dalam Terapan (Issue August).
Sahetapy, S. Y., & Noach, R. M. (2021). Buying Mechanism of Green Products: Proceedings of the International Conference on Applied Science and Technology on Social Science (ICAST-SS 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.210424.033
Santoso, I., & Fitriani, R. (2016). Green Packaging, Green Product, Green Advertising, Persepsi, dan Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(2), 147–158. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.2.147
Sari, A. P. S., Ritonga, M. R. S., Aulia, R., Syahfitri, W., & Firmansyah, H. (2022). Pemberdayaan dan Pengembangan UKM sebagai Pendorong Ekonomi Desa (Studi Kasus pada Desa Kramat Gajah, Kecamatan Galang, Sumatera Utara). Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1262–1269. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.11198
Sari, R. D. (2023). Analisis Persepsi dan Preferensi Konsumen Pada Kualitas, Kemasan, Varian Rasa dan Merek Produk Kerupuk Melarat di Desa Belendung Karawang. Journal on Education, September-Desember 2023, Hal. 4543-4551, Volume 06, 4543–4551.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Tambunan, E., Purba, M. L., & Idahwati, I. (2022). Pelatihan Pembuatan Aneka Kue Bolu Peluang Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Sei Sikambing Di Kecamatan Medan Petisah. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(1), 274–280. http://114.7.97.221/index.php/JAM/article/view/2655%0Ahttp://114.7.97.221/index.php/JAM/article/download/2655/1785
Venkatesh, V., Morris, M., Davis, G., & Davis, F. (2003). Technologi Acceptance Model - Research. MIS Quarterly.
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Fakultas Psikologi UGM.
Wandosell, G., Parra-Meroño, M. C., Alcayde, A., & Baños, R. (2021). Green packaging from consumer and business perspectives. Sustainability (Switzerland), 13(3), 1–19. https://doi.org/10.3390/su13031356
Widyawati, N. (2015). Eksplorasi Olahan Makanan Berbasis Biji Gandum Domestik (Triticum aestivum L.Varietas Dewata) melalui Uji Organoleptik. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 04(02), 66–73. https://doi.org/10.17728/jatp.2015.13
Yudianto, A., & Anik, N. (2021). Pengembangan Manajemen Usaha dan Analisa Kemampulabaan IKM Donat Gincu Cake dan Bakery Jatibarang. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.1, No., 357–382. https://doi.org/10.31857/s013116462104007x
Zhang, Q., Zhao, Q., Zhao, X., & Tang, L. (2020). On the introduction of green product to a market with environmentally conscious consumers. Computers and Industrial Engineering, 139, 106190. https://doi.org/10.1016/j.cie.2019.106190
Zsóka, Á., Szerényi, Z. M., Széchy, A., & Kocsis, T. (2013). Greening Due to Environmental Education? Environmental Knowledge, Attitudes, Consumer Behavior and Everyday Pro-Environmental Activities of Hungarian High School and University Students. Journal of Cleaner Production. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2012.11.030
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v10i1.12199
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Wily Andani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
Fakultas Pertanian Universitas Galuh
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-7602739
Email: mimbaragribisnis@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: