Analisis Faktor Kendala Penerapan Wajib Bersertifikasi Halal di Paguyuban UMKM Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, H. (2023). Analisis Sistem Sertifikasi Halal Kategori Self Declare. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(5), 1173–1180. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i5.592
Wahyuni, S., Astuti, D., & Bakhri, S. B. (2020). Pengaruh Label Halal Terhadap Peningkatan Omset Penjualan Produk Makanan RIngan UMKM di Kota Dumai. Jurnal Bilal, 1(2), 43–47.
Faridah, H. D. (2019). Halal certification in Indonesia; history, development, and implementation. Journal of Halal Product and Research, 2(2), 68. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.2-issue.2.68-78
Hartati, R. (2019). Peran Negara dalam Pelaksanaan Jaminan Produk Halal. ADIL:Jurnal Hukum, 10(1). http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/10/13/mulai-2019-sertifikasi-produk-halal-jadi-
Kartika, A. F. (2020). Fenomena Label Halal is it a Awareness or Branding. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 87. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.915
Kristiyoningsih, Ridwan, A., & Fanani, A. (2023). The Impact of Halal Label Availability on Fried Chicken Purchase Decisions: A Case Study in Jatirogo District, Tuban Regency. Agriecobis, 6(01), 23–33. https://doi.org/10.22219/agriecobis
Mantik, J. C., Tewal, B., & Dotulong, L. O. H. (2020). Analisis Faktor yag Mempengaruhi Motivasi Berwirausaha pada Penggusaha Kecil di Kota Manado. Jurnal EMBA, 8(4), 370–380. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30834
Maryati, T., Syarief, R., & Hasbullah, R. (2016). Analisis Faktor Kendala dalam Pengajuan Sertifikat Halal. (Studi Kasus: Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Makanan Beku diJabodetabek) Constraints Factor Analysis in Halal CertificateSubmission (Case Study: Small Medium Enterprises of Frozen Food in Jabodetabek). Jurnal Ilmu Produksi dan Tekologi Hasil Peternakan, 04(3), 364–371.
Maulidah, A. I., Wulandari, K., & Kristiyoningsih, K. (2024). The Effect of Halal Label, P-Irt Label, Price on Purchase Intention and Its Impact to Purchase Decisions in Tuban, Indonesia. HABITAT, 35(2), 172–183. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2024.035.2.16
Moh. Karim, Achmad Badarus Syamsi, & Fajar. (2022). Urgensi Penerapan Sertifikasi Halal Produk UMKM dalam Konteks Budaya Hukum di Kecamatan Pademawu Pamekasan. Al-Huquq: Journal of Indonesian Islamic Economic Law, 4(2), 145–166. https://doi.org/10.19105/alhuquq.v4i2.6707
Mulyati, S., Abubakar, A., Hadade, H., Islam, U., & Alauddin Makasar, N. (2023). Makanan Halal dan Tayyib dalam Perspektif Al-Quran. ISIHUMOR:Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(Januari), 2023–2046. https://doi.org/https://doi.org/10.58540/isihumor.v1i1.150
Ningsih, S., & Dukalang, H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1). http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjom,
Rasmikayati, E., Wiyono, S. N., & Saefudin, B. R. (2023). Karakteristik Mahasiswa dan Keputusan Pembeliannya pada Makanan Sehat dan Halal. Mimbar Agribisnis, 9(2), 3499–3507. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/ma.v9i2.11155
Polandos, P. M., Engka, D. S. M., & Tolosang, K. D. (2019). Analisis Pengaruh Modal, Lama Usaha, dan Jumlah Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Langowan Timur. Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(04).
Ningrum, R. T. P. (2022). Problematika Kewajiban Sertifikasi Halal bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Kabupaten Madiun. Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 6(1), 43–58. https://doi.org/10.30762/istithmar.v6i1.30
Rahmanita, Dwiyanti, N. F., & Nurhamidah, N. S. (2023). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat UMKM dalam Melakukan Sertifikasi Halal (Studi Kasus Warung Nasi di Sekitar Universitas Siliwangi). International Journal Mathla’ul Anwar of Halal Issues, 3(2), 91–99. https://doi.org/https://doi.org/10.30653/ijma.202332.92
Siswara, H. N., Erwanto, Y., & Suryanto, E. (2022). Study of Meat Species Adulteration in Indonesian Commercial Beef Meatballs Related to Halal Law Implementation. Frontiers in Sustainable Food Systems, 6. https://doi.org/10.3389/fsufs.2022.882031
Sudarmono, A. (2022). Sertifikat Halal dan Kontribusinya Terhadap Ekonomi Indonesia. Transformasi, 4(2).
Verra Febriani. (2019). Problematika Pendaftaran Sertifikasi Halal Bagi UMKM (Studi pada Usaha Mikro di Sekitar Ciputat) [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. In Skripsi. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48518
Wahyudiono Andhika. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Pengalaman Berwirausaha, dan Jenis Kelamin Terhadap Sikap Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jepk.v4n1.p76-91
Waluyo. (2013). Pengaruh Pemahaman Agama, Motivasi Mendapatkan Profit dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kesadaran Sertifikasi Halal bagi Produsen Makanan di Kabupaten Sleman dan Bantul. Inferensi, 7(1), 75–98.
Zulfikar, R., Permata Sari, Fifian, Wandini, K., Haryati, T., Jumini, S., Annisa, S., Budi Kusumawardhani, O., Mutiah, atul, Indrakusuma Linggi, A., & Fadilah, H. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif (Teori, Metode dan Praktik) (Vol. 1). Widina Media Utama. www.freepik.com
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v11i1.16533
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 kristi yoningsih, Afsah Indah Maulidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
Fakultas Pertanian Universitas Galuh
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-7602739
Email: mimbaragribisnis@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: