Segmentasi, Target, dan Posisi Produk Bumbu Saus Padang (Studi Kasus pada CV. Samara Micron Saleronell di Kota Bandung)

Zefanya Kalos Sihombing, Iwan Setiawan

Abstract


The culinary industry, particularly the food and beverage sector, is a key driver of national economic growth. One of the products in this sector is cooking spices, with CV. Samara Micron Saleronell being one of the producers of Padang sauce spices. However, this new product has not yet reached its sales targets due to marketing challenges. This study aims to formulate the Segmenting, Targeting, and Positioning of the Padang Sauce Spice product by CV. Samara Micron Saleronell. Using a qualitative method and case study approach, the data was analyzed through the STP (Segmenting, Targeting, Positioning) concept. The results show that the selected segment and target are women aged 25-40 years who are married and employed. The chosen positioning highlights the product's health benefits, shorter cooking time, and authentic Nusantara flavor.

Keywords


Bumbu Saus Padang, Segmentasi Produk, Target Produk, Posisi Produk

References


Hendrawan, H (2021). Analisa SWOT dan STP (Segmentasi, Tertarget, Posisi) terhadap Strategi Pemasaran Digital pada Usaha Mikro –Bunda Culinary. Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), ojs.uma.ac.id, https://ojs.uma.ac.id/index.php/bisman/article/view/4505

Fauzi, M, & Rohman, A (2024). Analisis Aspek Pemasaran Pada Dapur Mak Encik Di Daerah Bangkalan Dalam Perspektif Studi Kelayakan Bisnis. Jurnal Media Akademik (JMA), jurnal.mediaakademik.com, https://jurnal.mediaakademik.com/index.php/jma/article/view/580

Suryopratomo, A (2024). Analisis Digital Marketing dan Pengoptimalisasi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Exposure Oloo Oloo Drink. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, cerdika.publikasiindonesia.id, https://cerdika.publikasiindonesia.id/index.php/cerdika/article/view/821

Haq, MT, Negoro, YP, & Hidayat, H (2023). Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode CSI dan STP untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran pada UMKM BabonSenyum. Jurnal Optimalisasi, jurnal.utu.ac.id, http://jurnal.utu.ac.id/joptimalisasi/article/view/8520

Saputra, D, & Amrullah, S (2021). Analisis Minat Beli Konsumen Terhadap Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) Dan Bauran Pemasaran 4P (Product, Price, Place, dan …. Food and Agro-Industry Journal, jurnal.uts.ac.id, http://jurnal.uts.ac.id/index.php/fagi/article/view/1245

Romadhon, PN, Rizqi, AW, & ... (2023). Analisis Pasar Segmentation, Targeting, Positioning, dan Marketing Mix 4P Minuman Kopi UD. XYZ. Jurnal Teknik Industri …, pdfs.semanticscholar.org, https://pdfs.semanticscholar.org/3ac2/14c473018e6ef6a6959ebfba4ed7f41d8b33.pdf

Manggu, B, & Beni, S (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan UMKM Kota Bengkayang. Sebatik, jurnal.wicida.ac.id, https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/1146

Adiningsih, LS, & Hidayati, NI (2023). Analisis segmentasi targeting positioning (STP) pada UMKM keripik talas Cap Imas Food di Ngembal Pasuruan. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen …, jurnal.anfa.co.id, http://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat/article/view/1171

Dewayana, WE (2018). Analisis STP (Segmentation, Targeting, dan Positioning) Dalam Perumusan Strategi Pemasaran Sambal Terasi Udang di Supermarket KDS Probolinggo. Universitas Brawijaya, repository.ub.ac.id, http://repository.ub.ac.id/9455/3/BAGIAN%20DEPAN.pdf

Putri, CF, & Hadita, H (2024). Analisis STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran pada Waroenk Ramen Bekasi. Madani: Jurnal Ilmiah …, jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id, https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/1549

Maulida, Z, & Indah, DR (2021). Analisis strategi pemasaran sebagai strategi persaingan bisnis: Studi kasus bisnis kuliner rumah makan khas Aceh “Hasan” di Kota Banda Aceh. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra, ejurnalunsam.id, https://ejurnalunsam.id/index.php/jmas/article/view/3899

Nabila, AP, Zahra, N, Peyoh, RKG, Utomo, S, & ... (2024). Analisis Strategi Pemasaran STP Dan 4P Pada Usaha Wonton. Seminar Nasional …, usahid.ac.id, https://www.usahid.ac.id/conference/index.php/snpk/article/view/241

Setyariningsih, E, & Utami, B (2022). Analisis Strategi Pemasaran UMKM Tepung Bumbu ARIEN dengan Metode IFE, EFE, SWOT dan STP. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The …, ejurnal.unim.ac.id, http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/bisman/article/view/1738

Siahaan, M, & Manik, Y (2019). Aplikasi Analisis STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) dalam Merancang Strategi Pemasaran Produk Turunan Andaliman. Talenta Conference Series …, talentaconfseries.usu.ac.id, https://talentaconfseries.usu.ac.id/ee/article/view/699

Faddila, SP, Khalida, LR, & ... (2023). Identifikasi Segmenting, Targeting, Positioning (STP) dalam Upaya Melejitkan UMKM Desa Sampalan Kabupaten Karawang. Prosiding Konferensi …, journal.ubpkarawang.ac.id, https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/ProsidingKNPP/article/download/4958/3589

Mahabbah, HIN, & Mawardi, AI (2024). Implementasi Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Pada UMKM Alief Onions. Jurnal Pengabdian Kepada …, ejournal.sisfokomtek.org, http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/2510

Syahroh, RF (2023). Manajemen Pemasaran Produk Cokelat Milk Batangan 45 Gram Dengan Penerapan Segmentation, Targetting, Positioning (STP) DAN Bauran Pemasaran 4p di PT …., sipora.polije.ac.id, https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26317

Nurohmah, FS (2023). Manajemen Pemasaran Selai Wor's 69 Belgian Original dengan Penerapan Segmentasi, Taergetting, Positioning (STP) dan Bauran Pemasaran (




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v11i1.16086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Zefanya Kalos Sihombing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: