PERBANDINGAN KONDISI PETANI, USAHATANI DAN AKSES PASAR MANGGA DI KECAMATAN GREGED DAN JAPARA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anugrah, I. S. (2009). Mendudukkan Komoditas Mangga Sebagai Unggulan Daerah Dalam Suatu Kebijakan Sistem Agribisnis : Upaya Menyatukan Dukungan Kelembagaan Bagi Eksistensi Petani. Analisis Kebijakan Pertanian, 189-211.
Fischer, E., & Qaim, M. (2012). Linking Smallholders to Market: Determinants and Impacts of Farmer Collective Action in Kenya. World Development, 1255-1268.
Food and Agriculture Organization. (2020, Oktober 10). Diambil kembali dari Food and Agriculture Organization website: http://www.fao.org/faostat/en/%22%20%5Cl%20%22data/QC/visualize
Gasson, R. (1986). Part Time Farming Strategy For Survival. Journal of the European Society for Rural Sociology, 364-376.
Kusumo, R. A. B., Rasmikayati, E., Karyani, T., & Mukti, G. W. (2019). PERBANDINGAN PERILAKU USAHATANI PADA DUA SENTRA PRODUKSI MANGGA DI PROVINSI JAWA BARAT (Kasus di Kabupaten Indramayu dan Kuningan). Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 5(2), 134-144.
Litbang Kementrian Pertanian. (2020, September 18). Diambil kembali dari Inagrimap webstie: http://inaagrimap.litbang.pertanian.go.id/index.php/sentra-produksi/tanaman-buah-buahan/mangga
Mosher, A. (1983). Menggerakkan dan Membangun Pertanian. New York: C.V. Yasaguna.
Muthini, D. N. (2015). An Assessment of Mango Farmers Choice of Marketing Channels. Thesis.
Rahma, A., Puspitawati, H., & Herawati, T. (2015). Pengaruh peran gender dan pemeliharaan lingkungan mikro terhadap kesejahteraan subjektif keluarga petani dataran tinggi. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 8(2), 69-79.
Rasmikayati, E., Azizah, M. N., & Saefudin, B. R. (2019). Potensi dan Kendala yang Dihadapi Petani Mangga dalam Mengakses Lembaga Pemasaran (Studi Kasus Di Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon). Paradigma Agribisnis, 2(1), 22-30.
Rasmikayati, E., Kusumo, R. A. B., Sukayat, Y., Arisyi, Y. H., & Saefudin, B. R. (2020). Karakteristik Individu Dan Usahatani Petani Mangga Yang Melakukan Kemitraan Pemasaran Di Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Majalengka. Paradigma Agribisnis, 3(1), 12-23.
Rasmikayati, E., Setiawan, I., & Saefudin, B. R. (2017). Kajian Karakteristik, Perilaku dan Faktor Pendorong Petani Muda Terlibat dalam Agribisnis pada Era Pasar Global. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 3(2), 134-149.
Rasmikayati, E., Sulistyowati, L., & Saefudin, B. R. (2017). Risiko Produksi dan Pemasaran Terhadap Pendapatan Petani Mangga: Kelompok Mana yang Paling Berisiko. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 3(2), 105-116.
Rasmikayati, E., Sulistyowati, L., Karyani, T., & Saefudin, B. R. (2018). Dinamika Perilaku Agribisnis Petani Mangga Di Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon. Paradigma Agribisnis, 1(1), 14-26.
Saefudin, B. R., Rasmikayati, E., Dwirayani, D., Awaliyah, F., & Rachmah, A. R. A. (2020). Fenomena Peralihan Usahatani Mangga Ke Padi Di Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Paradigma Agribisnis, 2(2), 21-33.
Supriatna, A. (2010). Analisis Pemasaran Mangga "Gedong Gincu" (Studi Kasus di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat). Agrin, 97-113.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v7i2.5542
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
Fakultas Pertanian Universitas Galuh
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-7602739
Email: mimbaragribisnis@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: