Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Buah Melon di Super Indo Ngesrep, Kota Semarang

Putri Ruth Aprilia Sitompul, Mukson Mukson, Migie Handayani

Abstract


Melon is the holticultural that is popular with people because of its distinctive taste and aroma. The aim of the research was to identified purchasing decision process and analyze the influence of marketing mix on the decision purchase melons at Super Indo Ngesrep. The research was carried out in May-June 2024. The research location was in Super Indo Ngesrep, Semarang. The research method was case study. Sampling was taken by accidental sampling of 100 respondents who had bought melons at Super Indo Ngesrep, Semarang . Data analysis method used descriptive and linear regression. Product, price, location and promotion variables simultaneously influence purchasing decisions. The product, price and location variables have a partial influence on purchasing decisions, while the promotion variable has no partial influence on the decision to purchase melons at Super Indo Ngesrep, Semarang City.

Keywords


Pemasaran

References


Fitriannas, Y., Mukson., & Kustopo, B. (2024). Analisis pengaruh bauran pemasaran 7P terhadap keputusan pembelian produk selada hidroponik CV. TFP. J. Ilmiah Membangun Desa dan Pertanian. 9(3): 274 - 284.

Hidayat, T. (2020). Analisis pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian. J. Ilmu Manajemen. 17(2): 109-119.

Isa, M., Mardalis, A., & Mangifera, L. (2018). Analisis keputusan konsumen dalam melakukan pembelian makanan dan minuman di warung hik. J. Manajemen Dayasaing. 20(1): 44 – 51

Islami, A. P., Yohanes, C. G., & Agus, K. (2014). Menentukan konsentrasi molibdenum terbaik untuk pertumbuhan dan produksi dua varietas tanaman melon (Cucumis Melo L.) pada sistem hidroponik. J. Agrotek Tropika. 2(3): 347 – 352.

Izmi, A. N., Sri, T. W., & Prasmita, D. W. (2023). Pengaruh bauran pemasaran (Marketing Mix) terhadap keputusan pembelian pisang sunpride supermarket Superindo Tropodo. J. Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 23(3): 3204 - 3216.

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS.

Melina, R., Fernandez, F. E., & Nursan, M. (2024). Analisis kepuasan konsumen terhadap golden melon dengan sistem hidroponik di Kawasan Agrowisata Golden Melon Kabupaten Lombok Barat. J. Agrimansion. 25(1): 50-62

Nasution, M. I., Prayogi., Muhammad, A., & Afandi, N., Satria, M. (2017). Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan. J. Riset Sains Manajemen. 1(1): 1 - 12.

Ramadhanti, A. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap keputusan pembelian pada Giant Supermarket Mall Mesra Indah di Samarinda. eJurnal Administrasi Bisnis. 5(2): 269 - 282.

Sirenden, R. T., Suparno, S., & Winerungan, S. A. J. (2015). Hasil tanaman melon (Cucumis melo, L) setelah pemupukan posfor dan gandasil b pada tanah gambut pedalaman. AgriPeat. 16(1): 28 - 35.

Sari, K. M. P., & Wulandari, K. (2016). Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan pada PT. Hatten Bali Kota Denpasar. J. Manajemen Unud. 5(5): 3080 – 3105.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v11i1.16622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Putri Ruth Aprilia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: