Persepsi dan Minat Terhadap Penggunaan Green Packaging Pada UMKM Makanan di Kota Bandung
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amalia, N., & Deliana, Y. (2021). Hubungan Pengetahuan Terhadap Perilaku Penggunaan Green Packaging di Masyarakat Kota Bandung, Jawa Barat. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(1), 38–48.
Astiana, R., Kartika, T., & Tawakal, M. I. (2022). Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Wisata di Kampung Wisata Cibiru. BEMAS: JURNAL BERMASYARAKAT, 3(1), 50–58.
Auliandri, T. A., Thoyib, A., Rohman, F., & Rofiq, A. (2018). Does green packaging matter as a business strategy? Exploring young consumers’ consumption in an emerging market. Problems and Perspectives in Management, 16(2), 376–384. https://doi.org/10.21511/ppm.16(2).2018.34
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fifth Edition). Los Angeles: SAGE Publications.
Dinas Koperasi dan UMKM. (2022). Jumlah UMKM di Kota Bandung. Retrieved January 29, 2023, from Open Data Jabar website: https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset
Fijriah, N. (2021). Pengaruh Persepsi Terhadap Minat Mahasiswa Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro Angkatan 2018). Institut Agama Islam Negeri Metro, Metro.
Ginting, M., & Yuliawan, E. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Kasus pada STMIK Mikroskil Medan). Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 5(1), 61–70. https://doi.org/10.55601/jwem.v5i1.226
Hanifah, H. N., Hidayati, N., & Mutiarni, R. (2019). Pengaruh Produk Ramah Lingkungan/Green Product Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. JMD: Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 2(1), 37–44.
Hanim, L., & Noorman, M. (2018). UMKM (Usaha Mikro, Kecil & Menengah) & Bentuk-Bentuk Usaha (1st ed.). Semarang: UNISSULA PRESS.
Hanum, A. N. (2015). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha. Value Added: Majala Ekonomi Dan Bisnis, 11(1).
Hasanah, N., Muhtar, S., & Muliasari, I. (2020). Mudah Memahami Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) (Vol. 1). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Ilmiawati, C., Reza, M., Rahmatini, R., & Rustam, E. (2017). Edukasi Pemakaian Plastik sebagai Kemasan Makanan dan Minuman Serta Risikonya terhadap Kesehatan pada Komunitas di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 20. https://doi.org/10.25077/logista.1.1.20-28.2017
Khoirunnisa, F., & Kadarohman, A. (2022). Dilema Penggunaan Plastik: Kebutuhan dan Keberlanjutan Lingkungan (Tinjauan Aspek Etika dalam Perspektif Aksiologi). Jurnal Filsafat Indonesia, 5(1), 9–16.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Edition). Hoboken: Pearson Education.
Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi, dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90–99.
Liputan 6. (2021, November 27). Mengulik Tren Kemasan Ramah Lingkungan, Sudah Sejauh Mana? Retrieved January 29, 2023, from ttps://www.liputan6.com/bisnis/read/4722500/mengulik-tren-kemasan-ramah-lingkungan-sudah-sejauh-mana
Mayvita, P. A., & Alfisah, E. (2022). Persepsi dan Reaksi Konsumen Terhadap Pemberlakuan Pelarangan Penggunaan Kantong Plastik Sebagai Kemasan Pada Pusat Perbelanjaan Modern (Studi Konsumen di Lingkungan UNISKA MAB Banjarmasin). Prosiding Hasil Penelitian Dosen Uniska Tahun 2017, 516–526.
Poetri, F. A. (2020). Persepsi Konsumen dan Keputusan Pembelian Terhadap Penggunaan Bio-Plastic. Padjadjaran University, Bandung.
Purnaditya, A. L. R., Sawitri, D., & Rahman, Y. (2022). Dampak Kawasan Wisata Sukadahanam Terhadap Sosial dan Ekonomi Masyarakat Sekitar. Jurnal Perencanaan Dan Pengembangan Kebijakan, 2(2), 160–168.
Purwaningrum, P. (2016). Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik Di Lingkungan. Indonesian Journal of Urban And Environmental Technology, 8(2), 141–147. https://doi.org/10.25105/urbanenvirotech.v8i2.1421
Qumalasari, I. (2021). Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung di BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto dengan Pendekatan Partial Least Square (PLS) (Thesis). Institut Agama Islam Negeri Diponogoro.
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian (Syahrani, Ed.). Banjarmasin: Antasari Press.
Sari, I. G. W., & Setiawan, P. Y. (2017). Pengaruh Green Marketing dan Packaging Terhadap Brand Image dan Loyalitas Pelanggan Pada Konsumen Starbucks Coffee. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(7), 3820–3845.
SIPSN. (2023a). Komposisi Sampah Berdasarkan Jenis Sampah. Retrieved January 29, 2023, from Kementerian Lingkungan Hidup website: https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/public/data/komposisi
SIPSN. (2023b). Timbulan Sampah Indonesia. Retrieved January 29, 2023, from Kementerian Lingkungan Hidup website: https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/public/data/timbulan
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method) (Sutopo, Ed.). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suraji, R., & Sastrodiharjo, I. (2021). Edukasi Pemakaian Plastik Sebagai Kemasan Makanan Dan Minuman Serta Risikonya Terhadap Kesehatan Pada Masyarakat. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis (JAMEB), 2(1), 1–9.
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum (Suci Nurasih & Aktor Sadewa, Eds.). Yogyakarta: CV ANDI OFFSET (Penerbit Andi).
Wardana, A. N., Hairunnisa, & Wibowo, S. E. (2018). Pengaruh Persepsi Siswa SMAN 2 Samarinda Terhadap Minat Dalam Memilih Universitas Mulawarman (Studi pada Siswa Kelas 3). EJournal Ilmu Komunikasi, 6(4), 327–341.
Yahya. (2022). Peran Green Marketing, Green Brand Image Terhadap Purchase Intention Dengan Green Trust Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 1(1), 17–38. https://doi.org/10.24034/jimbis.v1i1.5131
Zhao, X., Pan, C., Cai, J., Luo, X. R., & Wu, J. (2021). Driving E-Commerce Brand Attachment Through Green Packaging: An Empirical Investigation. Journal of Electronic Commerce Research, 22(3), 178–198.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v10i1.13109
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Athiya Rahma Agrifa, Yosini Deliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
Fakultas Pertanian Universitas Galuh
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-7602739
Email: mimbaragribisnis@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: