Eksplorasi Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Usaha Berkelanjutan pada Usaha Mikro dan Kecil Agribisnis di Polewali Mandar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alansori, A., & Listyaningsih, E. (2022). Pengaruh Kinerja Umkm Terhadap Kesejahteraan Umkm Di Bandar Lampung. AdBispreneur, 7(1), 39. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v7i1.37930
Andika, E. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha (Studi pada Usaha Kecil Tanaman Hias Di Desa Sidomulyo, Kota Batu, Jawa Timur). Jurnal Sketsa Bisnis, 6(1), 22. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/SKETSABISNIS/indexhttps://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/SKETSABISNIS
Auliana, N., & Zaini, M. (2023). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Usaha Pada Pemilik UKM Bidang Konveksi di Kota Samarinda. Jurnal Stretegi Dan Bisnis, 11(1), 1–12.
Carissa, A. O., Fauzi, A., & Kumadji, S. (2014). Penerapan customer relationship management (CRM) sebagai upaya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 15(1).
Christian, T. J., & Yoestini, Y. (2023). Pengaruh Orientasi Pelanggan, Orientasi Kewirausahaan, dan Lingkungan Industri Terhadap Kinerja Pemasaran Syariah Melalui Keunggulan Bersaing Pada UMKM Olahan Pangan Seafood di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4316. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i3.11410
Fitri, & Halik, R. A. F. (2023). Peran Digital Marketing dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Bisnis yang Berkelanjutan pada Usaha Mikro dan Kecil Agribisnis di Polewali Mandar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 12(3), 556–563. https://doi.org/10.23887/jish.v12i3.67832
Fitri, Halik, R. A. F., & Mutmainna, M. (2023). The effect of digital marketing and entrepreneurial orientation on sustainable business performance in micro agribusiness enterprises. Proceeding International Conference on Economy, Management, and Business (Volume 1, 2023), 1(1), 1850–1859. https://conference.trunojoyo.ac.id/pub/icembus/article/view/373
Gani, D., & Soelaiman, L. (2021). Pengaruh Pengambilan Resiko, Inovasi, Proaktif, Competitive Aggessiveness Dan Otonomi Terhadap Kinerja Usaha Konveksi. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(1), 186. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11304
Hair, J. ., Hult, G. T. M., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2014). A primer on partial least squares structural equation modeling.
Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N.
P., & Ray, S. (2021). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) using R: A workbook. Springer Nature.
Ie, M., & Pratama, V. (2019). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pada Usaha Kecil Dan Menengah Sektor Ritel. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 156. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.4279
Inayah, N. R. (2021). Pemberdayaan usaha mikro dan kecil (umk) pengrajin kosmetik pupur basah kota palangka raya oleh dinas koperasi, usaha kecil dan menengah Provinsi Kalimantan Tengah. IAIN Palangka Raya.
Lidya Kusuma Sari, Ami Dilham, Inneke Qamariah, & Arif Qaedi Hutagalung. (2022). Effect of Entrepreneurship Competency, Market Orientation, And Entrepreneurial Orientation on Business Performance In Herbal Msmes Medan City. Journal Of Management Analytical and Solution (JoMAS), 2(3), 39–56. https://doi.org/10.32734/jomas.v2i3.9562
Maduwinarti, A., Andayani, S., & Putri, E. P. (2022). Strategi Pemasaran Produk Umk Dan Pendampingan Proses Produksi Di Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. JHP17: Jurnal Hasil Penelitian, 7(1), 41–48.
Mahadewi, M., Purwasari, N., & Suprapto, B. (2015). Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Cafe Di Yogyakarta. 1–15.
Naibaho, Y. A., & Simanjuntak, M. (2022). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar dan Promosi untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Penyandang Disabilitas (Studi Kasus: Panti Karya Hephata dan Yayasan Cahaya Bersama Rakyat). Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis, 2, 14–28.
Prajogo, U. (2020). Pengaruh Entrepreneurship dan Market Oriented Terhadap Keunggulan Bersaing untuk Peningkatan Kinerja Online Shop UMKM. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 6(2), 147–152.
Pratiwi, L. F. L., & Al Rosyid, A. H. (2022). Analisis Preferensi Konsumen dan Strategi Pengembangan Atribut Produk Beras di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 6(3), 1073–1083.
Putra, I. M. S., & Suparna, G. (2020). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Bisnis. Udayana University.
Rosiana1a, A. (2020). Pengaruh Market Orientation Terhadap Kinerja Usaha Pada Usaha Mikro Kecil Tempe the Influence of Market Orientation on Business. Jurnal Pertanian ISSN 2087-4936 e-ISSN 2550-0244, 11, 81.
Sari, D. P., Ismail, A., & Burhanuddin, B. (2023). ANALISIS PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN KEPUASAN KONSUMEN PRODUK PROGRAM AGRIBISNIS TAMAN TEKNOLOGI PERTANIAN (TTP) CIGOMBONG, KABUPATEN BOGOR. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 20(1), 17–31.
Sayyida, & Alwiyah. (2018). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercubuana, Indonesia. Jmm Unram - Master of Management Journal, 8(1), 10–26. https://doi.org/10.29303/jmm.v7i2.315
Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing dalam kancah pasar global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127.
Septrizola, W. (2021). Strategic Orientation and Business Performance in West Sumatera. Sixth Padang International Conference on Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA 2020), 416–418.
Sholihin, M., & Ratmono, D. (2021). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 7.0 untuk hubungan nonlinier dalam penelitian sosial dan bisnis. Penerbit Andi.
Solimun, F. (2017). AAR, & Nurjannah.(2017). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS.
Sondra, T. C., & Widjaja, H. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Terhadap Kinerja Usaha UKM Bidang Konveksi Di Jakarta Barat. Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(2), 500–508.
Syarifah, I., Mawardi, M. K., & Iqbal, M. (2020). Pengaruh modal manusia terhadap orientasi pasar dan kinerja UMKM. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(1), 69–96.
TNP2K, T., & TKPKE, I. L. (2021). Pemetaan Program Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jakarta: Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.
Wilson, H., & Puspitowati, I. (2022). Pengaruh Inovasi, Pengambilan Risiko, Proaktif, Otonomi dan Agresivitas Bersaing terhadap Kinerja UKM di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(1), 115. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i1.17174
Yulianthini, N. N., & Dewanti, M. A. (2023). Pengaruh Orientasi Pesaing dan Orientasi Pelanggan terhadap Kinerja Pemasaran dengan Promotional Mix sebagai Variabel Moderasi. Bisma: Jurnal Manajemen, 9(1), 95–103. https://doi.org/10.23887/bjm.v9i1.60992
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v11i1.16629
Refbacks
Copyright (c) 2025 Rizky Ariesty Fachrysa Halik, Fitri Fitri, Muhammad Arhim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
Fakultas Pertanian Universitas Galuh
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-7602739
Email: mimbaragribisnis@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: