Good Urban Governance dalam Pembangunan Ruko Bumi Tamalanrea Permai di Kota Makassar

Muhammad Randhy Akbar, Hardianto Hawing, Nur Aulia

Sari


Artikel ini membahas tentang implementasi pemerintah dalam pelaksanaan Good Urban Governance di Kecamatan Tamalanrea khusunya pada perumnas Bumi Tamalanrea Permai Kota Makassar dengan menganalisis prinsip-prinsip dalam Good Urban Governance terhadap pembangunan ruko yang ada di perumnas Bumi Tamalanrea Permai yang dikenal sebagai wilayah pendidikan dan permukiman terpadu.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan  teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sementara informan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang adalah kalangan Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kota, Kecamatan Tamalanrea, Developer Ruko dan masyarakat, Sumber data yang digunakan adalah data primer dan skunder, teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dan pengabsahan data yang digunakan adalah  triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pemerintah dalam pelaksanaan konsep Good Urban Governance di wilayah Tamalanrea yang dikenal sebagai kawasan permukiman  terpadu masih tidak terlaksana dengan baik dan masih timpang tindih dengan perda rencana tata ruang wilayah Kota Makassar, akibatnya banyak pembangunan ruko yang menyalahi aturan yang menyebabkan tidak berjalannya konsep tata kelola perkotaan dengan baik.

Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Ariyanto, 2015. Implementasi kebijakan rencana tata ruang wilayah dalam pengadaan ruang terbuka hijau di kota bima. Skripsi Program Ilmu Adminisrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Arsyal, 2015. Strategi Pengendalian Fungi Ruang Perumahan bumi tamalanrea Permai. Jurnal: Jurusan Tehnik Perencanaan Wilayah dan Kota. Universitas Islam Negri Makassar.

Fatmasari, 2015. Pemanfaatan Tanah Untuk Kawasan Permukiman Menurut Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Makassar. Jurnal:Fakultas Hukum. Universitas Hasanuddin.

Khuswanto dkk. 2013. Perencanaan Pembangunan Kehutanan Daerah dalam Perspektif Good Governance. Universitas Briwijaya. Malang

M. Tahir, Muchlas. 2015. Good Urban Governance: Peran Pemerintah dalam Pembangunan Wilayah Kecamatan di Kota Makassar. Jurnal Ilmu Pemerintahan. Vol. 8, No. 1, Januari 2015. ISSN 1979-5645.

Prianto, A. L. (2011). Good Governance dan Formasi Kebijakan Publik Neo-Liberal. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(1).

Pujiati, Amin & Sarungu. 2017. Kontribusi Kepemimpinan dan Tata Kelola Kota Terhadap Kota Berkelanjutan. Seminar Nasional dan Call For Paper. Universitas Sebelas Maret.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung

Suryadi. 2014. Perkembangan Fungsi Komersial di Kawasan Perumnas Bumi Tamalanrea Permai. Universitas Gadjah Mada.

Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang

Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 4 tahun 2015 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Makassar




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v5i1.1819

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.