Hubungan Pengetahuan Produk dan Gaya Hidup Sehat dengan Minat Beli Minyak Sacha Inchi di Kota Bandung

Alda Fuadiyah, Yosini Deliana

Abstract


Sacha inchi oil is a new product derived from the sacha inchi plant. Despite its numerous benefits, its sales in Indonesia remain low. This study aims to analyze the relationship between product knowledge and a healthy lifestyle on purchase interest in sacha inchi oil in Bandung City. The research method used is a survey by distributing online questionnaires to respondents who meet the criteria and reside in Bandung City. The data were analyzed descriptively and using Spearman's rank correlation to examine the relationship between product knowledge and a healthy lifestyle on purchase interest in sacha inchi oil. The results show a relationship between product knowledge and purchase interest in sacha inchi oil with a correlation coefficient of 0.528, indicating a strong relationship. Additionally, there is a relationship between a healthy lifestyle and purchase interest in sacha inchi oil with a correlation coefficient of 0.319, indicating a moderate or fairly strong relationship.

References


Adawiyah, R. R., & Emelia, R. (2022). Profil Peresepan Obat Diabetes Melitus dan Hipertensi pada Pasien Prolanis di Klinik Seno Medika. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(2), 175–182.

Akbar, A. S. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Konsumen Mcdonald’s Lampung. Jurnal Ekobis Dewantara, 4(2), 59–68.

Al Mustaqim, D. (2023). Transformasi Diri: Membangun Keseimbangan Mental dan Spiritual Melalui Proses Islah. Jurnal Kawakib, 4(2), 120–134.

Al Mutanafisa, T. (2021). The effect of sales promotion and knowledge on impulsive buying of online platform consumers. Journal of Consumer Sciences, 6(1), 77–91.

Andayani, S. A., Wijaya, A. A., Prasetyo, T. F., Sukmasari, M. D., Umyati, S., Sofyan, H. N., Wahono, S. S., Fernanda, B. A., Purwanto, M. D., & Imanulyaqin, T. (2023). Menggali Potensi Ekonomi Pengembangan Tanaman Sacha Inchi. Abdimas Galuh, 5(2), 1655–1660.

Andirwan, A., Asmilita, V., Zhafran, M., Syaiful, A., & Beddu, M. (2023). Strategi Pemasaran Digital: Inovasi untuk Maksimalkan Penjualan Produk Konsumen di Era Digital. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 2(1), 155–166.

Arifin, M. Z. (2016). Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas Dan Product Knowledge Terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa Di Perbankan Syariah. Salatiga: IAIN Salatiga.

Auliafendri, N., Gultom, R. P. J., Samosir, S. R., & Syari, D. M. (2023). Peningkatan Pengetahuan Tentang Pemanfaatan Tanaman Berantioksidan Tinggi Untuk Menjaga Kesehatan Sistem Imun Dan Keterampilan Membuat “POTRET HERBAL” (Produk Nutrasetikal Herbal) Masyarakat Desa Muliorejo Kecamatan Sunggal. Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia SEAN (ABDIMAS SEAN), 1(1), 10–19.

Cahyarani, I. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Sehat, Sikap Konsumen Dan Persepsi Harga Terhadap Niat Pembelian Produk Makanan Organik. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 7(3), 294–301.

Dewati, R., & Saputro, W. A. (2020). Persepsi konsumen terhadap pembelian produk herbal di Kabupaten Sukoharjo. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 4(2), 144–152.

Eko, S., & Sinaga, N. (2018). Antara jenis kelamin dan sikap dalam gaya hidup sehat mahasiswa. Media Informasi, 14(1), 69–72.

Firmansyah, M. (2018). Perilaku Konsumen.

Gil, A., Ruiz-Lopez, M. D., Fernandez-Gonzalez, M., & Martinez de Victoria, E. (2014). The FINUT Healthy Lifestyles Guide: Beyond the Food Pyramid. Advances in Nutrition, 5(3), 358S-367S. https://doi.org/10.3945/an.113.005637

Handayani, H. (2023). Implementasi Sosial Media Influencer terhadap Minat Beli Konsumen: Pendekatan Digital Marketing. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 918–930.

Ilyas, G. B., Munir, A. R., Tamsah, H., Mustafa, H., & Yusriadi, Y. (2021). The influence of digital marketing and customer perceived value through customer satisfaction on customer loyalty. Pt. 2 J. Legal Ethical & Regul. Isses, 24, 1.

Kriswanto, H. D., Anissa, A. S., & Hasdiani, T. (2021). Peran Mahasiswa dalam Mengedukasi Masyarakat Pentingnya Menjaga Lingkungan dan Gaya Hidup Sehat Selama Pandemi Covid-19. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 179–184.

Kusriani, D. A. R. H. (2023). Peningkatan Pengetahuan Dan Minat Masyarakat Terhadap Produk Herbal Dalam Menghadapi Covid-19.

Laela, T. (2015). Pengaruh Perilaku Konsumen Dan Merek Produk Terhadap Minat Beli Produk Fashion Zoya. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 2(2), 131–134.

Masyithoh, I. N., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh digital marketing terhadap minat beli konsumen pada marketplace tokopedia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Kreatif, 7(1), 109–126.

Maya, I., & Sriwidodo, S. (2022). Potensi Minyak Biji Sacha Inchi Sebagai Anti-aging dalam Formula Kosmetik. Majalah Farmasetika, 7(5), 407–423.

Moniaga, V., Sumual, T. E. M., & Kumajas, L. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Niat Beli Produk Wardah Sebagai Kosmetik Halal Melalui Sikap Konsumen. Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 67–80.

Mukarromah, U., Sasmita, M., & Rosmiati, L. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Minat Beli pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 73–84.

Narra, A. A. V. (2021). Hubungan Antara Sumber Dukungan Sosial dengan Derajat Kesehatan Mental Pada Emerging Adulthood Mahasiswa Universitas Hasanuddin = The Relationship Between Sources Of Social Support And Mental Health Degrees In Emerging Adulthood Of Universitas Hasanuddin Students (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Noormansyah, Z., Djuliansah, D., & Heryadi, D. Y. (2023). Pengembangan Sacha Inchi Dalam Rangka Penguatan Ekonomi dan Pengentasan Stunting. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 9(2).

Novita, R., Purwani, S. P. M. E., & Jayantiari, I. G. A. M. R. (2023). Analisis Hukum Peredaran Obat Tradisional: Menjaga Keamanan dan Keberlanjutan dalam Masyarakat. Jurnal Interpretasi Hukum, 4(3), 595–607.

Nulufi, K., & Murwartiningsih, M. (2015). Minat Beli sebagai Mediasi Pengaruh Brand Image dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Batik di Pekalongan. Management Analysis Journal, 4(2).

Nurlaeli, I. (2017). Pengaruh faktor budaya, psikologi, pelayanan, Promosi dan pengetahuan tentang produk terhadap Keputusan nasabah memilih BPRS di banyumas. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 18(2), 75–106.

Obat, B. P. (2020). Pedoman penggunaan herbal dan suplemen kesehatan dalam menghadapi COVID-19 di Indonesia. Jakarta: Bpom Ri.

Prakosa, Y. B., & Tjahjaningsih, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Gaya Hidup, Dan Pengetahuan Produk Terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepeda Lipat Di Kota Semarang. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(3), 361–374.

Putra, R. E., Yulastri, A., Genefri, G., & Iqbal, M. (2023). Analisis Sistem Frequent Pattern Growth Untuk Penjualan Produk Herbal. JRST (Jurnal Riset Sains Dan Teknologi), 7(1), 65–69.

Rachmarwi, W., & St, M. (2018). E-Commerce: Studi tentang belanja online di Indonesia. J. Manaj. Bisnis Krisnadwipayana, 6(2).

Rahmawati, Y. (2022). Efektivitas Pengawasan Pangan Fortifikasi oleh Badan POM sebagai Intervensi Penurunan Stunting di Provinsi Lampungktivitas Pengawasan Pangan Fortifikasi Oleh Badan POM Sebagai Intervensi Penurunan Stunting Di Propinsi Lampung. Eruditio: Indonesia Journal of Food and Drug Safety, 3(1), 9–16.

Rahmawaty, F., Silalahi, R. P., Berthiana, T., & Mansyah, B. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Mental pada Remaja: Factors Affecting Mental Health in Adolesents. Jurnal Surya Medika (JSM), 8(3), 276–281.

Rasmikayati, E., Shafira, N. A., Fauziah, Y. D., Ishmah, H. A. N., Saefudin, B. R., & Utami, K. (2020). Keterkaitan antara karakteristik konsumen dengan tingkat kepuasan mereka dalam melakukan pembelian sayuran organik. Agricore: Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 5(1), 104–114.

Rifai, N. (2021). Pemanfaatan Sambiloto Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Pekerja Industri Pariwisata Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Bogor Hospitality Journal, 5(2).

Saktiana, N., & Miftahuddin, M. A. (2021). Pengaruh Sikap Konsumen, Persepsi Harga Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal (Studi pada Konsumen Pengguna Kosmetik Berlabel Halal di Purwokerto). Master: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 1(1), 45–62.

Saputra, A. U., & Mardiono, S. (2022). Edukasi Kesehatan Tentang Perawatan Lansia Dengan Kejadian Stroke di Rumah. Indonesian Journal Of Community Service, 2(2), 188–193.

Sari, S. P. (2020). Hubungan minat beli dengan keputusan pembelian pada konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147.

Silalahi, M. (2022). Sacha inchi (Plukenetia volubilis L.): Its potential as foodstuff and traditional medicine. GSC Biological and Pharmaceutical Sciences, 18(3), 213–218.

Silalahi, R. Y. B. (2020). Tren E-Commerce Selama Pandemi Covid 19 Di Indonesia. Rekaman: Riset Ekonomi Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 4(3), 527–531.

Septianan, E. W., Firdaus, F. D., Madina, A. L., Wardana, F. A., & Saddam, M. (2024). Pengaruh Product Knowledge dan Trend Healthy Lifestyle Terhadap MIinat Beli Produk UMKM Holly Jelly (Studi Kasus Pada Konsumen Gen Z di Surabaya). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 183–193.

Septianto, A., Wahyu, W., Nurmutia, S., Feblidiyanti, N., & Junaenah, J. (2020). Sosialisasi pentingnya pola hidup sehat guna meningkatkan kesehatan tubuh pada masyarakat desa kalitorong kecamatan randudongkal kabupaten pemalang provinsi jawa tengah. Dedikasi Pkm, 1(2), 55–62.

Septyadi, M. A. K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature review keputusan pembelian dan minat beli konsumen pada smartphone: harga dan promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301–313.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,. Alfabeta.

Susanti, T., & Rahmidani, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Daya Tarik Promosi terhadap Minat Menggunakan Go-pay pada Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ecogen, 5(2), 314–327.

Syavita, F. E., & Hanif, M. (2023). Pengaruh Strategi Marketing & Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Healthy Food di Indonesia: Hit and Run or Sustainable Business. Technomedia Journal, 8(2 Special Issues), 205–220.

Tiara, P. P., & Lasnawati, L. (2022). Makna Gaya Hidup Sehat Dalam Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 1627–1638.

Tjiptodjojo, K. I. (2023). Dampak pengetahuan produk dan citra merek terhadap minat beli yang dimediasi oleh kepercayaan konsumen. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(3), 1232–1240.

Tobroni, M. B. (2022). Pengaruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Minat Beli. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(2), 131–141.

Tortosa-Caparrós, E., Navas-Carrillo, D., Marín, F., & Orenes-Piñero, E. (2017). Anti-inflammatory effects of omega 3 and omega 6 polyunsaturated fatty acids in cardiovascular disease and metabolic syndrome. Critical Reviews in Food Science and Nutrition, 57(16), 3421–3429. https://doi.org/10.1080/10408398.2015.1126549

Vristiyana, V. M. (2019). Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Produk Halal Terhadap Penilaian Produk Halal Dan Minat Pembelian Produk Halal (Studi Kasus Pada Industri Makanan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 85–100.

Wardani, S. (2023). Strategi Komprehensif untuk Pencapaian Tujuan Bisnis dalam Bauran Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 39–47.

Wijaya, E., & Oktarina, Y. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi impulse buying pada Hodshop Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 10–22.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v11i1.15346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Alda Fuadiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: