IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TENTANG BANTUAN DANA PNPM OLEH BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PEMBUAT GALENDO DI DESA CILAME KECAMATAN CIAMIS KABUPATEN CIAMIS TAHUN 2011

R. RINDU GARVERA

Sari


Dari hasil penelitian awal, implementasi kebijakan tentang bantuan dana PNPM oleh badan keswadayaan masyarakat di Desa Cilame Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis, belum dapat menyalurkan bantuan dana PNPM sesuai dengan harapan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah responden sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Kepustakaan dan Studi Lapangan, dengan cara observasi  dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa implementasi kebijakan tentang bantuan dana PNPM oleh Badan Keswadayaan Masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan pembuat galendo di Desa Cilame Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis tahun 2011 telah di implementasikan meski belum optimal. Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam Implementasi Kebijakan tentang Bantuan Dana PNPM oleh Badan Keswadayaan Masyarakat dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Pembuat Galendo di Desa Cilame Kecamatan Ciamis tahun 2011 sebagai berikut masih rendahnya kemampuan dan keterampilan pembuat galendo dalam melakukan kegiatan usaha, masih rendahnya wawasan dan pengetahuan pembuat galendo dalam pengelolaan keuangan, penjualan hasil produksi galendo yang dilakukan masih bersifat musiman, produksi galendo yang dilakukan. Upaya-upaya yang dilakukan oleh Badan Keswadayaan Masyarakat untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam implementasi kebijakan tentang bantuan dana PNPM dalam upaya peningkatan kesejahteraan pembuat galendo di Desa Cilame Kecamatan Ciamis adalah melakukan pendidikan dan pelatihan kepada pengrajin goring udang tepung mengenai tata cara pengolahan dan pengemasan goring udang tepung agar terlihat menarik dan disukai oleh konsumen, melakukan pembinaan terhadap pembuat galendo dalam hal manajemen pengelolaan keuangan, melakukan promosi produksi galendo agar penjualan hasil produksi meningkat, mencari informasi mengenai penggunaan teknolohi yang dapat memproduksi galendo dalam skala besar, membantu pemasaran produksi galendo baik di daerah sendiri maupun ke luar daerah.

Kata Kunci


Implementasi Kebijakan; Bantuan Dana PNPM; Peningkatan Kesejahteraan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Agustino Leo. 2004. Perihal Ilmu Politik (Sebuah Bahasan Memahami Ilmu Politik). Jogjakarta: Graha Ilmu.

Budiardjo. Miriam. 2008. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia.

Grindle Marilie, S. 1990. Politic and Policy Implementation In The Third World. New Jersey. Princenton University Press.

Islamy, Irfan. 1998. Analisis Kebijakan Publik. Bandung: Refika Aditama.

Surbakti, Ramlan. 2004. Ilmu Politik. Jakarta: PT. Grasindo.

Sunggono, Bambang. 1994. Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: Tarsito.

Surakhmad, Winarno. 1985. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Silalahi, Ulber. 2010. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Tahjan, H. 2006. Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI.

Wahab, Solichin Abdul. 2010. Analisis Kebijaksanaan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarno, Budi. 2002. Teori dan Kebijakan Publik. Yogyakarta: Penerbit Media Persindo (Anggota IKAPI).

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 73/PMK.02./2006 per 30 Agustus 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v2i2.2700

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.