Analysis of Factors that Influence Consumer Loyalty in Purchasing Vegetables at the Panorama Spill Market in Bengkulu City

Desy Indriani, Irnad Irnad, Bambang Sumantri

Abstract


This study aims to analyze the level of loyalty and what factors influence the loyalty of vegetable consumers at The Panorama Spill Market, Bengkulu City. This research was conducted during June-July 2024. The data collection methods used are secondary data and primary data. Where primary data is obtained from direct interviews with 100 traders (virtucio formula). The data analysis method used is structural equation modeling (SEM) analysis to answer the problem formulation. The results showed that the level of consumer satisfaction in purchasing vegetables in the panorama spill market of Bengkulu City had a satisfied category. The level of consumer loyalty in purchasing vegetables in the panorama spill market of Bengkulu City has a loyal category. The results of the direct analysis show that price and product quality affect customer satisfaction and customer satisfaction and service quality affect product loyalty. In addition, the indirect effect states that price and product quality affect consumer loyalty through customer satisfaction.

Keywords


Satisfaction, Loyalty, Traditional Market

Full Text:

PDF

References


Budiono, A. 2021. Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, promosi, lokasi, kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen di rumah makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan dimasa pandemi COVID-19. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2): 223-247.

Cardia, D. I. N. R, I. W. Santika, dan N. N. R. Respati. 2019. Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan. Doctoral dissertation. Udayana University. Bali

Darmawan, P. A. D. T., dan Ekawati, N. W. 2017. Pengaruh Kepuasan Konsumen Memediasi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Berbelanja Pada Florist Online di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6 (4): 2076–2104.

Engel, J.F., Blackwell. R.D, Miniard. P.W. 1995. Perilaku Konsumen Edisi Keenam Jilid 2. Budijanto, penerjemah. Binarupa Aksara. Jakarta.

Familiar, K., dan Maftukhah, I. 2015. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 4(4).

Ghanimata, Fifyanita. 2012. Analisi Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1 (2), Tahun 2012.

Ghozali, I. 2015. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Badan Universitas Diponegoro. Semarang.

Haryoko, U. B, V. L. D. Pasaribu, dan A. Ardiyansyah. 2020. Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Firman Dekorasi (Wedding Organizer). POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1).

Hasanuddin, M. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Penjualan Logam Mulia Emas. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 4(1).

Hayati, Y. H., dan G. Sekartaji. 2015. Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di restoran bebek dan ayam goreng Pak Ndut Solo. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi, 1(1): 49-56.

Ibrahim, M., dan Thawil, S. M. 2019. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1): 175-182.

John, C., Mowen, dan M. Minor. 2002. Perilaku Konsumen (Jilid 1), Edisi Kelima, Erlangga, Jakarta.

Kotler, P. and K. L. Keller. 2009. Marketing Management. 14 th edition. Pearson Prentice Hall. New Jersey.

Larasati, T. S., & Raharjo, T. B. (2024). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Toko Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian. Permana: Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi, 16(2), 206-237.

Mardikawati, W dan N. Farida. 2013. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan, melalui kepuasan pelanggan pada Pelanggan bus efisiensi (studi po efisiensi jurusan yogyakarta-cilacap). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1)

Nanincova, N. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. Agora, 7(2).

Nurhayati, R. 2011. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Skripsi. Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Veteran Yogyakarta. Yogyakarta.

Pertiwi, A. B., Ali, H., & Sumantyo, F. D. S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan: Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 582-591.

Pramono, F. F., & Prabawani, B. (2017). Analisis Faktor-Faktor Preferensi Konsumen Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sayuran Organik (Studi Kasus: Pelanggan Super Indo Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(4), 21-30.

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516-524.

Ratih, N. N. M. 2019. Analisis Faktor-Faktor Preferensi Konsumen yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sayuran Organik (Studi Pada Pelanggan Super Indo Malang). Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 7(4).

Rivai, Veithzal. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari teori Ke Praktik. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Saridewi, D. O, dan R. H. Nugroho. 2022. Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6): 1722-1738.

Sembiring, I. J., dan S. K. Suharyono. 2014. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan (Studi pada pelanggan McDonald’s MT. Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1).

Simarmata, E. R. 2021. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi di Smp Negeri 4 Satu Atap Purba dengan Metode AHP. Jurnal Teknologi Dan Ilmu Komputer Prima (Jutikomp), 4(2).

Sumarwan. 2011. Gramedia Pustaka Utama. Ghalia Indonesia. Bogor.

Suryani, S., & Koranti, K. (2022). Kualitas pelayanan, kepercayaan dan keamanan serta pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan melalui sikap pengguna e-commerce. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 27(2), 183-198.

Suwarni, E, A. Lukitaningsih, dan M. Fadhilah. 2023. Analisis Loyalitas Pelanggan Ditinjau dari Nilai Pelanggan, Lokasi dan Persepsi Harga dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Pelanggan Indomaret di Yogyakarta. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Syariah, 5(2): 664-683.

Suwitho, M. S. 2022. Pengusaha Yang Sukses Pasti Menjaga Kepuasan Pelanggannya: Sebuah Monogrof Dari Sudut Pandang Manajemen Pemasaran. CV Pena Persada.

Trianah, L., Pranitasari, D., & Marichs, S. Z. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 26(01), 105-122.

Wicaksana, I. 2021. Pengaruh Pemasaran Digital dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan pada Pelanggan Usia Muda. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 18(1): 1-10.

Yusuf, A Muri. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Penelitian




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v11i1.16376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: