PEMBERDAYAAN UMKM PENGOLAHAN GULA SEMUT SEBAGAI PRODUK UNGGULAN OLEH DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOPERASI UMKM DAN PERDAGANGAN KABUPATEN PANGANDARAN

NURI ERIYANTI

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum optimalnya pemberdayaan UMKM pengolahan gula semut, pihak dinas masih kurang dalam memberikan informasi pasar pada pelaku UMKM, rendahnya tingkat kepedulian dari pihak dinas terhadap pelaku UMKM serta pihak dinas kurang maksimal memfasilitasi produk UMKM. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Dari hasil wawancara dan observasi belum sepenuhnya optimal, hal ini terbukti dari 10 indikator yang diteliti terdapat indikator yang belum dilaksanakan dengan baik. Adapun hambatan dalam pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pengolahan gula semut adalah keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh DPMPTSPKP untuk dialokasikan ke pelatihan usaha, minimnya keinginan dari pelaku UMKM mengenai pengolahan gula semut serta kurangnya komunikasi antar pihak Dinas dengan pelaku usaha, keterbatasan pengetahuan dalam IT khususnya mengenai cara pembuatan website serta sulitnya jaringan internet di beberapa daerah yang ada di Kabupaten Pangandaran. Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah menggunakan dana yang ada terlebih dahulu, serta membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk dialokasikan ke dalam setiap hal yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM, memberikan arahan dan sosialisasi serta memberikan pendekatan dan motivasi kepada para pelaku UMKM, mencari orang yang ahli teknologi informasi untuk membantu pembuatan website bagi pelaku usaha serta menunggu sampai koneksi atau jaringan baik dan lancar untuk dapat mengakses website tersebut

Kata Kunci


Pemberdayaan; UMKM Pengolahan Gula Semut; Produk Unggulan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Business Development Center (BDC). 2015. Pengembangan Produk Unggulan dan Business Development Center (BDC) Kabupaten Pangandaran. Pangandaran.

Dika Vivi Rismala. 2016. Pemberdayaan UMKM oleh Dinas Pariwisata Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa Bagolo Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran. Skripsi FISIP Universitas Galuh Ciamis: Tidak diterbitkan.

Garis, R. R., Garvera, R. R., & Sari, P. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Prasejahtera Melalui Inovasi Keripik Pisang Rumput Laut Di Desa Pajaten Kecamatan Sidamulih. Abdimas Galuh, 1(1), 83-93.

Mardikanto, Totok. 2014. CSR (Corporate Social Responsibility); Tanggungjawab Sosial Korporasi. Bandung: Alfabeta.

Mardikanto, Totok dan Soebiato, Poerwoko. 2017. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Evaningtyas, H. E., & Endah, K. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Oleh Himpunan Pemuda Peduli Lingkungan Melalui Penanaman Mangrove Di Pantai Bulaksetra Dusun Bojong karekes Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 1(1), 45-54.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/moderat.v5i4.3062

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.