EVALUASI INPUT DAN PROSES PROGRAM BADAN USAHA MILIK DESA

Eka Nurcahya, Anang Muftiadi, Ahmad Buchari

Sari


Pengembangan perekonomian di tingkat desa merupakan aspek yang sangat penting dalam upaya mensejahterakan masyarakat. Program badan usaha milik desa merupakan inisiatif dari pemetintah untuk mensejahterakan masyarakat. Permasalahan muncul dari berbagai aspek yang terkait dengan optimalisasi program badan usaha milik negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pada level input dan proses dengan menggunakan model Context, Input, Process, dan Product (CIPP). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode desktiptif di desa Karanganyar dan Cigondewah Hilir, teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program BUMDesa sudah memiliki pedoman untuk organisasi pengelola, modal & kegiatan usaha, dan penggunaan & pembagian sisa hasil usaha berdasarkan AD & ART dan program yang dilakukan telah diimplementasikan oleh pada stakeholder di tingkat desa.

Kata Kunci


Evaluasi Input, Evaluasi Proses, Badan Usaha Milik Desa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustino, Leo, 2014. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta

Amelia Sri Kusuma Dewi. Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Pades) Serta Menumbuhkan Perekonomian Desa, Volume V No. 1 Februari 2014.

Arikunto. (2010). prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Asvi, Z., & Mashur, D. (2017). Manajemen Badan USAha Milik Desa (Bumdes) Bina USAha Desa Kepenuhan Barat Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(2), 1-15.

Isak Komigi. Evaluasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan di Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat (Studi Kasus Pada Suku Moi), 2015

Lumintang, J., & Waani, F. J. (2019). Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Di Desa Koka Dan Desa Kembes 2 Kecamatan Tombulu. The Studies of Social Sciences, 2(1), 15-21.

Mahbud Junaedi. Evaluasi Pelaksanaan (BUM Desa) Badan Usaha Milik Desa Berbasis Ekonomi Syariah Di Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi, 2015

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Salemba Empat: Jakarta.

Nugroho, Riant. 2011. Public Policy. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ramadana, C. B. (2013). Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) sebagai Penguatan Ekonomi Desa. Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1068-1076.

Ramdhani, H. (2019). Realitas Elit Politik Lokal dan Persepsi Masyarakat dalam Proses Pemekaran Daerah. JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 7(2), 219-226.

Retnowati, E. (2011). Nelayan indonesia dalam pusaran kemiskinan struktural (perspektif sosial, ekonomi dan hukum). Perspektif, 16(3), 149-159.

Saifuddin, R. (2019). BUM Desa; Antara Fungsi Profit dan Sosial (Studi Kasus BUM Desa Swadesa Arta Mandiri, Lampung Selatan. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 7(1), 15-15.

Stufflebeam, D.L. 2003. The CIPP Model for Evaluation. The article presented at the 2003 annual conference of the Oregn Program Evaluator Network (OPEN) 3 Oktober 2003

Sulistyastuti, D. R. (2007). PEMBANGUNAN PENDIDIKAN DAN MDGs DI INDONESIA Sebuah Refleksi Kritis. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2(2), 19-44.

Suprayogo, Imam dan Tobroni. (2001). Metode Penelitian Sosial Agama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syafiie, Inu Kencana. 2010. Ilmu Administrasi Publik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Umanailo, M. C. B., dkk. (2018). NASKAH AKADEMIK BADAN USAHA MILIK DESA.

Wahab, Solichin, 2012. Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/moderat.v6i1.3186

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.