Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Melon Hidroponik di Indigen Farm Yogyakarta
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aldion, R., Hasyim, A. I., & Murniati, K. (2020). Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen buah melon golden (Cucumis Melo L) Di Pt. Mekar Unggul Sari, Bogor, Jawa Barat. J. Ilmu-Ilmu Agribisnis. 8(4): 689-695.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. J. PILAR. 14(1):15-31.
Azzahra, A. H., Hidayat, Y. R., & Budirokhman, D. B. (2023). Analisis kepuasan konsumen pada rantai pasok pangan pendek produk sayur segar di kabupaten cirebon. J. Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian. 17(2): 81-90.
Badan Pusat Statistik (2023). Produksi Tanaman Buah-buahan. Badan Pusat Statistik,Jakarta.https://www.bps.go.id/id/statisticstable/2/NjIjMg%3D%3D/produksi-tanaman-buah-buahan.html. (diakses tanggal: 7 mei 2024)
Badan Pusat Statistik Indonesia. (2022). Analisis Profil Penduduk Indonesia, Jakarta.https://www.bps.go.id/id/publication/2022/06/24/ea52f6a38d3913a5bc557c5f/analisis-profil-penduduk-indonesia.html. (diakses tanggal: 24 Oktober 2024)
Darmawan, D. D. D. (2017). Pengaruh kemasan dan harga terhadap keputusan pembelian produk sayuran hidroponik. J. Agrimas. 1(1): 28-37.
Daryono, B. S., Maryanto, S. D., Nissa, S., & Aristya, G. R. (2016). Analisis kandungan vitamin pada melon (Cucumis melo L.) kultivar melodi gama 1 dan melon komersial. J. Ilmiah Biologi. 4(1): 1-9.
Dhita, S. G., Mukson, M., & Setiadi, A. (2022). Pengaruh marketing mix 7p terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen produk olahan kopi espresso di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 6(1): 175-188.
Elvionita, E., Hastuti, D., Wibowo, H., & Subantoro, R. (2022). Analisis tingkat kepuasan konsumen di Agrowisata Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang. J. Proceedings Series on Physical & Formal Sciences. 4 (1): 287-298.
Handayani, M. T., Kartikasari, R. D., & Fatin, N. H. 2020. Tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut buah pepaya di pasar tradisional Kota Surakarta. J. Ilmiah Agrineca. 20(2): 104-111.
Hardiyanto, A., & Sitohang, S. (2022). Kualitas produk, harga, promosi dan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan kopi kenangan bp pemuda Surabaya. J. Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM). 11(5).
Husain, T. K., & Amran, F. D. (2022). Analisis kepuasan konsumen terhadap sayuran hidroponik. J. Manajemen Agribisnis. 10(1): 677.
Kiki Fatma, N., & Soenarto, R. A. (2018). Pengaruh kualitas produk promosi terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen dalam pembelian produk. J. Manajemen. 1(1).
Kurniawati, T., Irawan, B., & Prasodjo, A. (2019). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan brand image terhadap kepuasan konsumen restoran pizza hut cabang Jember. J. Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi. 6(2): 147-151.
Kusmayadi, R. C. R. (2017). Kontribusi pekerja wanita dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan proses pengambilan keputusan dalam keluarga. J. Ekonomi Syariah. 2(1): 103-113.
Lemeshow. (1997). Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan. UGM: Yogyakarta.
Mahananto, M., Prasetyo, A., & Madiyatama, R. (2023). Consumer preference analysis of melon (cucumis melo. L) in traditional markets in Karanganyar Regency. J. Rural and Urban Community Studies. 1(1): 37-42.
Melina, R., Fernandez, F. E., & Nursan, M. (2024). Analisis kepuasan konsumen terhadap golden melon dengan sistem hidroponik di kawasan agrowisata golden melon Kabupaten Lombok Barat. J. Agrimansion. 25(1): 50-62.
Nasrulloh, I., & Noor, T. I. (2021). Kepuasan konsumen terhadap atribut sayuran hidroponik casa farm Bandung. J. Mimbar Agribisnis. 7(2) : 1068 - 1083.
Nasution, S. (2017). Variabel penelitian. J. Raudhah. 5(2): 1–9.
Nora, S., Yahya, M., Mariana, M., Herawaty, H., & Ramadhani, E. (2020). Teknik budidaya melon hidroponik dengan sistem irigasi tetes (Drip Irrigation). J. Ilmu Pertanian. 23(1): 21-26.
Nudin, I., Dolorosa, E., & Suharyani, A. (2022). Kepuasan konsumen sayuran hidroponik di kota pontianak: sebuah analisis customer satisfaction index (CSI). Journal of Social and Agricultural Economics. 15(3): 247-256.
Paramita, M. S., Dania, W. A. P., & Ikasari, D. M. (2017). Penilaian kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan menggunakan metode servqual (service quality) dan six sigma (studi kasus pada “restoran dahlia” Pasuruan). J. Teknologi dan Manajemen Agroindustri. 4(3): 102-115.
Pratiwi, B. M., Susilowati, D., & Hindarti, S. (2022). Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen sayuran hidroponik di harvest queen hydroponics, Kota Batu. J. Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis. 10(6): 1-10.
Pravina, T. O., Widiyanti, E., & Permatasari, P. (2023). Analisis keefektifan instagram (@ jinawigreens) sebagai media komunikasi pemasaran digital jinawi farm hidroponik Karanganyar. J. Sosial Ekonomi Pertanian. 19(3): 245-258.
Putriani, N., Adiningsih, D. C., Ubaidillah, G., Fitria, N. A., Ningtyas, F. I., Kartikasari, D. M., & Jamaluddin, J. (2023). Pengembangan sistem hidroponik untuk pertanian berkelanjutan di Desa Cipari. J. Kampelmas. 2(2): 1035-1049.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif. Penerbit Deepublish: Yogyakarta.
Sabilillah, M., Sitompul, P. S., Narwastu, R., & Shadrina, N. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan toko buah risman di pasar MMTC Medan. J. Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi. 4(4): 441-451.
Sinollah, S., & Khilmi, M. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga, dan strategi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan di lumbung stroberi Kota Batu. J. Sketsa Bisnis. 9(2): 2014-225.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Penerbit Alfabeta: Bandung.
Suhardi, Y., Zulkarnaini, Z., Burda, A., Darmawan, A., & Klarisah, A. N. (2022). Pengaruh harga, kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan. J. STEI Ekonomi. 31(02): 31-41.
Sukestiyarno, Y. L., & Agoestanto, A. (2017). Batasan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas pada model regresi linear. J. Matematika. 6(2): 168-177.
Sumarni, b. (2019). Perilaku dan karakteristik konsumen dalam membeli sayuran pada pasar modern (giant supermarket) di Kota Makassar. J. Agribis. 7(1): 12-21.
Talipi, S. B., & Moniaga, V. R. (2018). Kontribusi ibu rumah tangga terhadap pendapatan keluarga (Studi kasus: pengrajin kerawang di Desa Mongolato Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo). J. Agri-sosioekonomi. 14(1): 271-278.
Tola, E. C. M. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi melon golden (Cucumis Melo L) Di Kota Cilegon. J. Ilmu Pertanian Tirtayasa. 2(1): 110-121.
Vitria, A., Abdurrahim, A., Purboyo, P., GA, G. M., & Wahyuni, A. (2024). Pendampingan penerapan strategi pemasaran produk di Desa Pandahan Kecamatan Bati-Bati Tanah Laut (Usaha Sayur Hidroponik). J. Pengabdian Cendikia. 3(2): 48-52.
Zahra, F. Z., Heryansah, M. T., Rahma, M. A., & Utami, R. A. (2023). Strategi pemasaran buah melon hidroponik (studi kasus di rasidin veggies house, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember). J. Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. 9(1): 1245-1255.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v11i2.17739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Wanoja Aghisna Prestasiani, Kustopo Budiraharjo, Siswanto Santoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
Fakultas Pertanian Universitas Galuh
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-7602739
Email: [email protected]
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: