Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum di Kecamatan Tembalang

Obedmeto Oswaldo Damanik

Abstract


This study aims to analyze the promotional strategies carried out by PT Mayora Indah and analyze the factors that influence purchasing decisions for Teh Pucuk Harum products. The location of the study will be carried out in two sub – districts in Tembalang District including Tembalang and Sendangmulyo. The research location was carried out in two retail stores, Indomaret and Alfamart. The study used 100 respondents using a non-probability sampling method with a purposive sampling technique. Data analysis used descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results showed that advertising, personal selling, sales promotion, direct marketing, public relations, had a significant influence on purchasing decisions simultaneously. Personal selling, sales promotion and direct marketing had a very significant influence partially, while advertising and public relations did not have a significant effect partially.

Keywords


Bauran promosi, Keputusan Pembelian, Teh Pucuk Harum

References


Anjarsari, I. R. D. (2016). Katekin teh Indonesia: prospek dan manfaatnya. J. Kultivasi. 15(2): 100 – 104.

Badan Pusat Statistik. (2016). Pola Konsumsi Makanan dan Non Makanan Penduduk Kota Semarang, Tahun 2014 - 2015. Jakarta: BPS.

Basuki, A.T. & Prawoto. (2016). Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis: Dilengkapi Aplikasi SPSS & Eviews. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Ervandi, M. Z. (2021). Pengaruh personal selling dan direct marketing terhadap keputusan pembelian pada konsumen thai tea di Surabaya. J. Manajemen dan Start-up Bisnis. 6(2): 152 – 161.

Hosmer Jr, D. W., Lemeshow, S., & Sturdivant, R. X. (2013). Applied Logistic Regression. John Wiley & Sons: New Jersey.

Irianto, H. A. (2016). Statistik Konsep Dasar. Prenada Media: Jakarta.

Lee, N. C., & Anjarwati, A. L. (2017). Pengaruh kualitas produk dan periklanan terhadap keputusan pembelian teh botol sosro kemasan pet 450 ml (studi pada pengunjung minimarket di Surabaya Selatan). J. Ilmu Manajemen. 5(4): 1 - 11.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat: Jakarta.

Priyatno, D. (2023). Olah data sendiri analisis regresi linier dengan SPSS dan analisis regresi data panel dengan Eviews. Cahaya Harapan: Yogyakarta.

Purwaningrum, C. (2022). Analisis brand awareness terhadap keputusan pembelian produk minuman teh botol sosro pada mahasiswa universitas bina sarana informatika kampus pemuda 2022. J. Ekonomi dan Teknik. 1(11): 774 – 781.

Purwanto, A. (2021). Analisis data penelitian sosial dan manajemen: perbandingan hasil antara amos, smartpls, warppls, dan spss untuk jumlah sampel medium. J. Sosial dan Manajemen. 2(4): 43 – 51.

Qomariyah, L., & Dwiridotjahjono, J. (2024). Pengaruh iklan, kualitas produk, dan citra merek terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi Pada Konsumen Teh Pucuk Harum Di Surabaya). J. Studi Manajemen dan Kewirausahaan. 5(1): 88 – 102.

Ramadhani, F., Barokah, U., & Sutrisno, J. (2020). Analisis preferensi konsumen terhadap pembelian teh di Kabupaten Sukoharjo. J. Ilmu-Ilmu Pertanian. 4(1): 21 – 29.

Sari, R. P., Putra, F. I. F. S., Wismantoro, Y., & Panjaitan, R. (2024). Penerapan bauran promosi teh pucuk harum terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa manajemen di Kota Semarang. J. Riset Sains dan Sosial. 4(1): 2398 – 2414.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v11i1.16845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Obedmeto Oswaldo Damanik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: